Ikuti Try Out Online UTBK Pada 05 - 07 Juni 2020

Halo Pahamifren! Tak terasa kita sudah memasuki bulan ke lima di tahun 2020. Padahal, baru kemarin rasanya kamu merayakan pergantian tahun baru 2020. Saat ini sudah memasuki bulan dimana buat kamu yang sudah duduk di kelas 12, pasti sudah memasuki masa-masa genting. Masa-masa ujian.

Mulai dari UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang diadakan pada pertengahan bulan Maret, Pengumuman SNMPTN pada tanggal 8 April 2020, hingga pelaksanaan UTBK pada tanggal 20 April 2020.

Namun hampir semuanya gagal terlaksana sesuai jadwal! Bahkan, pelaksanaan UNBK harus ditiadakan. Penyebabnya, tidak lain dan tidak bukan adalah meluasnya wabah virus COVID-19. Banyak perubahan yang terjadi karena wabah ini. Mulai dari tertundanya semua kegiatan internasional di seluruh dunia, hingga terhambatnya kegiatan belajar di sekolah terhambat karena semua orang harus berdiam diri di rumah agar tidak tertular ataupun menularkan virus.

Di Indonesia saja, hingga tanggal 10 Mei 2020, menurut data dari Kementerian Kesehatan, terhitung sudah ada 14.032 orang yang positif terinfeksi virus COVID-19 dan angka ini selalu mengalami kenaikan 100-200 orang setiap harinya.
Kabar terbaru, LTMPT, melalui laman resminya menulis Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 dimana terjadi perubahan UTBK dan SBMPTN. Ujian tersebut tetap akan dilaksanakan dengan berbagai perubahan. Diantaranya adalah.

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Setiap peserta cuma diizinkan mengambil 1 (satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilakukan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan dan peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK saat memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Salah satu poin yang cukup mengejutkan adalah dihilangkannya Tes Kompetensi Akademik (TKA) dalam materi tes yang diujikan. Hal ini tentunya menimbulkan pro kontra di kalangan para calon peserta.

Ketua LTMPT, Muhammad Nasih melalui medcom.id menyebutkan bahwa dihapusnya TKA dikarenakan kondisi yang sedang tidak biasa, apabila kondisinya normal maka yang diujikan tetap TKA dan TPS.

Selain itu ia menambahkan bahwa perlu dicari model tes yang paling tepat untuk mengukur kemampuan peserta. Hal ini juga diyakini dapat memangkas waktu dan mengurangi durasi berkumpulnya orang saat ujian berlangsung.

Meskipun begitu, perubahan yang terjadi memang seharusnya dihadapi oleh calon peserta. Baik itu suka ataupun tidak, LTMPT sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jalan keluar di tengah pandemik Covid-19 ini.

Dibalik semua kontroversi yang terjadi, justru terdapat keuntungan yang bisa didapatkan oleh para peserta UTBK 2020. Meskipun kamu yang sudah unggul dalam menaklukan soal-soal TKA jadi tidak bisa memaksimalkan kemampuan, masih ada keuntungan yang sebenarnya bisa kamu rasakan di UTBK 2020!

Keuntungan yang didapat dari hilangnya TKA di UTBK 2020

1. Beban materi yang harus dipelajari jadi berkurang.

Dengan hilangnya TKA di perubahan UTBK 2020, tentunya kamu juga kehilangan materi lainnya untuk dipelajari. Kamu hanya perlu mempelajari satu bentuk soal. Satu. Bukan kah beban kamu menjadi ringan? Kamu bisa fokus belajar kemampuan penalaran umum, pemahaman membaca dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, dan pengetahuan kuantitatif.

2. Waktu mengerjakan jadi lebih singkat!

Kamu bisa lebih cepat dalam mengerjakan soal di UTBK 2020. Energi yang kamu keluarkan juga akan lebih sedikit karena kamu hanya perlu menjawab satu jenis soal. Jadi bisa lebih cepat untuk istirahat bukan? Atau bahkan kamu mau belajar lagi untuk ujian mandiri? Boleh juga~~

3. Jadi punya back up plan yang kuat untuk ujian mandiri

Buat kamu yang handal dalam menaklukan soal-soal TKA. UTBK 2020 bisa menyimpan energi kamu untuk dimaksimalkan apabila (semoga tidak) kamu belum berhasil di UTBK 2020. Segala pengetahuan mengenai soal-soal TKA baik itu soshum atau saintek yang sudah kamu kuasai bisa kamu maksimalkan di ujian mandiri kampus impian kamu seperti SIMAK UI.

Nah, Kamu gak perlu khawatir sama perubahan UTBK dan SBMPTN karena Pahamify akan terus mendampingi proses belajar kamu, apapun perubahannya. Sejak tanggal 16 Maret 2020, Pahamify setia mendampingi #BelajarSeruDirumah dengan ngadain kelas online GRATIS setiap harinya mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Kalo itu semua gak cukup, Pahamify selalu rutin mengadakan Try Out Online UTBK yang kali ini bakal fokus pada soal TPS. Jadi, Buruan unduh aplikasinya disini!

Semoga kamu bisa sukses di UTBK 2020 kali ini


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog