Pahamifren, pada masa-masa ujian seperti saat ini, pasti banyak di antara kamu yang sedang menempuh Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk ujian kenaikan kelas tahun 2021. Sudah sejauh apa persiapanmu? Supaya nilai PAS kamu bagus dan bisa jadi juara kelas, mulai kuasai mata pelajaran SMA yang bakal keluar di PAS sedari dini. Perbanyak latihan soal Penilaian Akhir Semester untuk mengukur progres belajar kamu. Bagi siswa SMA kelas 11 IPS, kamu bisa melihat kumpulan soal dan jawaban Penilaian Akhir Semester di ulasan ini.

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester Genap SMA Kelas 11 IPS

Tips menghadapi ujian akhir semester genap yang terpenting bukan hanya dari belajar materi saja, namun juga memperbanyak latihan soal. Lewat latihan soal PAS, kamu bisa mengukur pemahaman materi, sekaligus mengetahui tipe soal yang biasa diujikan.

Nah, kumpulan soal kelas 11 IPS dan jawabannya ini dibuat berdasarkan prediksi PAS SMA 2021. Semua materi kelas 11 yang diujikan sesuai dengan yang sudah kamu pelajari pada semester genap. Jadi, sangat cocok untuk menjadi referensi belajar PAS. Adapun cakupan soal PAS SMA meliputi mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Tanpa perlu berlama-lama lagi, kerjakan soalnya sekarang!

Sejarah

Topik: Proklamasi Kemerdekaan

Rapat BPUPKI belum mampu merumuskan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Oleh sebab itu, anggota BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang terdiri dari sembilan tokoh nasionalis Indonesia. Berikut ini yang tidak termasuk Panitia Sembilan adalah ….

A. Abdul Kahar Muzakir

B. A.A. Maramis

C. K.H. Wahid Hasyim

D. H. Agus Salim

E. S.M. Kartosuwiryo

Pembahasan:

BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai adalah organisasi yang dibentuk Jepang pada tanggal 1 Maret 1942. Pembentukan BPUPKI bertujuan menyelidiki dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Pada sidang I BPUPKI belum menghasilkan rumusan dasar negara. Oleh karena itu, dibentuk panitia khusus yang membuat dasar negara yaitu Panitia Sembilan.

Panitia Sembilan diketuai oleh Ir. Soekarno dan diwakili oleh Moh. Hatta. Anggotanya terdiri dari Alexander Andries Maramis, Abikusno Tjokrosujoso, Abdul Kahar Muzakir, H. Agus Salim, K.H. Wahid Hasyim, Ahmad Subardjo, dan Moh. Yamin.

Pahami dan  Materi Sejarah Kelas 12: Masa Orde Baru di Indonesia

Jawaban yang benar adalah E.

Topik: Perang Dunia I dan II

Ekspansi Jepang ke negara-negara lain saat Perang Dunia II tidak terlepas dari slogan “Hakko Ichiu”. Slogan yang dianut Jepang tersebut berarti ….

A. Jepang adalah cahaya bagi Asia

B. Jepang adalah bangsa terbaik di Asia

C. Kemenangan Jepang adalah kemenangan Asia

D. Delapan penjuru dunia di bawah satu atap

E. Jepang adalah pemimpin bagi Asia

Pembahasan:

Hakko Ichiu adalah slogan persaudaraan yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II. Slogan ini berarti “Delapan penjuru dunia di bawah satu atap”, tepatnya di bawah kepemimpinan Jepang.

Jawaban yang benar adalah D


Geografi

Topik: Kependudukan

Dinamika penduduk di daerah konflik (perang) berkepanjangan disebabkan oleh ….

A. Angka ketergantungan tinggi

B. Angka kelahiran kasar tinggi

C. Angka kawin-cerai tinggi

D. Angka kematian tinggi

E. Angka mobilitas penduduk tinggi

Pembahasan:

Faktor dinamika penduduk ada tiga, antara lain kelahiran, kematian, dan migrasi. Di daerah konflik (perang), faktor yang paling berpengaruh dalam dinamika penduduk adalah kematian. Konflik berkepanjangan mengakibatkan banyaknya korban jiwa.

Jawaban yang benar adalah D.

Topik: Penanggulangan Bencana

Bentuk kearifan lokal dari berbagai jenis etnis di Indonesia yang dimaksud sebagai cara untuk beradaptasi terhadap bencana gempa bumi adalah ….

A. Pemilihan bahan untuk rumah

B. Konstruksi bangunan rumah adat

C. Penataan ruang dalam rumah

D. Atap rumah berbentuk kerucut

E. Tanaman budidaya di sekitar rumah

Pembahasan:

Bentuk kearifan lokal dari berbagai etnis di Indonesia yang dimaksud sebagai cara untuk beradaptasi terhadap bencana gempa bumi adalah konstruksi bangunan rumah adat. Salah satunya rumah panggung Woloan di Minahasa yang termasuk rumah panggung tahan gempa. Struktur pondasi, dinding, dan balok rangka utama dari kayu besi memenuhi syarat sebagai konstruksi gempa. Setiap balok kayu saling mengait sehingga dinding rumah tidak mudah retak atau pecah.

Pahami dan  Terbukti Efektif, 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas saat Persiapan PAS

Jawaban yang benar adalah B.


Sosiologi

Topik: Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian

Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai konflik dan kekerasan adalah ….

A. Konflik terjadi dua arah sedangkan kekerasan satu arah

B. Sikap kekerasan merupakan hal biasa dalam zaman modern seperti saat ini

C. Sikap penyelesaian konflik dengan kekerasan adalah pilihan terakhir yang ditempuh

D. Konflik sama artinya dengan kekerasan

E. Semua konflik berakibat negatif sedangkan kekerasan belum tentu

Pembahasan:

Konflik merupakan proses sosial antara dua pihak atau lebih yang berusaha saling menyingkirkan dan menghancurkan sampai salah satu pihak menjadi tidak berdaya. Sementara kekerasan adalah perbuatan seseorang atau kelompok yang mengakibatkan cedera, kerusakan fisik atau barang orang lain. Perbedaan dari konflik dan kekerasan adalah konflik terjadi dua arah, sedangkan kekerasan terjadi satu arah.

Jawaban yang benar adalah A.

Topik: Integrasi dan Reintegrasi Sosial

Indonesia memiliki keberagaman dalam elemen sosial-budaya. Penyatuan antara dua unsur budaya berbeda di Indonesia dapat mendorong terciptanya integrasi sosial. Salah satu bentuk interaksi yang mendorong proses integrasi sosial adalah ….

A. Diferensiasi sosial

B. Interaksi sosial

C. Asimilasi budaya

D. Sikap terbuka

E. Persamaan budaya

Pembahasan:

Integrasi sosial adalah sebuah sistem yang mengalami pembauran hingga menjadi kesatuan utuh. Integrasi sosial juga sering disebut proses penyesuaian antara elemen masyarakat yang berbeda untuk menjadi satu dan saling berinteraksi dengan harmonis. Untuk mendorong terwujudnya integrasi sosial, dapat dilakukan melalui asimilasi budaya, yaitu percampuran dua unsur budaya berbeda menjadi satu budaya yang lebih dominan.

Jawaban yang benar adalah C.


Ekonomi

Topik: APBN dan APBD

Sumber penerimaan daerah yang diperoleh dari pemberian izin bangunan dikategorikan sebagai sumber penerimaan berupa ….

Pahami dan  Saatnya Kejar Nilai dan Ambis PTN 2021, Dapatkan Diskon Akhir Tahun Hingga 80 % Untuk Semua Paket Pahamify

A. Iuran

B. Pajak

C. Tabungan

D. Retribusi

E. Hibah

Pembahasan:

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan salah satu penerimaan kategori pendapatan asli daerah. Pendapatan asli daerah terdiri atas pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain. Jadi, IMB termasuk ke dalam retribusi daerah karena pelayanannya bisa dirasakan secara langsung (kurang dari 5 tahun).

Jawaban yang benar adalah D.

Topik: Perdagangan Internasional

Munculnya produk makanan dari luar negeri yang variatif membuat produsen makanan dalam negeri semakin berinovasi untuk menyuguhkan produk terbaik kepada konsumen. Hal ini terjadi karena ….

A. Perbedaan harga barang dalam negeri dan luar negeri

B. Peningkatan kualitas konsumsi

C. Penggunaan teknologi yang lebih mahir

D. Perluasan kesempatan kerja

E. Peningkatan devisa negara

Pembahasan:

Adanya produk luar negeri membuat konsumen mendapat kesempatan mencoba produk yang tidak ada di negaranya sebelumnya. Dengan masuknya produk luar negeri, produsen dalam negeri dapat mengambil langkah baru agar produknya lebih berkualitas dari produk yang sudah ada. Jadi, perdagangan internasional juga dapat meningkatkan kualitas konsumsi.

Jawaban yang benar adalah B.

Itulah beberapa latihan soal Penilaian Akhir Semester dan pembahasannya. Bagi kamu yang masih merasa kurang dengan contoh soal di atas, tenang saja, kamu masih bisa berlatih soal lebih banyak lagi melalui Try Out PAS Gratis Pahamify.

Kalau masih ada materi yang perlu kamu tingkatkan lagi, kamu juga bisa berlangganan aplikasi Pahamify untuk mendapatkan video materi SMA lengkap beserta rangkuman, flash card, dan kuis. Ada bank soal SMA juga, lho. Cocok banget buat memaksimalkan persiapan #TaklukkanPAS.

Yuk, download aplikasi Pahamify sekarang dengan klik di sini! Jangan lupa, cek penawaran menarik dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify


Try Out Online Penilaian Akhir Semester Genap (PAS) SMA 2021 Gratis. Daftar Sekarang!

Komentar

One Comment on “Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021 Kelas 11 IPS dan Pembahasan

rania cantik
June 20, 2021 at 4:35 am

thank you

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version