Pahamifren, adakah di antara kamu yang mengambil kelompok ujian Saintek saat UTBK SBMPTN 2021 nanti? Pastinya, kamu sudah mulai menguasai materi-materi TKA Saintek yang bakal diujikan dong. Nah, khusus buat kamu, kali ini Mipi akan membahas tentang latihan soal UTBK Saintek Biologi beserta penjelasannya.

Biar makin paham, ada 5 latihan soal UTBK Saintek Biologi ter-update, yang bisa kamu pelajari dan bisa jadi bahan diskusi bareng teman-temanmu nih. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren!

Materi Latihan Soal UTBK Saintek Biologi

Supaya persiapan kamu dalam mengerjakan latihan soal UTBK Saintek Biologi lebih efektif, kamu harus tahu dulu materi mana saja yang perlu kamu pahami. Adapun cakupan materi tersebut, antara lain Biokimia, Sel, Substansi Genetika dan Persilangan, Klasifikasi, Ekologi dan Biologi lingkungan, Evolusi, Sistem Organ Manusia, Struktur tumbuhan dan Fungsi, serta Bioteknologi.

Sudah punya strategi menghadapi soal UTBK SBMTPN 2021? Latihan soal UTBK Saintek BIologi ini bsia kamu pelajari.

Kamu bisa mempelajari materi-materi tersebut secara berurutan agar kamu mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, serta mampu mengaitkan satu materi dengan materi lainnya secara komprehensif. Ingat, hal yang diperlukan untuk menjawab soal HOTS yaitu pemahaman konsep, bukan sekadar hafalan. Jadi, pastikan kamu memahami semua konsep materi tersebut agar lancar dalam mengerjakan soal Biologi di UTBK SBMPTN 2021 nanti.

Pada ujian TKA Saintek, materi Biologi ini bisa jadi lumbung nilai UTBK kamu, lho. Tidak seperti materi TKA Saintek lainnya, Biologi tidak memiliki banyak soal hitungan. Jadi, kamu tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya.

Contohnya, kamu bisa mengerjakan 15 soal Biologi dalam waktu kurang dari 20 menit. Sementara, dalam waktu pengerjaan yang sama di materi Fisika, kamu baru menjawab 5 soal, karena waktu ujiannya lebih banyak digunakan untuk menghitung angka.

Selain itu, materi Biologi juga tidak memerlukan banyak hafalan rumus agar tahu cara penyelesaiannya. Jadi, kalau kamu benar-benar memahami konsep Biologi, kamu bisa deh ngerjain semua soal secara optimal, Pahamifren.

Contoh Soal UTBK Biologi dan Pembahasannya

Setelah kamu mempelajari konsep materi UTBK Biologi yang dibahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan contoh soal TKA Saintek Biologi berikut ini sebagai simulasi SBMPTN 2021.

Tentunya, soal UTBK Biologi dan pembahasannya ini tidak akan keluar sama persis saat UTBK SBMPTN 2021 nanti, ya. Namun, kamu bisa menjadikan latihan soal ini untuk mengukur sejauh apa pemahaman kamu dalam memahami konsep Biologi. Berikut daftar soal yang bisa kamu kerjakan:

Soal 1 (Sel Tumbuhan)

Ibu ingin mengetahui cara yang cocok untuk membuat kentang lebih empuk sebelum digoreng. Dia memotong kentang seperti stick sama besar. Kemudian, 3 potong kentang masing-masing dimasukkan ke dalam 3 wadah air berbeda selama 60 menit.

Ketiga wadah memiliki volume yang sama, namun berbeda konsentrasi gula. Wadah A hanya berisi air, wadah B air dengan konsentrasi gula 10%, dan wadah C air dengan konsentrasi gula 20%.

Berdasarkan pemahamanmu tentang transpor zat, kentang di wadah mana yang akan lebih empuk dan kenapa?

A. Tidak ada yang empuk karena gula dan air tidak memengaruhi kentang

B. Wadah A karena air cenderung masuk ke sel-sel kentang

C. Wadah B karena larutan gula hipertonis dibandingkan cairan pada kentang

D. Wadah C karena larutan gula menyebabkan penurunan tekanan turgor

E. Wadah A karena air hipotonis daripada larutan gula terhadap kentang

Pembahasan:

Ketika kentang dimasukkan ke dalam wadah dengan larutan gula akan terjadi proses osmosis. Osmosis adalah perpindahan molekul pelarut (misalnya air) dari larutan hipotonis ke larutan hipertonis melalui membran semipermeabel. Saat kentang direndam dengan larutan gula 10% dan 20%, akan terjadi perpindahan air secara osmosis dari sel-sel kentang keluar menuju larutan.

Perpindahan air ini terjadi karena sel-sel kentang hipotonis terhadap larutan gula yg hipertonis. Jadi, semakin hipertonis larutan gula semakin banyak air yang keluar dari sel.

Kekurangan air pada sel kentang menyebabkan terjadinya plasmolisis yang mengakibatkan penurunan tekanan turgor. Jika tekanan turgor pada sel kentang menurun, kentang menjadi empuk dan lembek.

Sedangkan, pada kentang yang direndam dengan air biasa, malah kebalikannya. Air berpindah dari larutan ke dalam sel kentang karena sel kentang lebih hipertonis dibandingkan air.

Akibatnya, isi sel bertambah sehingga menyebabkan potongan kentang menjadi lebih keras dan beratnya akan bertambah. Jadi, kentang yang lebih empuk adalah kentang yang tekanan turgornya paling rendah yaitu kentang di wadah C.

Jawaban yang paling tepat adalah D.

Soal 2 (Klasifikasi – Monera)

Salmonella typhosa merupakan bakteri anaerob yang menyebabkan penyakit tifus. Salmonella typhosa dapat menghasilkan hidrogen sulfida.

SEBAB

Salmonella typhosa merupakan bakteri gram negatif.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak berhubungan 

C. Pernyataan benar dan alasan salah 

D. Pernyataan salah alasan benar

E. Pernyataan dan alasan keduanya salah 

Pembahasan:

Pernyataan benar. Salmonella typhosa merupakan eubacteria yang menyebabkan penyakit tifus. Tifus merupakan penyakit menyebabkan terjadinya demam.

Alasan benar. Berdasarkan ketebalan peptidoglikan, eubacteria dibedakan menjadi gram positif dan gram negatif. Salmonella typhosa merupakan bakteri gram negatif, bakteri jenis ini tidak bisa mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan dan akan berwarna merah jika diamati melalui mikroskop.

Namun, hal ini bukan menjadi alasan Salmonella typhosa bisa menyebabkan penyakit tifus. Salmonella typhosa menyebabkan penyakit demam tifus akibat invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan atau intoksikasi. Jadi, pernyataan dan alasan dalam soal tidak saling berhubungan.

Jawaban yang benar adalah B.

Soal 3 (Evolusi)

Penetapan umur fosil dapat dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung, misalnya:

  1. Laju erosi
  2. Laju sedimentasi
  3. Kandungan garam
  4. Penentuan umur dengan radiasi

Pilihannya:

A. jika (1), (2), (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Pembahasan:

Penetapan umur fosil dapat dilakukan 2 cara. Cara tidak langsung, yaitu dilakukan dengan mengukur umur lapisan bumi tempat fosil ditemukan. Cara langsung yaitu dengan mengukur umur fosil itu sendiri. Beberapa contoh penetapan umur fosil, antara lain berdasarkan peristiwa laju erosi (1), peristiwa laju sedimentasi (2), kandungan garam (3), dan penentuan umur dengan zat radioaktif (4).

Jawaban yang paling tepat untuk soal ini adala E.

Soal 4 (Ekologi dan Perubahan Lingkungan)

Suatu hari Tiara dan teman-temannya ingin melakukan pengamatan biota air di suatu danau. Namun, ketika mereka sampai di lokasi, mereka menemukan air danaunya berwarna hijau dan tercium aroma busuk dari danau. Kondisi danau yang ditemukan Tiara dan teman-temannya dapat disebabkan oleh ….

A. Meningkatnya CFC di dalam air danau 

B. Limbah deterjen yang dibuang ke danau

C. Peningkatan kadar timah di air danau

D. Peningkatan nitrat dan sulfur di air danau

E. Adanya pestisida yang terbawa ke air danau

Pembahasan:

Warna hijau pada kolam atau danau dikarenakan jumlah mikroalga yang sangat meningkat jumlahnya. Fenomena alam seperti ini disebut blooming alga. Peningkatan mikroalga ini karena nutrisinya di air juga meningkat, seperti sulfur dan nitrat. Biasanya unsur ini meningkat karena penggunaan pupuk pestisida yang berlebihan dan hanyut hingga ke danau. Akibatnya pertumbuhan alga jadi meningkat dan menutupi lapisan permukaan danau.

Jawaban yang tepat adalah D.

Soal 5 (Bioteknologi)

Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang farmasi, dapat dilakukan dengan cara ….

A. Transplantasi gen 

B. Teknologi hibridoma

C. Kultur jaringan 

D. Totipotensi jaringan 

E. Terapi genetik 

Pembahasan:

Hibridoma disebut juga sebagai fusi sel, yaitu penggabungan 2 sel. Teknik ini dilakukan dalam pembuatan antibodi monoklonal. Prinsipnya, dilakukan penyatuan sel penghasil antibodi dan sel tumor. Hal ini dikarenakan, sel tumor (jenis sel myeloma) dapat membelah dengan cepat.

Sifat dari hibridoma ini adalah immortal. Artinya, sel abadi karena mampu bertahan hidup, membelah dan memperbanyak diri dalam jumlah tak terbatas dalam  media kultur. Jadi, dengan cara hibridoma, antibodi dapat diperoleh dalam skala besar.

Jawaban yang tepat adalah B

Nah, itu dia beberapa latihan soal UTBK Saintek Biologi dan pembahasannya yang bisa kamu jadikan referensi. Bagaimana, sudah paham konsep soal-soal di atas? Kira-kira, bagian materi mana ya yang harus ditingkatkan lagi?

Sekarang, latihan soal UTBK Saintek Biologi lebih mudah lewat fitur try out online gratis dari Pahamify.

Buat para pejuang PTN yang ingin lolos UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur try out online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify sebagai persiapan ringan menghadapi UTBK SBMPTN Masuk Kampus 2021. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, lho.

Yuk, persiapkan dirimu untuk #TaklukkanUTBK dari sekarang! Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify di link ini sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik. Jangan lupa cek juga promo menarik lainnya di link https://pahamify.com/promo/ ini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Latihan Soal UTBK Saintek Biologi 2021 dan Pembahasannya

Tom
March 7, 2021 at 11:31 am

Untuk soal nomor 1 bukannya jawaban yg tepat adalah C?
Kalau D, alasannya tidak tepat.

Reply
Fitri Dewanty
March 8, 2021 at 3:26 am

Halo tom, terima kasih atas masukannya.
Terkait soal nomor 1, wadah C memiliki larutan gula dengan konsentrasi paling banyak (dibandingkan wadah A dan B), sehingga semakin banyak air yang akan keluar dari sel dan tekanan turgor pada kentang pun semakin menurun. Jika tekanan turgor semakin menurun, maka kentang menjadi lebih empuk dan lembek. Itulah sebabnya jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah D.
Semoga penjelasannya ini membantu 🙂

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version