Sudah punya banyak rencana, tapi waktu mau dilaksanakan kok malas, ya. Akhirnya, jadi enggak melakukan apa-apa dan berujung rebahan seharian deh. Apakah kamu juga sering mengalami hal serupa, Pahamifren? Bagi pelajar SMA, macam-macam malas ini biasanya timbul pada proses belajar.

Ada saja gangguan belajar, mulai dari gadget, tontonan televisi, hingga ajakan bermain dari teman yang memperkuat rasa malas belajar tersebut. Kalau dibiarkan begitu saja, rasa malas ini bisa membuat rencana belajarmu berantakan.

Macam-Macam Malas dan Cara Mengatasinya

Faktanya, ada macam-macam malas yang biasa dialami siswa, lho. Macam-macam malas ini bisa menunjukkan gejala medis dan memiliki cara mengatasinya masing-masing. Mipi akan membagikan lima macam rasa malas yang mungkin pernah kamu alami. Sebagian jenis rasa malas pada ulasan ini Mipi ambil dari cuitan Twitter Kak Fikri tentang observasi jenis-jenis malas. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Malas karena Depresi

Rasa malas yang pertama yaitu karena depresi. Biasanya, orang yang malas karena depresi bersifat sangat intens dan dalam, bahkan terkadang terjadi begitu saja disertai dengan perasaan sedih. Perasaan malas yang muncul bisa berupa hilangnya minat belajar atau melakukan sesuatu, kurang energi, konsentrasi terganggu, dan munculnya perasaan bersalah.

Menurut Kak Fikri, jenis rasa malas ini jarang disadari banyak orang. Mungkin kamu cuma merasa malas saja dan enggak sadar saat itu sedang depresi atau stres. Kalau kamu situasi ini, cara mengatasi rasa malas yang bisa kamu lakukan yaitu menyembuhkan depresi kamu.

Minta bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater untuk menyembuhkannya. Hindari self diagnostic karena bisa berakibat buruk pada kesehatan mental kamu. Tenang saja, kamu bisa menggunakan fitur Konseling dari Pahamify untuk curhat ke psikolog dan menemukan solusinya.

Malas karena Kurangnya Motivasi

Rasa malas juga bisa muncul karena kamu tidak memiliki motivasi, misalnya motivasi belajar. Jika dibiarkan, jenis malas ini bisa membuat kamu tak kunjung meraih impian dan target belajar yang telah dibuat. Kalau Kak Fikri bilang, rasa malas karena kurangnya motivasi ini termasuk jenis rasa malas yang dapat diselesaikan sesuai kemauan individunya. Artinya, kalau kamu enggak mau berubah dan mencari motivasi belajar, enggak ada yang bisa membantu mengatasi rasa malas tersebut.

Pahami dan  Simak 7 Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi

Jangan sampai kamu memiliki rasa malas ini ya, Pahamifren. Temukan motivasi untuk mengatasinya lewat hal-hal yang kamu sukai. Kalau dalam proses belajar, kamu bisa mendapatkan motivasi belajar dengan menerapkan cara belajar efektif, menemukan sarana belajar yang tepat, cari keseruan topik yang dipelajari, hingga memberikan self reward setelah berhasil mengerjakan tugas. Dijamin, kamu bakal lebih semangat lagi untuk belajar!

Malas akibat Kelelahan Fisik

Kelelahan fisik juga bisa menjadi pemicu rasa malas, bahkan menjadi jenis malas paling umum yang dialami siswa. Khususnya bagi siswa yang tengah belajar intensif untuk persiapan ujian atau seleksi masuk perguruan tinggi. Kalau kamu terlalu sibuk mempelajari materi yang cukup menguras energi, bukan tidak mungkin kamu akan kelelahan dan berakibat pada rasa malas.

Malas karena kelelahan fisik biasanya disertai gejala nafsu makan berkurang, nyeri otot, atau bahkan burn out. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu apabila terus dibiarkan. Satu-satunya cara untuk mengatasi rasa malas karena kelelahan fisik yaitu istirahat. Kamu juga bisa menerapkan cara mengatasi kelelahan belajar yang sudah pernah Mipi bahas.

Malas akibat Suhu/Cuaca

Pernahkah kamu merasa malas belajar saat cuaca terlalu panas? Ternyata, cuaca yang ekstrem, seperti terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa memicu rasa malas, lho. Hal ini terjadi karena cuaca dapat memengaruhi perasaan atau mood seseorang. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap perubahan cuaca yang terjadi. Ada yang tidak bisa fokus belajar saat cuaca panas, ada pula yang konsentrasi belajarnya mudah terganggu saat cuaca terlalu dingin.

Perlu kamu tahu, pada cuaca yang ekstrem, tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk mengontrol suhu. Itulah sebabnya rasa malas juga bisa muncul akibat energi yang terkuras karena perubahan suhu. Rasa malas ini wajar, selama tidak mengakibatkan kelelahan yang tidak normal. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menemukan waktu terbaik saat cuaca bersahabat dengan kondisi tubuhmu, atau memilih melawan rasa malas tersebut.

Pahami dan  Atur Target Belajar Lebih Mudah Lewat Fitur Jadwal Belajar Pahamify

Malas karena Cerdas

Rasa malas memang sering dihubungkan dengan kecerdasan. Bahkan, ada yang bilang orang cerdas cenderung malas. Namun, orang malas bukan berarti cerdas ya, Pahamifren. Biasanya, orang yang malas dalam golongan ini, tidak mau terlalu repot mengerjakan suatu hal. Akhirnya, mereka memunculkan ide kreatif yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan sesuatu secara efisien.

Kalau menurut cuitan Kak Fikri, ia menggolongkan orang jenis ini sebagai orang malas yang mau berubah. Kalau kamu termasuk jenis ini, kamu tidak akan membuat waktumu hanya bermalas-malasan tanpa hasil yang jelas. Sebaliknya, kamu akan mencari jalan keluar paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan secara mandiri dan mengalahkan rasa malas tersebut.

Itulah macam-macam malas yang biasa dialami siswa, sekaligus cara mengatasinya. Mudah-mudahan, ulasan macam-macam malas ini dapat membuatmu lebih giat lagi dalam belajar, ya. Biar makin semangat belajarnya, kamu bisa menggunakan platform belajar online Pahamify. Dilengkapi video materi berkonsep gamifikasi, Pahamify bisa membuat proses belajar online di rumah menjadi seru dan enggak membosankan.

Selain video materi, kamu juga bisa mengakses TryOut Premium, bank soal, kelas online, hingga jadwal belajar untuk persiapan PAS, UTBK SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Tersedia paket belajar lengkap seperti Paket SIMAK UI dengan harga yang terjangkau, lho.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini! Gunakan semua fiturnya untuk proses belajar seru dan antimalas.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version