Kapan sekolah dibuka kembali? Pertanyaan ini mungkin selalu terlintas di benak para siswa di Indonesia. Betapa tidak, selama dua tahun belakangan mayoritas siswa di Indonesia harus menjalani proses belajar secara daring. Jika diamati lebih dalam, efektifitas dan manfaat belajar daring ini hanya bisa dirasakan oleh sebagian siswa.

Selain masalah keterbatasan koneksi internet, belajar online di rumah juga membawa masalah baru pada proses belajar mereka. Selama penyelenggaraan belajar daring, ada dua masalah utama yang dihadapi para siswa, yaitu learning loss dan social interaction.

Masalah ini bahkan menjadi lebih berat bagi para siswa yang mulai duduk di kelas 12. Dua tahun belajar online di rumah, ternyata membuat para siswa di kelas 12 mengalami learning loss, atau kehilangan pemahaman dan ketertinggalan proses belajar. Karena, saat belajar di rumah, kita tidak pernah tahu sudah sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan selama belajar daring.

Belum lagi, tidak semua guru mampu menerapkan metode belajar online yang tepat kepada para siswanya. Sehingga efektifitas dan manfaat belajar daring sering dipertanyakan keberhasilannya.

Tak hanya masalah learning loss, keputusan pemerintah yang mengharuskan para siswa belajar di rumah juga mengurangi interaksi sosial yang mereka dapatkan di sekolah. Walaupun terlihat sepele, jika dibiarkan berlanjut lama, minimnya social interaction ini bakal berdampak besar pada penurunan prestasi belajar.

Hal yang paling mudah terlihat dari kurangnya interaksi sosial adalah, berkurangnya minat atau motivasi belajar. Jika diamati tak semua siswa bersemangat ketika mengikuti proses belajar online di rumah. Sebagian besar dari mereka bahkan menganggap belajar di rumah tidak sebanding dengan proses belajar mengajar yang mereka alami di sekolah.

Learning loss dan keterbatasan social interaction, menjadi alasan kenapa efektifitas dan manfaat belajar daring dipertanyakan.

Jika sudah begini, peran orang tua tentu sangat dibutuhkan untuk membantu membangkitkan semangat belajar siswa selama belajar online di rumah. Pahamify, sebagai aplikasi bimbingan belajar online menawarkan solusi cerdas kepada Anda para orang tua siswa, untuk menghadapi masalah learning loss dan social interaction bagi para siswa. Bagaimana solusinya? Simak artikel ini sampai selesai!

Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Program Back to School

Program Back to School (BTS) dari Pahamify, dirancang khusus untuk menghadapi ketertinggalan belajar yang dialami siswa selama belajar online di rumah.

Dibekali konsep yang bertujuan untuk meningkatkan manfaat belajar daring, tahun ini program yang mengusung tema #KejarBarengPahamify ini akan digelar mulai bulan Juli sampai bulan September 2021 mendatang. Apa saja program yang bisa diikuti siswa di BTS Pahamify?

Live Class Demo

Program ini diperuntukkan bagi Anda, para orang tua siswa yang ingin mendampingi putra/putri Anda meningkatkan prestasi belajar. Dikemas dalam format webinar, Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh metode belajar online Live Class yang telah terbukti membantu para peserta meningkatkan nilai rapor mereka.

Sekilas tentang Live Class, program bimbingan belajar online ini dirancang oleh para Rockstar Teacher Pahamify yang terdiri dari para pengajar dan praktisi pendidikan berpengalaman. Dibekali oleh berbagai materi belajar SMA yang lengkap dengan latihan soal dan pembahasannya, setiap pembelajaran yang disampaikan di sesi Live Class bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Bagi yang penasaran tentang program ini, Anda bisa mendapatkan akses gratis program Live Class Demo ini di https://pahamify.com/parents/

Sikat Soal Olympiad

Program Sikat Soal Olympiad merupakan kompetisi yang bisa diikuti oleh para pelajar SMA dari seluruh Indonesia. Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah mereka yang sudah bergabung atau berlangganan aplikasi bimbingan belajar online Pahamify.

Sikat Soal Olympiad dapat menjadi media untuk menguji efektifitas dan manfaat belajar daring yang dialami oleh para siswa, setelah bergabung dengan bimbel online Pahamify.

Kompetisi yang digelar pada bulan Juli mendatang ini menawarkan hadiah menarik bagi para pemenangnya. Jadi segera daftarkan putra/putri Anda untuk mengikuti Sikat Soal Olympiad.

Kalkulator Belajar UTBK

Kalkulator Belajar UTBK adalah fitur baru yang bisa digunakan secara gratis oleh para peserta bimbel online Pahamify. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghitung atau mengkalkulasi potensi kelulusan siswa di universitas impian mereka. Data yang disajikan, dihitung berdasarkan nilai latihan soal UTBK yang dihasilkan siswa selama mengikuti program-program dari Pahamify.

Siapkan diri hadapi SBMPTN. Pahamify dirancang untuk memaksimalkan manfaat belajar daring di rumah.

Free TryOut Prediction

Salah satu fitur andalan yang paling diminati dari aplikasi Pahamify. Free TryOut Prediction dapat dimanfaatkan untuk mengetahui level kesiapan siswa dalam menghadapi UTBK SBMPTN. Fitur yang bisa digunakan meliputi persentase kelulusan, rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai lewat Smart Analysis dan tingkat keketatan persaingan UTBK berdasarkan data tahun sebelumnya. Lihat informasi tentang try out online ini di https://tryout.pahamify.com/

Social Media Activity

Ikuti berbagai event menarik yang digelar lewat Social Media Activity. Akan ada berbagai konten seru bertema edukasi, bimbingan belajar online, hingga cara belajar yang efektif untuk meningkatkan prestasi di sekolah. Event ini bisa diikuti oleh siapa saja yang tertarik dengan fitur-fitur keren dari Pahamify.

Partnership

Untuk memaksimalkan value dari BTS, kami juga mengajak berbagai pihak seperti sekolah, dinas terkait hingga media massa. 

MIPI 

Fitur terbaru Tanya Mipi ini dibekali teknologi AI yang canggih. Mipi bisa dimanfaatkan para siswa untuk mengerjakan soal, mencari materi pelajaran dan pembahasannya, hingga berdiskusi dengan sesama penggunanya. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera bergabung bersama aplikasi bimbingan belajar online Pahamify, dan manfaatkan program-program menariknya untuk meningkatkan prestasi belajar putra/putri Anda sekarang!.

Lihat juga penawaran menarik lainnya dari bimbel online Pahamify di sini https://pahamify.com/promo/

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version