Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Hayo, siapa di antara Pahamifren yang gampang percaya berita hoax? Atau, selama ini kamu masih suka belajar cuma biar tahu hasil ujian aja? Wah, kalau begini mungkin tandanya kamu kurang berpikir kritis. Padahal, ketika kamu belajar dengan rasa penasaran yang tinggi terhadap materi dan bukan hanya sekedar penasaran akan hasil ujian kamu bakal jadi terbiasa bertanya informasi sampai pengetahuan kamu makin bertambah, loh! 

Eits, bukan hanya itu saja manfaat berpikir kritis, Pahamifren. Biar lebih jelas, Mipi bakal membahas manfaat berpikir kritis dan caranya agar terbiasa berpikir kritis, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, CEO Pahamify. Yuk, cek pembahasannya di artikel ini.

Berpikir Kritis Itu Apa sih?

Jika kamu termasuk orang yang tidak mudah mempercayai berita hoax dan sering menanyakan “Apakah berita ini akurat?” “Darimana sumbernya?”, itu tandanya kamu sudah berpikir kritis, Pahamifren. Dalam Konferensi Tahunan Internasional ke-8 tentang Berpikir Kritis dan Reformasi Pendidikan, Michael Scriven dan Richard Paul menjelaskan bahwa berpikir kritis adalah proses aktif untuk menganalisis informasi yang didapat, yang hasilnya dapat digunakan sebagai panduan dalam bertindak.

Semakin kita sering mencari tahu atau menanyakan tentang informasi-informasi yang ada, kita menjadi tahu tindakan apa yang akan kita ambil setelah mengetahui informasi tersebut.

Contohnya, ketika ada berita bahwa UTBK 2022 ditiadakan, lalu kamu mencari kebenaran informasi tersebut dan kamu menemukan bahwa itu berita bohong, pada akhirnya kamu memutuskan untuk tetap belajar UTBK dengan matang.

Berpikir kritis berguna saat kamu ingin mencari kebenaran dari informasi yang diterima.

Coba kalau kamu tidak mencari tahu kebenaran informasi tersebut, pasti kamu sudah santai-santai dan nggak belajar sama sekali! Kalau begini, nanti nilai UTBK kamu tidak maksimal dong?

Apa Manfaatnya Dalam Belajar?

Nggak cuma agar tidak tertipu berita hoax, berpikir kritis juga bisa membuat kamu mendapatkan berbagai manfaat, di antaranya:

Membuat Kamu Selalu Penasaran

Sebagian dari kamu mungkin bertanya, kenapa sih kita perlu menjadi orang kritis dan mudah penasaran? Dalam belajar, kita memerlukan rasa penasaran yang tinggi agar kita dapat memiliki motivasi yang tinggi juga untuk fokus dalam belajar. Kalau kamu memiliki motivasi yang tinggi maka kamu akan semangat, mood, dan pada akhirnya tidak menunda-nunda belajar, Pahamifren.

Lebih Konsisten Dalam Belajar

Selain menjadikan kita sebagai orang yang mudah penasaran, berpikir kritis juga mampu membuatmu konsisten dalam belajar. Apakah setelah kamu mengikuti pelajaran dikelas dan mendengarkan guru mengajar, kamu langsung bermain bersama teman? Jika kamu berpikir kritis, meskipun guru sudah selesai menerangkan materi kamu akan tetap belajar. 

Setelah guru menerangkan materi terkadang kita memiliki pertanyaan-pertanyaan terkait kelanjutan materi yang belum diterangkan. Sehingga, kamu mencari-cari jawabannya sendiri dengan membaca buku atau mungkin langsung bertanya kepada guru kamu di luar jam pelajaran. Hal seperti ini akan membuatmu konsisten dalam belajar dengan senang hati.

Mengevaluasi Informasi yang Diterima

Selain membuat kita konsisten dalam belajar, berpikir kritis juga dapat membantu kita untuk mengevaluasi informasi yang kita terima saat belajar. Tentunya saat kita belajar, kita menerima banyak informasi atau materi dari guru. Namun, tidak ada jaminan bahwa semua informasi atau materi yang kamu terima itu benar. Sehingga kamu harus mengevaluasi hal tersebut.

Eh, tapi bagaimana cara kita mengevaluasi hal tersebut? Terlepas dari cuitan Kak Fikri,  kamu bisa menanyakan hal-hal seperti di bawah ini :

  • Apakah itu adalah sebuah fakta atau asumsi?
  • Apakah alasan dibalik hal itu? Dan relevankah?
  • Bagaimana data-data yang diperoleh?
  • Apa saja perspektif dari materi tersebut?
  • Jadi bagaimana kesimpulannya?

Dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan materi yang benar dan relevan. Kamu akan menelaah materi yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan kamu.  

Menjadi Terbiasa untuk Bertanya

Selanjutnya, berpikir kritis dapat membuat kamu terbiasa untuk bertanya informasi. Ketika kamu terbiasa bertanya informasi dan mendapat jawaban, kamu akan menambah pengetahuan kamu. Pada akhirnya, kamu akan memperluas pengetahuanmu.

Tidak hanya pengetahuan tentang pelajaran-pelajaran di sekolah saja, tapi kamu juga bisa mendapat banyak informasi tentang berbagai macam pengetahuan umum atau fakta-fakta unik menarik di luar pelajaran sekolah. Nah, kalau kamu sudah memiliki pengetahuan yang luas, kamu bisa berbagi pengetahuan ini kepada teman kamu. Ingat guys, sharing is caring!

Dengan banyak pertanyaan, kegiatan belajar akan jadi lebih interaktif, suasana belajar jadi lebih hidup. Kelas yang aktif dengan tanya jawab dan diskusi bisa membuat kita menjadi lebih paham dengan materi yang sedang dipelajari. Kalau begini, kamu jadi tidak bosan belajar di kelas, kan?

3 Cara Agar Terbiasa Berpikir Kritis

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat berpikir kritis, kita langsung lanjut ke cara agar terbiasa berpikir kritis yuk! Dari cuitan Kak Fikri terdapat 3 cara yang dapat kamu terapkan agar terbiasa berpikir kritis, yaitu:

Biasakan Diri untuk Bertanya

Kamu bisa mencoba untuk menanyakan apapun kepada guru kamu, tentunya yang masih berhubungan dengan materi ya. Ketika kamu mencoba bertanya ke guru, kamu tidak hanya melatih agar terbiasa berpikir kritis, tapi hal ini juga akan melatih keberanian kamu untuk bertanya. Hayo, siapa disini yang masih takut untuk bertanya?

Kamu tidak perlu takut untuk bertanya, karena kamu akan memperoleh banyak manfaat dari bertanya. Kalau sudah berani bertanya, kamu bisa meningkatkan keberanian kamu untuk berdiskusi dari topik yang sudah ditanyakan. Dengan adanya diskusi dan pertanyaan, kamu dan teman-teman kamu bisa lebih paham.

Bangun Pondasi Pengetahuan

Bangunlah pengetahuan kamu, karena kita tidak bisa berpikir kritis jika pengetahuan kita masih terlalu sedikit. Daripada kalian tidak percaya diri, lebih baik kalian secara bertahap menambah terus pengetahuan kamu. Banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk membangun pondasi pengetahuan kamu, salah satunya kamu bisa membaca-baca buku atau membaca materi di internet dari sumber yang terpercaya.  Dengan begitu, kamu akan mengetahui banyak hal dan menjadi tahu apa yang mau kamu tanyakan atau diskusikan.

Sering Berdiskusi

Mulailah diskusi dengan kelompok kecil. Tujuannya, kalau ada kesalahan atau kesalahan pada materi diskusi, ada teman yang akan koreksi dan membantu meluruskan info yang salah tersebut. Jadi, kita nggak larut dalam kesalahan atau ketidaktahuan informasi tersebut.

Kak Fikri menekankan bahwa walaupun sekarang belum terbiasa berpikir kritis, nggak akan ada kata terlambat untuk belajar. Jangan malu bertanya dan berdiskusi dengan guru, atau teman. Selain jadi lebih paham, cara ini menghindarkan kita agar tidak percaya informasi begitu saja.

Jadi begitu Pahamifren, ulasan mengenai pengertian hingga cara agar terbiasa berpikir kritis. Setelah mengetahui berbagai macam informasi tersebut, kamu mulai berani untuk menjadi orang yang suka bertanya, kan? Untuk membangun pondasi pengetahuan kamu, jangan lupa gunakan aplikasi Pahamify untuk memperkaya referensi pengetahuan.

Kamu bisa menambah pengetahuan kamu dengan mencoba fitur Live Class Pahamify. Ada pendampingan khusus dari guru yang bikin paham dan siap bantu kamu masuk Kampus Impian! Pastinya, kamu bisa bertanya tentang materi pelajaran sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis kamu.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fitur kerennya untuk belajar yang efektif dan seru. Jangan lupa, cek informasi https://pahamify.com/paket-belajar/ ini, Pahamifren.

Penulis: Salsabila Mumtazah

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll