Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Penyebaran virus COVID-19 di Indonesia yang masih terus meningkat dan mengkhawatirkan. Hal ini membuat pemerintah memutuskan agar periode belajar di rumah diperpanjang. Untungnya, pemerintah menurunkan bantuan berupa kuota untuk siswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan kuoata gratis Kemendikbud ini, kamu bisa tetap belajar online di rumah tanpa harus pusing memikirkan kuota data kamu. 

Hmmm… Tapi bantuan kuota gratis untuk siswa dari Kemendikbud itu seperti apa, ya? Seberapa efektif untuk membantu kamu belajar online di rumah? Terus apa ada cara untuk memanfaatkan kuota gratis tersebut agar lebih efisien?

Kalau kamu penasaran dengan semua itu, kamu mesti banget baca artikel ini, Pahamifren. Soalnya Mipi bakalan kupas tuntas bantuan kuota gratis dari Kemendikbud dan bagaimana cara memanfaatkannya secara efektif. Yuk, langsung aja kita bahas satu-persatu!

Cara terbaik untuk memanfaatkan kuota gratis kemendikbud adalah dengan belajar online.

Apa Saja Yang Kamu Dapat Dari Kuota Gratis Kemedikbud?

Karena periode belajar di rumah diperpanjang, Kemendikbud memberikan antuan kuota data untuk siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah. Batuan ini belaku setip bulan, sebesar 35 GB perbulan, dengan rincian kuota umum sebesar 5 GB dan kuota belajar 30 GB.

Kuota umum bisa kamu gunakan untuk mengakses laman web dan aplikasi, sementara kuota belajar hanya dapat kamu gunakan untuk mengakses laman web dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar pada laman ini.

Cara mendapatkan kuota gratis Kemendikbud ini juga mudah banget, Pahamifren. Kamu hanya tinggal mengumpulkan data nomor ponsel kamu ke pihak sekolah kamu, kemudian pihak sekolah kamu akan mengumpulkan data nomor ponsel para siswa dan mendaftarkannya ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. Dari Dapodik inilah Kemendikbud kemudian akan membagikan kuota gratis untuk kamu.

Pahami dan  Untuk Para Guru: Ini 5 Cara Mengajar Online Yang Harus Anda Kuasai

Bantuan kuota data internet dari Kemendikbud ini akan dilakukan setiap bulan, dalam dua tahap. Pada bulan pertama, pemberian kuota tahap 1 berlangsung pada tanggal 22–24 September 2020 dan pemberian kuota tahap 2 diberikan pada tanggal 28–30 September 2020.

Bantuan kuota data internet pada bulan kedua tahap 1 diberikan pada tanggal 22–24 Oktober 2020 dan tahap 2 diberikan pada tanggal 28–30 Oktober 2020. Sementara kuota data internet pada bulan ketiga dan keempat akan dikirimkan secara bersamaan, tahap 1 diberikan pada tanggal 22–24 November 2020 dan tahap 2 diberikan pada tanggal 28–30 November 2020.

Efektivitas Kuota Gratis Untuk Belajar di Rumah

Bantuan kuota gratis dari Kemendikbud ini sangat bermanfaat untuk belajar online di rumah. Selain kamu gak mesti pusing mikirin kuota data untuk belajar online di rumah, Kemendikbud juga udah memberikan daftar aplikasi video conference, aplikasi belajar online, laman web, dan laman web kampus yang bisa kamu akses dengan kuota gratis Kemendikbud.

Daftar tersebut juga masih bisa terus bertambah, loh, Pahamifren. Soalnya Kemendikbud mengizinkan penyedia laman web dan aplikasi belajar online yang belum terdaftar untuk mendaftarkan diri ke Kemendikbud.

Namun, sayangnya, kuota gratis dari Kemendikbud ini nggak bisa kamu gunakan untuk mengakses Youtube karena dikhawatirkan kamu malah asyik menonton video hiburan, dibandingkan mengakses video pembelajaran.

Sayang banget, ya, Pahamifren. Padahal di Youtube kan ada banyak saluran yang menyajikan video pembelajaran, tips belajar, tips menghadapi UTBK, tips memilih jurusan dan kampus, dan lain sebagainya.

Selain itu, walaupun Kemendikbuk memberi daftar laman web dan aplikasi belajar online, kamu tetap harus membayar biaya akses fitur-fitur unggulan aplikasi belajar online.

Jadi gak bisa sepenuhnya gratis ya, kalau kamu mau belajar online dengan aplikasi belajar online. Kalau sudah begini, satu-satunya jalan yang bisa kamu ambil adalah memilih aplikasi yang ramah di kantong.

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Cara Tepat Memanfaatkan Kuota Data Gratis

Untuk memanfaatkan kuota gratis dari Kemendikbud secara maksimal, Mipi punya tips belajar online yang efektif, nih, Pahamifren. Apa aja tipsnya? Kamu simak baik-baik, ya.

Bentuk Kelompok Belajar Kecil

Dengan membentuk kelompok belajar kecil dengan teman sekelasmu, belajar online di rumah akan jadi lebih efisien. Saat kamu merasa kurang paham dengan materi pelajaran tertentu, kamu bisa membahasnya dengan kelompok belajar kecilmu.

Dengan kelompok belajar kecil ini, kamu juga bisa membangun semangat dan motivasi belajar yang lebih baik dengan teman-temanmu. Selain itu, kondisi psikologismu dan teman-temanmu akan lebih sehat karena kalian bisa tetap berinteraksi sekalipun gak bisa bertemu secara langsung.

Manfaatkan laman web dan aplikasi belajar online

Seperti yang sudah kamu ketahui, sekalipun Kemendikbud sudah menyertakan daftar laman web dan aplikasi belajar online yang bisa kamu akses dengan kuota belajar, kamu tetap harus membayar paket belajar aplikasi online kalau kamu mau mendapatkan fitur-fitur belajar online unggulan aplikasi belajar online tersebut.

Oleh karena itu, agar kuota belajarmu terpakai dengan baik dan efisien, ada baiknya kamu memanfaatkan laman web dan aplikasi belajar online gratis dari Kemendikbud. 

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan begitu banyak materi belajar menarik di Rumah Belajar yang sudah disiapkan oleh Kemendikbud. Di Rumah Belajar, kamu bisa mengakses Sumber Belajar yang menyediakan video, artikel, dan audio belajar.

Kamu juga bisa mengakses Laboratorium Maya dengan fitur simulasi praktik laboratorium dan Bank Soal untuk menguji pemahaman materi-materi belajar kamu.

Pahamify, aplikasi belajar online yang lengkap dan mudah dipahami.

Gunakan aplikasi belajar online terbaik

Kalau yang satu ini udah pasti wajib banget mesti kamu punya, Pahamifren. Dengan aplikasi belajar online terbaik, pasti proses belajar kamu akan jadi jauh lebih menyenangkan.

Pahami dan  Flash Sale 10.10, Beli Paket Belajar Online 6 Bulan Gratis 3 Bulan

Untuk memilih aplikasi terbaik, kamu mesti tahu apa aja fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Semakin banyak dan semakin bagus fitur-fiturnya, udah pasti aplikasi tersebut akan membantu kamu dalam memahami materi-materi pelajaran yang harus kamu kuasai.

Selain melihat fitur-fitur yang disediakan, kamu juga mesti tahu harga pilihan paket belajar yang disediakan aplikasi tersebut. Tentu saja kamu mesti pilih yang ramah di kantong juga, ya, Pahamifren, hehehe…

Nah, khusus buat kamu yang ingin belajar online dengan cara yang seru dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Pahamify. Dengan berlangganan paket belajar Pahamify, kamu bisa mengakses berbagai fitur, seperti video pembelajaran, rangkuman, flashcard, quiz, kisi-kisi materi ulangan, video tips belajar, hingga info kampus.

Apalagi ada promo Pahamify yang bisa kamu dapatkan sampai akhir bulan Oktober ini, loh! Ada banyak promo Pahamify menarik yang memberikan diskon hingga 75%. Tunggu apa lagi, cek daftar promonya di sini, dan download Pahamify sekarang!.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

2 Comments on “Belajar di Rumah Diperpanjang, Manfaatkan Kuota Gratis Kemendikbud Untuk Belajar Online

Ayu Wulandari
October 26, 2020 at 12:08 am

Kak, kuota paket belajar dari Kemendikbud bisa akses aplikasi Pahamify gk kak? Aku udah berlangganan di Pahamify dan pingin maksimal belajar tpi ngirit kuota paket, kalo Pahamify bisa akses pake paket belajar dari Kemendikbud kan bagus

Reply
rizaldi abror
October 27, 2020 at 8:47 am

Halo Ayu Wulandari. Pahamify termasuk salah satu aplikasi yang bisa diakses pakai kuota belajar dari Kemendikbud. Untuk informasinya kamu bisa cek di website https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog