Pernahkah kamu mengamati hal disekitarmu? Saat kamu mengamati benda, peristiwa sosial atau fenomena alam di sekitar itu sama halnya kamu sedang melakukan observasi lho. Pada materi laporan hasil observasi kelas 10 yang kita bahas kali ini, Mipi akan mengajak kamu mengenal teks laporan hasil observasi secara lebih lengkap. Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Laporan Hasil Observasi

Apa sih artinya observasi? Apa tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi? 

Dalam materi hasil observasi kelas 10 dijelaskan tentang sifat, struktur, beserta contoh hasil observasi.

Secara umum, observasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara rinci dan detail. Objek yang menjadi bahan untuk observasi bisa berupa benda, bisa juga berupa hal yang abstrak atau sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata tapi bisa dirasakan keberadaanya. Misalnya fenomena alam, pergeseran budaya atau kondisi sosial yang terjadi di sekitar kita.

Observasi bisa menjadi sebuah karya tulis jika dikemas dalam bentuk teks laporan hasil observasi. Pengertian teks laporan hasil observasi sendiri adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Saat mempelajari materi laporan hasil observasi kelas 10, kamu mungkin bertanya apa sih tujuan teks laporan hasil observasi? Sebenarnya, tujuan utamanya adalah menyajikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah kasus, fenomena atau tragedi berdasarkan fakta yang terjadi.

Teks laporan hasil observasi juga sering dijadikan media untuk mengajak atau berisi himbauan tentang sesuatu yang positif. Misalnya laporan hasil observasi lingkungan yang mengamati tentang kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan. Informasi yang disajikan tentu mengandung ajakan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Nah, pada materi hasil observasi kelas 10, kamu juga sering diminta untuk menunjukkan contoh laporan hasil observasi kan? Agar kamu lebih paham, coba kamu simak contoh singkat ini:

Sampah tidak bisa lepas dari aktivitas manusia. Salah satu jenis sampah yang menimbulkan masalah serius adalah sampah plastik. Seiring meningkatnya jumlah penduduk, penggunaan bahan plastik pun semakin tinggi. Itulah mengapa semakin banyak sampah plastik yang terbuang dan mencemari lingkungan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahunnya. Parahnya, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik di antaranya dibuang ke laut. 

Pun begitu, masih ada saja pencemaran yang terjadi akibat sampah. Banyak kelompok masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Kebiasaan buruk ini tentu akan berakibat fatal. Tak hanya mencemari lingkungan, sampah juga bisa membahayakan kesehatan.

Jika diamati, sebetulnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah plastik ini. Cara yang paling mudah adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. 

Dengan memisahkan jenisnya, sampah-sampah tersebut sebetulnya masih bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya dengan cara mendaur ulang sampah menjadi bahan-bahan yang berguna bagi manusia. 

Dari contoh sederhana ini, kamu tentu bisa membedakan laporan hasil observasi dengan teks biasa kan? Perbedaannya terletak dari ciri-ciri atau sifat teks laporan hasil observasi sebagai berikut:

Faktual 

Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan fakta atau berdasarkan keadaan sesungguhnya artinya apa yang dilihat atau diamati sesuai dengan yang ada dalam laporan observasi tersebut

Objektif 

Laporan hasil observasi harus berdasarkan pengamatan objek tidak menunjukan pandangan pribadi dari penyusun laporan dan tidak adanya tanda-tanda keberpihakan pada sesuatu hal.

Umum

Topik teks observasi bersifat umum, dimana isi dari laporan adalah sesuatu yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.

Spesifik

Hasil pengamatan berfokus pada satu masalah atau pembahasan tanpa adanya tambahan pembahasan yang tidak berkaitan dengan pokok pembahasan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Agar laporan observasi mudah dibaca dan dimengerti, maka pembahasannya harus disusun dengan struktur berikut:

Definisi Umum

Dibagian ini, pembahasan harus memiliki gambaran umum yang membuat informasi tentang objek observasi, waktu observasi, asal usul, lokasi observasi dan informasi umum lainnya.

Misalnya dari contoh laporan hasil observasi di atas, definisi umum terletak pada informasi tentang sampah plastik menimbulkan masalah lingkungan. Penggunaan bahan plastik pada kehidupan manusia menyumbang sampah plastik.

Deskripsi Bagian Atau Isi

Berisi inti dari hasil observasi yang dilakukan, dapat berupa klasifikasi yang bersifat teknis dan deskripsi yang menjelaskan masalah secara lebih spesifik. Misalnya, jika kamu melakukan observasi tentang pencemaran sampah plastik, kamu bisa menunjukkan data yang lebih spesifik.

Kamu bisa menggambarkan tampilan plastik yang mencemari lingkungan, zat-zat yang terurai, seperti apa tingkat pencemarannya, siap yang terdampak, jenis yang paling banyak ditemukan, bahkan menunjukkan produsen pembuat plastik yang menimbulkan masalah pencemaran lingkungan.

Deskripsi Manfaat

Bagian ini juga berfungsi sebagai penutup laporan. Penulis bisa menjelaskan tentang manfaat dari laporan yang dikerjakan, misalnya sebagai masukan kepada pemerintah atau dinas terkait agar segera mengatasi masalah yang terjadi. Atau bagaimana cara pemanfaatan sampah agar menjadi benda yang berguna bagi manusia.

Pada materi hasil observasi kelas 10, dijelaskan struktur teks laporan hasil observasi berupa definisi umum, isi dan bagian manfaat laporan.

Dari semua uraian di atas teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainya. Ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah:

  • Berisi pembahasan berupa ilmu tentang satu objek.
  • Membahas objek yang bersifat umum.
  • Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.
  • Membahas objek secara sistematis dan terstruktur yang merinci setiap bagian dengan objektif.

Nah, itulah penjelasan mengenai materi laporan hasil observasi kelas 10 yang bisa kamu jadikan referensi. Gimana? kamu sudah punya objek yang akan diobservasi?

Buat kamu yang ingin belajar materi pelajaran SMA secara mudah dan menyenangkan, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify. Dengan penjelasan yang tidak membosankan, Pahamify juga bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin mempersiapkan UTBK 2021 lho. Yuk download Pahamify sekarang! 

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog