Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di jurusan yang tepat? Sebagai orangtua, Bapak dan Ibu tentu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Termasuk untuk urusan masa depan anak, mungkin sudah banyak cara yang Bapak dan Ibu lakukan demi menentukan jurusan sesuai minat mereka. 

Tak bisa dipungkiri, salah menentukan jurusan tentu akan berdampak pada masa depan si anak. Saat ini tak sulit menemukan cara mudah mengetahui bakat anak untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai minatnya. Apa saja itu, mari kita bahas lebih lanjut melalui artikel ini.

Menentukan jurusan sesuai minat anak sekilas terdengar mudah, namun pada faktanya, banyak para orangtua yang justru memaksakan jurusan kuliah sesuai dengan keinginan mereka, tanpa mempertimbangkan minat dan bakat yang dimiliki sang anak. Kondisi ini seringkali membuat sang anak tertekan dan merasa terpaksa ketika kuliah di jurusan yang tidak diinginkannya.

Minat dan kemampuan yang dimiliki anak  sebetulnya bisa Bapak dan Ibu rasakan sejak dini. Jika dibina secara tepat, minat dan bakat anak justru akan menjadi bekal mereka di masa mendatang, termasuk dalam urusan menentukan jurusan kuliah. Faktanya, mengikuti test minat bakat jurusan kuliah saja tidak cukup efektif untuk menemukan potensi terpendam yang dimiliki sang anak.

Nah, sebelum lebih jauh, mari kita bahas mengenai apa itu minat dan bakat? Kenapa minat dan bakat yang diasah dengan baik dapat mempengaruhi prestasi anak?

Bakat bisa diartikan sebagai keahlian alami yang dimiliki setiap orang, bakat juga sering disebut sebagai talenta. Sedangkan minat berarti ketertarikan dan keinginan seseorang untuk memiliki atau mempelajari sesuatu yang disukai. 

Menentukan jurusan sesuai minat memang tidak lah semudah yang difikirkan.

Contoh Minat dan Bakat Anak

Banyak contoh yang bisa ditemui tentang kisah sukses seseorang yang mampu mengasah minat dan bakatnya. Contoh minat dan bakat anak yang paling mudah dijelaskan antara lain, kecintaan mereka terhadap bidang seni, berhitung, menulis, olahraga, memasak dan masih banyak lagi.

Pahami dan  Tren Pekerjaan di Masa Depan, 5 Profesi Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Bahkan, kepiawaian anak bergaul dan mengemukakan pendapat dengan cara bertutur yang baik pun bisa dikategorikan sebagai bakat. Ini lah mengapa para orangtua sebaiknya mampu mengamati segala perkembangan yang ditunjukkan sang anak.

Setiap anak memiliki bakatnya masing-masing, tugas Bapak dan Ibu adalah untuk menemukannya dan mengarahkan bakat tersebut menjadi sesuatu yang berguna.

Jika sang anak diberikan keleluasaan untuk menjalankan hal yang dia sukai, mereka tentu akan jauh bersemangat dan antusias terhadap bidang tersebut. Termasuk dalam menentukan bidang pelajaran atau jurusan kuliah yang mereka senangi. Dengan menyenangi sesuatu yang mereka pelajari, maka potensi untuk berprestasi akan lebih terbuka lebar.

Mengetahui Minat dan Bakat Anak Untuk Memilih Jurusan Kuliah

Sebelum Bapak dan Ibu mengikutkan mereka test minat bakat jurusan kuliah, ada cara yang lebih sederhana untuk mengetahui minat dan bakat anak, antara lain:

Perhatikan Kebiasaannya

Tak semua orangtua memiliki kesempatan untuk dapat memperhatikan setiap tumbuh kembang anak. Maka bagi Bapak dan Ibu yang memiliki banyak waktu bersama anak, ada baiknya untuk memperhatikan setiap kebiasaan yang mereka lakukan sedari kecil.

Kebiasaan juga termasuk hobi yang mereka senangi. Dengan mengetahui hobi sang anak, Bapak dan Ibu bisa mengambil langkah untuk menyalurkan hobi tersebut menjadi sesuatu yagn berguna. 

Misalnya, sang anak gemar menggambar, maka arahkan mereka untuk mengambil jurusan yang berhubungan dengan seni visual, seperti seni rupa, desain grafis atau arsitektur. Karena tak menutup kemungkinan jika di masa mendatang, mereka justru dapat menjadi pelukis ternama, graphic designer profesional atau arsitek terkenal kan.

Perkenalkan Dengan Banyak Pilihan

Jangan pernah batasi anak untuk memilih bidang yang mereka sukai. Jika memungkinkan berikan mereka banyak pilihan sesuai bidang yang mereka gemari. Dengan memberikan banyak pilihan, anak akan menjadi lebih selektif dalam menentukan yang benar-benar mereka butuhkan.

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Termasuk dalam memilih jurusan dan kampus terbaik. Dengan memberikan mereka banyak pilihan, mereka tentu akan terlatih untuk mengasah kemampuan menganalisa, riset dan mengamati setiap pilihan yang diberikan. Hanya yang terbaik dan sesuai kebutuhan lah yang akan benar-benar mereka pilih.

Konsultasikan Dengan Yang Ahli

Bapak dan Ibu mungkin akan mengikutkan sang anak test untuk memilih jurusan kuliah. Namun, sebelum mengikuti serangkaian tes, ada baiknya jika Bapak dan Ibu mengkonsultasikannya kepada seseorang yang ahli.

Ahli di sini bisa diartikan sebagai pakar, tokoh pendidikan atau psikolog yang dapat memahami minat dan bakat anak. Dengan mengukur kemampuan anak melalui metode ilmiah, psikolog pendidikan dapat memberikan rekomendasi terbaik untuk menentukan jurusan sesuai minat dan bakat sang anak.

Cara ini tentu lebih tepat dibandingkan menduga-duga mengenai jurusan terbaik untuk sang anak. Karena bisa jadi apa yang Bapak dan Ibu juga sang anak sangka terbaik, belum tentu tepat jika diukur melalui metode ilmiah yang dilakukan oleh psikolog pendidikan.

Untuk menentukan jurusan sesuai minat, para orangtua sebaiknya memahami bakat apa yang dimiliki oleh sang anak.

Solusi Menentukan Jurusan Sesuai Minat dan Bakat Anak

Nah, itu lah sedikit tips sederhana yang bisa Bapak dan Ibu terapkan dalam menentukan jurusan sesuai minat dan bakat anak. Bagi Bapak dan Ibu yang ingin mendapatkan solusi terbaik tentang pendidikan anak, Bapak dan Ibu bisa mempersiapkannya dengan mengikutkan sang anak pada metode belajar online terbaik.

Sebagai aplikasi belajar online yang berfokus pada kualitas pendidikan, Pahamify juga menyediakan fitur konseling dan ekstrakurikuler yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah minat dan bakat sang anak. Pahamify siap memberikan solusi belajar online terbaik yang sesuai dengan kebutuhan para pelajar di Indonesia. Temukan beragam paket dan promo Pahamify sekarang!

Pahami dan  Study Hacks Bersama Pahamify

Penulis : Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog