Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk untuk urusan pendidikan, Bapak dan Ibu tentu ingin mereka mendapatkan pendidikan yang terbaik kan? Itulah mengapa Bapak dan Ibu memikirkan rencana pendidikan anak. Karena tujuan perencanaan pendidikan sudah harus dilakukan sejak dini, demi masa depan anak yang lebih baik.

Meski tidak mudah, Bapak dan Ibu tentu rela menyisihkan banyak waktu, tenaga dan biaya demi mewujudkan tujuan perencanaan pendidikan anak. Misalnya dengan membuka tabungan pendidikan anak atau dengan menyusun konsep perencanaan pendidikan sejak dini. 

Menyusun Rencana Pendidikan Yang Efektif

Tujuan perencanaan pendidikan yang matang berpengaruh pada kesiapan anak di masa depan.

Sebelum lebih jauh, ada beberapa hal yang harus Bapak dan Ibu ketahui dalam hal merancang tujuan perencanaan pendidikan anak. Berikut adalah ulasan mengenai cara menyusun rencana pendidikan yang tepat dan efektif, antara lain:

Menentukan Instansi Pendidikan

Orangtua mana yang tidak ingin melihat anak bersekolah atau berkuliah di kampus favorit? Maka dari itu, Bapak dan Ibu harus membuat daftar instansi berupa sekolah atau kampus dalam rencana pendidikan anak.

Prinsip perencanaan pendidikan sejatinya untuk memberikan akses pendidikan terbaik bagi anak, maka tidak ada salahnya untuk menentukan instansi pendidikan yang bakal mereka tempuh sejak awal.

Namun, Bapak dan Ibu juga tetap memberikan kebebasan bagi mereka untuk memilih ya. Jangan terlalu fanatik terhadap suatu lembaga pendidikan. Karena pendidikan yang berhasil tentu berasal dari minat dan bakat sang anak. 

Menyusun Anggaran Pendidikan

Tak bisa dipungkiri jika biaya pendidikan menjadi unsur penting dalam tujuan perencanaan pendidikan.  Setidaknya saat menentukan anggaran pendidikan, Bapak dan Ibu bisa membuat estimasi awal mengenai berapa besaran biaya akan dikeluarkan.

Dari estimasi tersebut, Bapak dan Ibu lebih mudah untuk memperkirakan pengeluaran pendidikan hingga menentukan sumber pendanaannya. Jangan lupa untuk memperkirakan kemungkinan inflasi atau perubahan biaya pendidikan di masa yang akan datang.

Pahami dan  Ini Dia 5 Politeknik Terbaik di Indonesia Beserta Jurusannya Yang Bisa Kamu Pilih

Menyiapkan Dana Pendidikan

Setelah menentukan anggaran, dan mendapat gambarannya, Bapak dan Ibu tentu harus menyiapkan dana pendidikan. Dana pendidikan adalah seluruh pengeluaran atau sumber daya (input) baik berupa barang maupun berupa uang yang ditujukan untuk menunjang pencapain keberhasilan pendidikan anak. 

Banyak cara yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan. Salah satu yang paling efektif adalah dengan membuka tabungan pendidikan anak. Dengan cara ini, Bapak dan Ibu lebih mudah untuk mengalokasikan biaya pendidikan jangka pendek maupun jangka panjang. 

Selain dalam bentuk uang, Bapak dan Ibu juga bisa berinvestasi dalam bentuk tabungan emas, mengikuti program asuransi pendidikan, maupun mendaftar reksadana yang suatu saat bisa diambil sesuai kebutuhan. 

Mengawasi Rencana Pendidikan

Jika semua rencana pendidikan sudah dilalui, ada baiknya jika Bapak dan Ibu membuat sistem pengelolaan dana pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengawasi agar rencana pendidikan yang sudah disepakati sejak awal terlaksana sesuai harapan. Jangan sampai dana pendidikan yang sudah diinvestasikan digunakan untuk keperluan lain di luar tujuan perencanaan pendidikan.

Menyiapkan Skill Akademis Anak

Menyiapkan skill akademis menjadi faktor penunjang dalam tujuan perencanaan pendidikan anak.

Last but not least, menentukan tujuan rencana pendidikan anak tak melulu soal uang dan pendanaan. Jangan lupa, anak juga perlu mendapatkan metode pembelajaran yang baik untuk mengasah skill akademis nya.

Jangan sampai, konsep perencanaan pendidikan yang Bapak dan Ibu tetapkan tidak bisa terlaksana hanya karena skill akademik yang kurang mumpuni. Ada banyak cara yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk meningkatkan skill akademik anak, salah satunya dengan memperkenalkan mereka kepada metode pembelajaran yang efektif.

Kemajuan teknologi sekarang membuat belajar tidak lagi membosankan. Bapak dan Ibu tak perlu repot mengikutkan anak ke berbagai bimbingan belajar hanya untuk meningkatkan prestasinya. Saat ini, mereka bisa mengikuti sistem belajar online yang efektif dan mudah dipahami.

Pahami dan  Sejarah Hari Guru Nasional: Kapan Hari Guru di Indonesia Diperingati Pertama Kali?

Salah satu aplikasi belajar online terbaik yang bisa Bapak dan Ibu pilih adalah Pahamify. Didukung dengan pengajar profesional dan sistem pembelajaran online yang menyenangkan, Pahamify menyediakan berbagai fitur yang bisa menunjang skill akademik anak.

Tak hanya itu, Pahamify juga selalu menyediakan paket promo yang membuat belajar online menjadi lebih ekonomis. Bapak dan Ibu bisa melihat promo Pahamify di sini.

Penulis : Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog