Pahamifren, adakah di antara kamu yang jadi enggak semangat belajar karena cara guru mengajar di sekolah enggak seru dan membosankan? Biasanya kamu menilai guru tersebut enggak seru karena alasan yang bermacam-macam. Bisa jadi, karena gurunya suka marah-marah dan tidak bisa diajak berdiskusi, atau karena penjelasan materinya cuma dari membaca buku pelajaran. Akhirnya, kamu merasa guru tersebut enggak bisa mengajar dan enggak inspiring deh.

Kalau hanya gara-gara gurunya enggak asyik terus kamu jadi malas belajar dan tidak suka pelajarannya, sebenarnya kamu yang rugi sendiri lho, Pahamifren. Kamu jadi enggak bisa menguasai mata pelajaran tersebut secara optimal. Lantas, bagaimana menyikapi situasi ini secara tepat agar proses pembelajaran kamu tetap berjalan efektif?

Yang Harus Dilakukan Kalau Cara Guru Mengajar Tidak Seru

Nah, untuk membantumu, Mipi bakal membahas cara tepat yang harus kamu lakukan dalam menyikapi cara guru mengajar yang tidak seru, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, pada tanggal 23 Februari 2020.

Menurut Kak Fikri, ada tiga hal yang perlu kamu pertimbangkan. Pertama, menempatkan posisi sebagai guru tersebut. Kedua, mengidentifikasi cara guru mengajar yang ideal seperti apa. Ketiga, mencari cara belajar yang efektif versi kamu sendiri. Mari kita bahas satu per satu tiap aspeknya.

Menempatkan Posisi sebagai Guru Tersebut

Cara guru mengajar yang enggak seru kadang membuat kita tanpa sadar tidak menyukai mereka. Alasannya, karena hal itu memengaruhi proses pembelajaran di kelas. Kalau sudah tidak suka, biasanya kamu pun menjadi tidak nyaman selama proses pembelajaran berlangsung. Inginnya jam pelajarannya cepat-cepat selesai.

Bukannya fokus dengan materi, yang ada kamu hanya sibuk menghitung waktu pelajaran yang tersisa. Kalau seperti ini, tentunya cara belajar kamu tidak akan berjalan efektif. Untuk mengatasi rasa tidak suka itu, cobalah menempatkan posisi sebagai guru tersebut. Kata Kak Fikri, apabila kamu tidak suka sama orang, bayangkan kalau kamu menjadi orang itu.

Mungkin guru kamu sedang ada masalah dan kondisi tertentu yang kamu tidak tahu. Apalagi, banyak guru yang masih banyak berkorban dengan segala keterbatasan pendidikan yang ada di Indonesia ini, lho.

Saat kamu menempatkan posisi sebagai guru, kamu bisa lebih berempati dan dapat berasumsi apa yang sekiranya membuat cara mengajar guru tersebut tidak mengasyikkan. Dengan begitu, kamu bisa menghargai cara mengajar guru dengan segala keterbatasannya itu, hingga akhirnya kamu pun dapat menerima materi pelajaran secara optimal dari guru tersebut.

menyikapi cara guru mengajar yang tidak seru ala Kak Fikri, CEO Pahamify. Kira-kira, seperti apa ya?

Mengidentifikasi Cara Guru Mengajar Ideal

Ketika kamu menyimpulkan kalau guru di sekolahmu mengajarnya tidak seru, tentunya kamu sudah punya kriteria guru ideal versi kamu dong. Nah, kamu bisa mengidentifikasi cara guru mengajar ideal seperti apa. Kemudian, temukan guru di sekolah atau di luar sekolah yang mendekati kriteria tersebut. Kamu bisa mencari inspirasi dan mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dari mereka.

Di zaman modern ini, kamu bisa memilih guru idaman sesuai kriteriamu secara mudah. Sebagai gambaran, Mipi bakal memberikan kriteria guru idaman di Pahamify, yang kita sebut Rockstar Teacher. Berikut beberapa kriterianya:

Menguasai materi

Tugas utama seorang guru yaitu mengajarkan materi kepada siswanya sampai siswa tersebut paham. Kalau guru tidak memiliki penguasaan materi yang baik, materi yang diterima siswa pun tidak optimal. Selain itu, guru juga akan kesulitan membuat maupun menjawab latihan soal.

Mengetahui cara menjelaskan materi dengan baik

Supaya siswa cepat paham dengan materi pelajaran, guru harus tahu cara menjelaskan materi dengan baik. Bisa menggunakan metode belajar interaktif, mind mapping, video animasi, pemanfaatan teknologi, dan sebagainya. Kuncinya, cara menjelaskan materinya mampu membuat siswa tetap fokus belajar dan tidak mudah bosan.

Inspiring

Tidak hanya menyampaikan bahan ajar, satu di antara kriteria guru ideal Pahamify yaitu mampu memotivasi dan menginspirasi siswa untuk tetap belajar. Bisa dengan memberikan tips belajar, kalimat motivasi, atau memberikan cerita-cerita yang menginspirasi siswa.

Peduli

Kamu pastinya ingin guru yang tidak cuma menerangkan materi, tapi juga bisa peduli denganmu kan? Guru yang peduli dengan kita biasanya bisa lebih mudah diajak berdiskusi, sering memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu, sekaligus bisa menjadi teman berkonsultasi.

Kalau di Pahamify sendiri ada yang namanya fitur Konseling. Ketika kamu punya masalah pribadi dan enggak tahu harus bicara ke siapa, kamu bisa pakai fitur ini untuk konseling online bersama Psikolog Pahamify yang profesional. Jadi, kamu bisa punya solusi tepat dalam mengatasi masalah kamu.

Mencari Cara Belajar yang Efektif

Aspek terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menyikapi cara guru mengajar tidak seru yaitu dengan mencari cara belajar yang efektif versi kamu sendiri. Jangan hanya mengandalkan materi dan guru di sekolah. Di era teknologi seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan Google untuk belajar secara mandiri. Bisa dengan menonton video Youtube atau berlangganan aplikasi belajar online seperti Pahamify. Kuncinya, kamu harus bisa memutar otak untuk mencari solusi agar proses belajar kamu tetap efektif.

cara belajar seru dan menyenangkan yang bikin paham di aplikasi belajar online Pahamify

Kalau di Pahamify, kamu bisa belajar efektif bersama Rockstar Teacher Pahamify. Video pembelajaran yang menggabungkan konsep gamifikasi dan desain kreatif bisa membuat materi pelajaran lebih mudah tersampaikan dengan seru oleh Rockstar Teacher.

Nah, itu dia cara-cara untuk menyikapi situasi di mana cara guru mengajar tidak seru sehingga kamu malas belajar. Mudah-mudahan, ulasan kali ini bisa membantumu menemukan cara belajar yang efektif sesuai diri kamu, ya.

Biar kamu bisa menerapkan cara belajar efektif secara maksimal, jangan lupa gunakan aplikasi belajar online Pahamify. Semua fitur yang ada di aplikasi Pahamify dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Dilengkapi dengan konsep gamifikasi, proses belajar di Pahamify dijamin seru dan enggak membosankan.

Khusus buat kamu yang ngambis masuk PTN favorit lewat jalur UTBK SBMPTN 2021, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba sebagai persiapan untuk #TaklukkanUTBK.

Buruan download aplikasi Pahamify di link ini sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version