Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Teks Prosedur – Setiap kali kamu mau menggunakan sebuah produk, pasti kamu baca dulu penjelasan cara dan langkah-langkah penggunaan produk tersebut, kan, temen-temen? Misalnya, pas kamu lagi mau pake produk perawatan wajah atau pas kamu lagi mau masak makanan instan, pasti kamu baca teks yang biasanya tertera di belakang produk tersebut buat tau cara dan langkah menggunakan produk perawatan wajah atau memasak makanan instan itu, kan?

Jadi, teks yang kamu baca itu namanya teks prosedur, temen-temen. Teks prosedur merupakan teks yang digunakan sebagai petunjuk ngelakuin sesuatu, ngegunain langkah-langkah yang berurutan, supaya kamu bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Dari pengertiannya aja udah keliatan, kan, fungsi dan tujuan adanya teks tersebut dalam sebuah produk? Tujuannya, ya, biar kita bisa tau dan mudah ngelakuin atau nyelesein sesuatu sesuai dengan langkah-langkah yang mesti kita lakuin. Supaya kita gak salah dan hasil yang kita dapatkan itu maksimal gitu, lo, temen-temen.

Nah, biar kamu lebih paham, kamu baca artikel ini dengan saksama, ya.

Ciri Teks Prosedur

Secara umum, teks prosedur memiliki beberapa ciri, temen-temen. Pertama, selalu bersifat informatif, berisi informasi yang jelas mengenai apa yang harus kita lakukan agar sesuai prosedur yang berlaku. Kedua, selalu berisi tahapan atau langkah-langkah berkelanjutan, beserta penjelasan yang harus kita ikuti secara bertahap. Ketiga, bahasa yang digunakan selalu rinci, detail, dan teliti. Ini dilakukan agar kita tidak melakukan kesalahan dalam melaksanakan atau mengerjakan kegiatan yang harus kita lakukan. Keempat, bersifat objektif. Artinya arahan dalam teks prosedur ini sudah melewati proses pengujian dan verifikasi sehingga tidak dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi. Selanjutnya, kelima, bersifat akurat dan faktual, tepat dan berdasarkan kenyataan. Terakhir, keenam, memiliki penjelasan yang logis atau masuk akal, sehingga pembacanya dapat meyakini kebenaran dari teks prosedur tersebut.

Selain ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, teks prosedur juga memiliki beberapa aspek kebahasaan tertentu. Tapi, kita bahas itu nanti, ya, temen-temen. Selanjutnya kita akan bahas strukturnya dulu.

Struktur Teks Prosedur

Seperti yang dapat kamu lihat pada bagan di atas, teks prosedur memiliki tiga bagian, yaitu penjelasan mengenai tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Pada bagian tujuan, biasanya ditulis deskripsi, fungsi, dan tujuan mengenai apa yang harus dan akan kamu lakukan serta apa yang akan dihasilkan. Sederhananya, dari bagian tujuan ini kita akan mengetahui apa yang akan kita buat dan apa yang akan kita hasilkan, temen-temen. Nah, kalau pada bagian langkah-langkah, udah pasti isinya adalah tahapan yang harus kamu lakukan dalam membuat atau melakukan sesuatu dari awal sampai akhir secara berurutan. Kalau pada bagian penegasan ulang atau penutup, isinya adalah simpulan atau pengulangan pernyataan dari prosedur atau langkah-langkah yang udah kamu lakukan sebelumnya.

Aspek Kebahasaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teks prosedur memiliki aspek kebahasaan tertentu. Beberapa aspek kebahasaan yang sering digunakan dalam teks prosedur adalah sebagai berikut:

1. Kata kerja perintah atau kata imperatif

Teks prosedur biasanya banyak menggunakan kata imperatif, yang mengandung makna meminta atau memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu dan biasanya menggunakan akhiran –kan, -I, dan –lah. Beberapa contoh kata imperatif yang sering muncul adalah rebuslah, angkatlah, tiriskan, pastikan, hindari, jadilah, balikkan, dan lain sebagainya.

2. Kata kerja aktif

Kata kerja aktif digunakan dalam teks prosedur karena kata ini memberikan suatu tindakan pada objeknya. Contohnya adalah kata menyiram, membungkus, melempar, membuang, dan lain sebagainya.

3. Konjungsi atau kata penghubung

Teks prosedur juga menggunakan konjungsi untuk memberikan urutan atau langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam proses yang kita kerjakan. Contohnya adalah kata selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.

4. Kata keterangan

Kata ini digunakan dalam teks prosedur untuk memberitahu kita rincian waktu, tempat, dan cara yang akurat, temen-temen. Misalnya, pada teks prosedur memasak mie instan, kita akan diberitahu bagaimana caranya dan di mana mencampurkan bumbu mie dan mie yang sudah matang.

Contoh Teks Prosedur

Cara Mencuci Tangan yang Benar Untuk Cegah Virus Corona

Dalam kondisi pandemik virus Korona, WHO menyarankan perlindungan dasar berupa mencuci tangan sesering mungkin. Langkah ini diutamakan oleh WHO karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dapat membunuh virus yang ada di tangan kita. Berikut adalah tata cara mencuci tangan yang benar, yang direkomendasikan oleh WHO:
1. Basahi tangan dengan air.
2. Tuang sabun pada telapak tangan secukupnya, untuk menutup seluruh permukaan tangan.
3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
4. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari.
5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
8. Gosok tangan yang bersabun dengan air yang mengalir.
9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau tisu.

Sekarang kamu udah paham, kan, apa itu teks prosedur? Kamu juga pasti udah bisa, dong, menyusunnya sendiri? Kalau kamu masih penasaran, kamu bisa belajar lebih lengkap dan seru mengenai teks prosedur di video pembelajaran yang ada di aplikasi Pahamify.

Sejak 16 Maret 2020, Pahamify telah mengadakan program Kelas Online dimana kamu yang sekarang SMA bisa belajar di rumah masing-masing bersama melalui fasilitas live streaming di aplikasi Pahamify setiap hari pukul 14.00-16.00. Kelas Online ini berfokus pada pemahaman konsep untuk kelas X dan XI, serta pembahasan soal-soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) bersama Rock Star Teacher Pahamify.

Tidak hanya itu, mulai tanggal 31 Maret 2020, Kita akan membuka akses gratis hingga 31 Mei 2020 untuk semua pengguna aplikasi Pahamify. Dengan ini, kamu bisa mengakses beragam konten belajar seperti ribuan video animasi, flash cards, ribuan latihan soal, dan rangkuman materi SMA dari kelas X hingga XII. Selain itu, kamu yang udah kelas XII juga bisa mengakses informasi seputar kuliah, baik itu informasi mengenai universitas, hingga tips untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk universitas.

Jadi, gak usah berlama-lama lagi. Buruan unduh aplikasinya!

Unduh di ios

Unduh di android

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog