pfy-burger-btn Menu

Pahami Kampus

Jangan Sampai Keliru, Inilah Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Passing Grade SBMPTN

Cara menghitung passing grade SBMPTN yang perlu kamu tahu.

Pahamifren, siapa di antara kamu penasaran pada passing grade SBMPTN? Mejelang UTBK SBMPTN 2021, passing grade memang sering menjadi topik pembahasan bagi pejuang PTN. Apalagi, masing-masing PTN dan jurusan memiliki ketentuan yang berbeda tentang hal ini.

Jadi, wajar sih kalau kamu mulai mencari tahu passing grade SBMPTN pada jurusan incaranmu. Setelah mengetahui skor passing grade suatu jurusan, kamu tentu mulai menentukan target nilai UTBK dan mempertimbangkan jurusan yang kamu incar kan?

Yup! Passing grade memang digunakan untuk menentukan target dan mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah. Tujuannya, agar peluang lolos SBMPTN lebih maksimal. Namun, apakah kamu tahu maksud dari passing grade itu sendiri? Bagaimana cara menghitung passing grade? 

Biar lebih paham, kali ini Mipi akan mengajak kamu membahas beberapa hal tentang passing grade. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren!

Bagaimana sih cara menghitung passing grade SBMPTN?

Pengertian Passing Grade SBMPTN

Passing grade digunakan sebagai persentase nilai, biasanya menjadi acuan PTN meloloskan calon mahasiswa baru yang mendaftar pada suatu program studi. Enggak cuma itu, arti passing grade dalam SBMPTN juga sebagai persentase batas atau nilai minimum UTBK yang wajib didapatkan peserta agar lolos di jurusan dan PTN pilihannya.

Secara umum, persentase nilai dalam passing grade akan berubah-ubah setiap tahunnya. Bisa mengalami kenaikan atau penurunan. Hal itu tergantung pada skor UTBK peserta pada tahun tersebut dalam tiap program studinya. Passing grade inilah yang umum dipakai sebagai tolak ukur lolos SBMPTN. Tapi perlu diingat, passing grade bukan menjadi tolak ukur pasti, ya.

Cara Menghitung Passing Grade

Cara menghitung passing grade biasanya dilakukan untuk mengetahui persentase nilai UTBK yang kamu peroleh. Persentase nilai itu bisa kamu jadikan referensi tentang seberapa besar peluang lolos di jurusan pilihan. 

Jadi, cara ini bisa juga diartikan sebagai cara menghitung nilai UTBK menjadi persen. Perhitungannya menggunakan soal UTBK SBMPTN yang telah kamu kerjakan. Tapi ingat, hasil angka passing grade tidak 100% akurat dan valid, ya. Jadi, anggap hasil perhitungan ini hanya sebuah prediksi.

Buat kamu yang penasaran, berikut cara menghitung passing grade melalui pengerjaan soal:

Rumus Passing Grade = (B x 4 – S x 1) x 100% / JS x 4

Keterangan:

B = Jumlah soal benar

S = Jumlah soal salah

JS = Jumlah soal keseluruhan

Contohnya:

Kamu mengerjakan 120 soal SBMPTN secara keseluruhan. Dalam Tes Potensi Skolastik (TPS), kamu menjawab 25 soal benar, 15 soal salah, dan tidak diisi 20 soal. Pada soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, kamu menjawab 40 soal benar, 10 soal salah, dan tidak diisi 10 soal.

Lalu, berapa passing grade yang kamu peroleh?

Jawab:

B = 25 + 40 = 65

S = 15 + 10 = 35

JS = 120

Soal yang tidak diisi = tidak memiliki nilai

PG = (65 x 4 – 25 x 1) x 100% / 120 x 4

PG = (260 – 25) x 100% / 480

PG = 23.500% / 480

PG = 48.955%

Jadi, passing grade yang kamu peroleh sekitar 48%. Apabila jurusan impianmu memiliki passing grade sekitar 48% juga di tahun sebelumnya, berarti kamu masih berpeluang lolos di jurusan itu. Namun, sebaiknya kamu menentukan target skor UTBK yang lebih tinggi daripada passing grade jurusan agar peluang diterima semakin besar.

Kamu bisa mulai menghitung passing grade SBMPTN pada PTN yang kamu tuju. Cara ini bisa memperjelas peluang lolos UTBK SBMPTN 2021.

Mitos-Mitos Passing Grade SBMPTN

Selain pengertian dan cara menghitung passing grade, kamu juga perlu mengetahui mitos-mitos yang sering beredar tentang passing grade. Apa saja ya mitos-mitosnya? Mari kita bongkar satu per satu.

Passing Grade Penentu Utama Lolos SBMPTN

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, passing grade SBMPTN tidak bisa tolak ukur utama lolos SBMPTN, ya. Sayangnya, masih banyak kabar burung mengatakan bahwa passing grade adalah penentu utama lolos SBMPTN.

Passing grade sifatnya hanya prediksi, Pahamifren. Jadi, nilai persentase passing grade ukurannya tidak tetap atau bisa berubah-ubah sehingga tidak bisa menjadi penentu utama lolos SBMPTN.

Kalau mau memaksimalkan peluang lolos SBMPTN, kamu sebaiknya mengandalkan persiapan UTBK yang matang supaya bisa memperoleh nilai UTBK setinggi mungkin. Jangan sekadar berpatokan pada passing grade saja, ya.

Passing Grade Dikeluarkan secara Resmi

Adakah di antara kalian yang mengira kalau passing grade SBMPTN dikeluarkan secara resmi oleh PTN maupun LTMPT? Kalau ada, segera ubah mindset tersebut, ya.

Faktanya, sampai saat ini belum ada PTN yang mengeluarkan angka passing grade secara resmi. Jadi, informasi passing grade yang selama ini kamu dapat bukanlah data resmi, tapi hanya sebuah prediksi saja. Meski demikian, prediksi tersebut biasanya tidak terlalu jauh dari persentase sebenarnya, Pahamifren.

Jurusan Passing Grade Rendah Kualitasnya Jelek

Mitos ini sudah salah kaprah ya, Pahamifren. Bagus atau tidaknya jurusan dan PTN bukan ditentukan dari passing grade, melainkan dari akreditasi jurusan dan universitas yang dikeluarkan secara resmi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jadi, kalau mau mencari jurusan dan PTN yang bagus secara kualitas, kamu bisa mengecek akreditasinya terlebih dahulu di situs resmi BAN-PT.

Intinya, passing grade SBMPTN hanya berfungsi sebagai acuan untuk mengetahui usaha yang harus ditempuh supaya peluang lolos SBMPTN semakin maksimal. Bukan sebagai penilaian kualitas jurusan maupun PTN.

Mudah Menembus Jurusan Passing Grade Rendah

Wah, passing grade jurusan A rendah nih, berarti bisa ditembus dengan mudah dong. Siapa nih yang punya anggapan seperti itu? Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah kok.

Biasanya, program-program studi favorit memang memiliki passing grade yang tinggi sehingga sulit ditembus. Sedangkan, program studi nonfavorit seringkali memiliki passing grade di kisaran tengah, atau bahkan rendah.

Namun, hal itu bukan berarti memilih program studi nonfavorit yang memiliki passing grade rendah bisa membuatmu mudah lolos, ya. Balik lagi, passing grade hanya prediksi. Masuk atau tidaknya kamu di jurusan impian juga bergantung dari daya tampung dan jumlah pendaftar.

Kalau daya tampung sedikit dan jumlah pendaftar banyak, keketatan persaingannya akan semakin tinggi sehingga semakin susah juga menembus jurusan tersebut. Maka dari itu, jangan langsung terlena saat memilih jurusan dengan passing grade rendah karena kamu belum tentu langsung diterima.

Mengetahui passing grade SBMPTN pada jurusan yang kamu incar, dapat menjadi cara untuk mengetahui peluang lolos UTBK SBMPTN 2021.

Lebih baik, selalu lakukan persiapan UTBK SBMPTN secara matang supaya bisa mendapatkan nilai UTBK tertinggi. Kalau nilai kamu tinggi, kamu enggak perlu repot-repot mempertimbangkan passing grade lagi kan?

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui seputar passing grade SBMPTN. Semoga informasi di atas bisa membuatmu semakin paham dan tidak mudah mempercayai mitos tentang passing grade, ya.

Buat kamu yang mau mempersiapkan UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal lewat Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba.

Dirancang khusus meningkatkan peluang lolos UTBK SBMPTN, Pahamify Try Out dilengkapi pembahasan materi berupa teks dan video menarik. Cek fiturnya di link Try Out Online ini.

Download aplikasi bimbel online Pahamify di link ini dan manfaatkan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik. Jangan lupa, cek promo menarik dari Pahamify di link Paket Belajar ini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Logo White Versi.02
Mobile version
Desktop version

Panduan

Ikuti Kami

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll