5 Jurusan Kuliah Terfavorit di UGM

Siapa, nih, di antara Pahamifren yang ngambis masuk ke Universitas Gadjah Mada? Kalau kamu termasuk yang ngambis pingin kuliah di UGM, kamu udah tau belum, nih, jurusan kuliah di UGM apa saja yang menjadi favorit di SBMPTN 2021? Kalau belum, kamu perlu cek info kuliah dari Mipi yang satu ini. Yuk langsung aja kita bahas 5 jurusan terfavorit di UGM pada SBMPTN 2021!

Psikologi

Peminat SBMPTN 20214.202
Daya tampung SBMPTN 202268

Fakultas Psikologi yang didirikan pada tanggal 8 Januari 1965 ini menjadi jurusan kuliah di Universitas Gadjah Mada yang paling diminati pada SBMPTN 2021 lalu, Pahamifren. Kalau kamu masuk jurusan kuliah Psikologi UGM yang sudah terakreditasi A dari BAN PT ini, kamu akan mempelajari perilaku manusia, baik yang kasat mata maupun tak kasat mata, yang menjadi manifestasi kejiwaan manusia.

Untuk meraih gelar S.Psi di jurusan kuliah Psikologi UGM, kamu harus menempuh minimal 144 SKS, yang dapat kamu selesaikan dalam waktu 4 tahun. Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan bila masuk jurusan kuliah Psikologi UGM adalah Biopsikologi, Psikologi Sosial, Teori-Teori Kepribadian, Kesehatan dan Gangguan Mental, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Komunikasi, dan lain sebagainya.

Bila setelah lulus S1 kamu ingin mendapatkan lisensi psikolog, kamu harus mengambil Magister Psikologi Profesi.

Prospek kerja lulusan jurusan kuliah Psikologi Universitas Gadjah Mada sangat luas karena banyak instansi, baik pemerintah maupun swasta, yang membutuhkan jasa Psikologi. Secara umum, lulusan jurusan kuliah Psikologi UGM dapat berkarir sebagai psikolog, konselor, peneliti, pendidik, asisten asesor, konsultan, fasilitator, asisten manajer, penyusun alat ukur, administrator tes psikologis, perancang program pelatihan, dan entrepreneur.

Hukum

Peminat SBMPTN 20213.542
Daya tampung SBMPTN 202299

Jurusan kuliah Hukum UGM menjadi jurusan kedua terfavorit pada SNMPTN lalu. Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada ini merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan oleh universitas nasional di Indonesia, loh, Pahamifren.

Kalau kamu berhasil masuk fakultas Hukum UGM, kamu harus menempuh masa studi selama 4 tahun untuk mendapatkan gelar S.H. Jurusan kuliah yang sudah terakreditasi A ini memiliki 11 departemen dengan 13 konsentrasi.

11 departemen dan 13 konsentrasi tersebut adalah Hukum Tata Negara (Konsentrasi Hukum Tata Negara), Hukum Pidana (Konsentrasi Hukum Pidana), Hukum Perdata (Konsentrasi Hukum Perdata, Konsentrasi Hukum Ketenagakerjaan, dan Konsentrasi Hukum Acara Perdata), Hukum Agraria (Konsentrasi Hukum Agraria), Hukum Dagang (Konsentrasi Hukum Dagang), Hukum Internasional (Konsentrasi Hukum Internasional), Hukum Islam (Konsentrasi Hukum Islam), Hukum Lingkungan (Konsentrasi Hukum Lingkungan), Hukum Pajak (Konsentrasi Hukum Pajak), Hukum Administrasi Negara (Konsentrasi Hukum Administrasi), dan Hukum Adat (Konsentrasi Hukum Adat).

Mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Hukum UGM pada dua tahun pertama akan berkaitan dengan dasar-dasar ilmu hukum, dasar kewarganegaraan, dan pancasila. Namun, saat kamu masuk semester 7, kamu akan dihadapkan pada pilihan konsentrasi yang turut mempengaruhi mata kuliah yang akan kamu ambil.

Misalnya, kamu mengambil departemen Hukum Tata Negara, maka beberapa mata kuliah konsentrasi yang akan kamu dapatkan adalah Hukum Perjanjian Internasional, Hukum Ekonomi Internasional, Hukum Laut Internasional, Hukum Diplomatik, dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan Hukum UGM juga sangat beragam. Kamu bisa bekerja di kedinasan, kementerian, HRD, duta besar, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Kedokteran

Peminat SBMPTN 20213.666
Daya tampung SBMPTN 202253

Bila dua jurusan terfavorit sebelumnya berasal dari rumpun Soshum, jurusan ketiga ini berasal dari rumpun Saintek. Yup! Kedokteran UGM memang selalu termasuk salah satu jurusan terfavorit di UGM, Pahamifren. Jurusan Kedokteran UGM ini juga sudah terakreditasi A dan berada di bawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM).

Setelah mendapatkan gelar S.Ked, kamu harus mengikuti program koas dan ujian sertifikasi untuk mendapatkan gelar dokter. Sekalipun kamu sudah mendapatkan gelar dokter, kamu masih belum dapat berpraktik sebagai dokter umum sebelum kamu menjalani masa internship untuk mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). Bila kamu ingin mendalami spesialisasi tertentu, maka kamu harus mengambil pendidikan spesialis untuk menjadi dokter spesialis.

Karena jurusan Kedokteran tidak menggunakan sistem SKS, melainkan Blok, bila kamu masuk jurusan ini, kamu akan mempelajari blok-blok sistem organ. Beberapa blok yang ada di jurusan Kedokteran UGM adalah Blok Prinsip Biomedik I dan II, Blok Infeksi Penyakit Tropik, Blok Mekanisme Pertahanan Tubuh, Blok Darah-Sistem Limfatik, Blok Sistem Kardiovaskular, dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan Kedokteran UGM juga sangat beragam. Kamu dapat berkarir sebagai dokter umum di berbagai klinik maupun rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta. Kalau kamu sudah memiliki SIP, kamu juga bisa membuka praktik sendiri.

Manajemen

Peminat SBMPTN 20213.050
Daya tampung SBMPTN 202239

Jurusan kuliah di Universitas Gadjah Mada selanjutnya yang menjadi favorit pada SNMPTN 2021 adalah jurusan Manajemen. Jurusan Manajemen UGM berada di bawah Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), yang selain sudah mengantongi akreditasi A, juga memiliki akreditasi internasional AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business). Akreditasi AACSB ini merupakan standar pencapaian tertinggi untuk sekolah bisnis di seluruh dunia.

Kalau kamu keterima menjadi mahasiswa jurusan Manajemen UGM, kamu akan mempelajari cara mengelola bisnis, menciptakan strategi-strategi pemasaran, mengendalikan laba perusahaan, menganalisis pasar, serta memberikan nilai tambah untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan bila kamu masuk jurusan Manajemen UGM adalah Bisnis Pengantar, Orientasi Kepemimpinan, Komunikasi dan Negosiasi Bisnis, Manajemen, Pemasaran, Perilaku Konsumen, Perencanaan Bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk dapat lulus dari jurusan Manajemen Universitas Gadjah Mada dan meraih gelar S.E, kamu harus menempuh 144 SKS. Jurusan Manajemen UGM memiliki empat konsentrasi, yaitu Keuangan, Pemasaran, Inovasi dan Operasi, serta Sumber Daya Manusia dan Manajemen Stratejik. Setelah lulus dan meraih gelar S.E, kamu dapat memilih beberapa karir seperti pengusaha, konsultan bisnis, marketing, finance, recruiter, HRD, konsultan perbankan, wirausaha, front officer bank, tenaga pengajar, konsultan manajemen, direktur eksekutif, staf operasional, dan lain sebagainya.

Farmasi

Peminat SBMPTN 20212.140
Daya tampung SBMPTN 202272

Fakultas yang merupakan perguruan tinggi farmasi tertua di Indonesia ini kembali menjadi salah satu jurusan terfavorit di SBMPTN UGM pada tahun 2021. Jurusan yang sudah terakreditasi A dari BAN PT ini juga memiliki akreditasi internasional dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Jadi, buat kamu yang ngambis masuk jurusan kuliah Farmasi, kamu jangan ragu, deh, buat milih jurusan Farmasi UGM!

Sejak tahun 2017, Fakultas Farmasi UGM menerapkan kurikulum baru dengan membagi peminatan farmasi menjadi tujuh, yaitu Farmasi Masyarakat dan Regulasi, Farmasi Kosmetik dan Makanan, Farmasi Riset dan Penemuan Obat, Farmasi Obat Tradisional, Farmasi Rumah Sakit, Farmasi Industri, serta Farmasi Manajemen Distribusi dan Pemasaran.

Jadi, selama tiga tahun pertama (semester 1-6) kamu kuliah di jurusan Farmasi UGM, kamu akan mendapatkan materi kuliah umum, baru kemudian pada semester 7 kamu akan memilih peminatan yang ingin kamu dalami.

Udah kebayang dong, ya, kalau kamu masuk jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada ini kamu bakalan ketemu banyak praktikum di laboratorium. Nah, beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Farmasi ini adalah Anatomi Fisiologi Manusia, Kimia Farmasi Dasar, Farmasetika I dan II, Kimia Medisinal, Farmakokinetika, Biologi Molekuler, dan lain sebagainya. Setelah kamu lulus dan meraih gelar S.Farm, prospek kerja yang menanti kamu begitu beragam. Kamu dapat bekerja di lembaga pemerintahan, industri kosmetik, industri obat, apotek, rumah sakit, industri makanan dan minuman, laboratorium klinik, perguruan tinggi negeri dan swasta, TNI/POLRI, ASN, dan lain sebagainya.

Itulah info kuliah dari Mipi mengenai 5 jurusan terfavorit di UGM pada SNMPTN 2021 lalu. Gimana? Apakah jurusan kuliah impian kamu termasuk dalam daftar tersebut? Bagi kamu yang ngambis masuk UGM, kamu bisa menggunakan fitur terbaik Pahamify, yaitu Pegasus. Dengan Pegasus, dijamin persiapan UTBK kamu akan terencana dengan baik. Tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi bimbel online terbaik Pahamify!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Published by
Afridho Aldana