Close

February 10, 2021

Cek Akreditasi Kampus Sebelum Daftar Kuliah, Sepenting Apa Sih? Ini 5 Alasannya

Apa sih fungsi akreditasi perguruan tinggi dan program studi?

Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang masih bingung menentukan tempat kuliah? Perlu kamu tahu, selain dari minat dan bakat, menentukan tempat kuliah juga harus mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi, lho!

Kamu bisa cek akreditasi kampus yang kamu tuju terlebih dahulu di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebelum mendaftar di kampus tersebut.

Lantas, seberapa penting cek akreditasi kampus sebelum mendaftar kuliah? Tentu saja sangat penting ya, Pahamifren. Kamu pasti mau masuk kampus dan jurusan kuliah yang memiliki standar bagus kan? Nah, akreditasi perguruan tinggi inilah yang mencerminkan mutu dari suatu kampus dan jurusan kuliah.

Mengenal Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu atau penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Akreditasi juga diartikan sebagai upaya pemerintah menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusannya tidak diragukan, serta sesuai dengan kebutuhan kerja.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2005, proses penentuan akreditasi perguruan tinggi dilakukan melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Proses akreditasi ini biasanya dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi setiap 5 tahun.

Enggak cuma tingkat perguruan tinggi saja yang wajib melakukan akreditasi. Program studi pun sangat diwajibkan melakukan proses akreditasi ini, lho. Jadi, enggak perlu heran kalau kamu menemukan status akreditasi jurusan dengan status akreditasi universitas yang berbeda.

Misalnya, Universitas Indonesia (UI) telah mengantongi akreditasi A, tetapi jurusan Geologi di UI masih terakreditasi B, sementara jurusan Teknik Sipil di UI sudah terakreditasi Unggul.

Pentingnya Cek Akreditasi Kampus sebelum Daftar Kuliah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akreditasi ini sangat penting untuk menjamin mutu suatu perguruan tinggi. Lewat pengecekan akreditasi kampus ini, Pahamifren bisa mengetahui kampus dan jurusan yang akan dituju memiliki mutu pendidikan baik atau tidak. Kalau kampus dan jurusan yang dituju sudah memiliki akreditasi oke, kamu bisa menjadi lebih yakin deh buat memilih kampus tersebut.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi sangat penting dilakukan sebelum mendaftar kuliah. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

Cerminan Lembaga Pendidikan

Akreditasi berkaitan langsung dengan proses penilaian kualitas pendidikan perguruan tinggi dan program studi. Suatu perguruan tinggi maupun program studi yang memiliki akreditasi jelas dan bagus, pasti memiliki kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Dalam artian, lewat akreditasi ini, mutu dan kualitas pendidikannya sudah dijamin oleh pemerintah.

Pernahkah kamu cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang kamu incar?

Standar Mutu Pendidikan

Alasan ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Pahamifren. Semakin tinggi tingkat akreditasi sebuah kampus dan jurusan kuliah, maka semakin berkualitas pula sistem pendidikannya.

Kalau kamu memilih kampus dan jurusan kuliah terakreditasi A atau Unggul, dijamin kamu bakal mendapatkan lingkungan belajar yang bagus dan relevan. Ketika lulus pun kamu akan memiliki kompetensi unggul sehingga lebih siap menghadapi persaingan dunia kerja.

Persyaratan Bekerja di Institusi Pemerintahan

Membahas lebih jauh mengenai dunia kerja, akreditasi juga menjadi salah satu persyaratan bekerja di institusi pemerintahan, lho! Buat kamu yang mau bekerja di institusi pemerintahan, kamu harus memilih perguruan tinggi dan program studi minimal akreditasi Sangat Baik atau terakreditasi B.

Lewat akreditasi tersebut, pihak perekrut bisa menilai kualitas pendidikan yang kamu peroleh selama kuliah. Maka dari itu, sebaiknya kamu cek akreditasi kampus terlebih dahulu sebelum daftar kuliah karena hal itu bisa berpengaruh pada pilihan kerja setelah lulus nanti.

Persyaratan Bekerja di Perusahaan

Enggak cuma persyaratan kerja di institusi pemerintahan saja, akreditasi juga sangat kamu butuhkan kalau kamu mau kerja di perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan tersebut memberi batasan syarat akreditasi perguruan tinggi dan program studi minimal Sangat Baik atau terakreditasi B. Tujuan persyaratan akreditasi ini untuk menjaga kualitas sumber daya manusia di perusahaan tersebut.

Menjamin Daya Saing Lulusan

Perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi oleh BAN-PT pasti menawarkan proses pembelajaran berstandar global kepada mahasiswanya. Bahkan, saat kuliah, kamu akan menemui beberapa materi pembelajaran berstandar internasional dari pengajar berkualitas dan berpengalaman. Singkatnya, kampus dan jurusan yang sudah terakreditasi akan mempersiapkan mahasiswanya sedemikian rupa agar mampu bersaing secara global.

Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

Akreditasi perguruan tinggi dan program studi mencerminkan kualitas pendidikan yang diberikan.

Sampai di sini, kamu tentu sudah paham pentingnya cek akreditasi sebelum kuliah kan? Kini, saatnya kamu mengetahui cara-cara mengecek akreditasi kampus dan jurusan yang kamu tuju. Adapun cara-cara tersebut, antara lain:

  1. Buka situs resmi BAN-PT, yaitu www.banpt.or.id.
  2. Setelah masuk ke situs resmi BAN-PT, klik menu Data Akreditasi.
  3. Kemudian, pilih submenu Pencarian Data Akreditasi (histori).
  4. Jika submenu tersebut sudah ditekan, muncul kolom-kolom informasi akreditasi perguruan tinggi dan program studi.
  5. Apabila kamu ingin mencari akreditasi universitas yang kamu tuju, tulislah nama perguruan tinggi di kolom Perguruan Tinggi. Kalau kamu mau mencari akreditasi program studi, tulislah nama program studi di kolom Program Studi.
  6. Selesai! Sistem akan menampilkan secara otomatis nama kampus dan jurusan yang kamu maksud, serta informasi akreditasinya.

Sangat mudah kan, Pahamifren? Segera ikuti langkah-langkah di atas agar kamu bisa mengetahui akreditasi kampus dan jurusan impianmu.

Itu dia beberapa informasi mengenai pentingnya cek akreditasi kampus dan jurusan sebelum daftar kuliah yang perlu kamu ketahui. Semakin bagus akreditasi kampus dan jurusan impianmu, maka semakin ketat pula persaingan yang akan kamu hadapi. Maka dari itu, persiapkan dirimu dari sekarang!

Buat kamu yang ngambis masuk PTN dan jurusan favorit, kamu bisa mematangkan persiapanmu dengan mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify.

Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Unduh aplikasi Pahamify di link ini, manfaatkan fitur Pahamify Try Out sekarang juga!

Jangan lupa, cek juga promo menarik lainnya di sini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

6 Comments on “Cek Akreditasi Kampus Sebelum Daftar Kuliah, Sepenting Apa Sih? Ini 5 Alasannya

Charles Sianipar
February 11, 2021 at 7:52 am

Akreditasi sesuai UU.Pendidikan no.12 thn 2012 adalah Unggul – Baik sekali – Baik.
BAN-PT tidak melaksanakan perintah UU.Pendidikan.
Dasar hukum Akreditasi A – B – C tidak jelas

Reply
Fitri Dewanty
February 15, 2021 at 4:00 am

Halo Charles, terima kasih atas komentarnya. Terkait peringkat akreditasi atau hasil akreditasi yang dilakukan BAN-PT, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, terdiri atas:
1. Akreditasi A, B, C, untuk akreditasi yang dilakukan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar, dan
2. Akreditasi Unggul, Baik Sekali, Baik, untuk akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.
Untuk saat ini, BAN-PT sudah mulai menerapkan penilaian menggunakan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.

Kamu bisa baca peraturan tersebut secara lengkap pada publikasi LLDIKTI Wilayah VI, di link ini https://lldikti6.id/wp-content/uploads/2020/02/Peraturan-BAN-PT-No-1-Th-2020.pdf
Semoga jawaban ini bisa membantu ya. Terima kasih.

Reply
Charles Sianipar
March 26, 2021 at 8:21 am

Kalau kita amati isi Borang Akreditasi 7 Standar dan 9 Standar maka bedanya adalah Implementasi 24 Standar Dikti. dalam 7 standar itu tidak diminta karena memang dirancang sebelum UU Pendidikan N0. 12 thn 2012 di undangkan. tetapi dalam Borang Akreditasi 9 standar jelas dan rinci diminta implementasi 24 standar Dikti dalam konsep P-P-E-P-P.
Dengan membolehkan PT menyampaikan borang Akreditasi dalam & standar dan 9 Standar maka sama artinya BAN-PT . membolehkan PT menerapkan 24 Standar dikti dan juga boleh tidak menerapkan standar dikti.
ingat dalam peraturan BAN-PT N0 570/BAN-PT/LL/2019 tertanggal 13 Maret 2019 jelas dikatakan bahwa batas akhir menyampaikan Boarang Akreditasi dalam 7 Standar adalah tanggal 30 Juni 2019.
jangan baca sepotong – sepotong

Reply
Fitri Dewanty
March 26, 2021 at 12:29 pm

Halo Charles, terima kasih atas masukannya. Mohon maaf jika jawaban sebelumnya tidak bisa menjawab apa yang Charles mau. Masukan dari Charles akan menjadi evaluasi untuk kami ke depan. Semoga informasinya bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru buat Pahamifren lainnya, ya. Mudah-mudahan, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan BAN-PT untuk menjadi lebih baik lagi ke depan. Terima kasih.

Reply
akreditasi jurusan
June 24, 2021 at 2:29 am

Akreditasi Universitas yaitu cara menentukan standar mutu atau cara menilai terhadap suatu lembaga pendidikan,
termasuk universitas. Akreditasi universitas juga bisa diartikan sebagai upaya pemerintah
memberikan standar dan menjamin kualitas lulusan kampus sehingga kualitas lulusannya tak perlu diragukan, serta sesuai
dengan kebutuhan kerja.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No.
28 Tahun 2005, proses menentukan akreditasi kampus dilakukan melalui Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi. Proses akreditasi tersebut umumnya dilalui oleh
lembaga pendidikan tinggi setiap 5 thn.

Reply
anin
July 7, 2021 at 1:25 pm

hallo izin bertanya, jiak ditanya pilihan akreditasi di isntansi a, b, c dan lainnya. tapi jurusan akreditasinya unggul
harus memilih pilihan akreditasi yg mana ya ?
terima kasih

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *