pfy-burger-btn Menu

Anak IPA Bisa Jadi Pengusaha Melalui Jurusan Agribisnis

Pilihan jurusan di perkuliahan itu memang sangat banyak ya, Pahamifren. Saking banyaknya, kita dibikin pusing untuk memilih satu jurusan yang tepat. 

Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan jurusan agribisnis, yuk cari tahu lebih lanjut tentang jurusan ini supaya makin yakin untuk mengambil keputusan.

Dilihat dari namanya, kita pasti bisa menduga bahwa jurusan ini nantinya akan mempelajari pertanian dan bisnis. Lalu, apakah agribisnis masuk rumpun soshum atau saintek? Ikuti pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Sekilas Tentang Jurusan Agribisnis

Salah satu jurusan yang sering dicuekin anak muda adalah agribisnis. Seperti yang kita ketahui bersama, makin ke sini, makin sedikit anak-anak yang berminat untuk menggeluti bidang pertanian. Karena agribisnis dinilai lebih condong ke pertanian, anak muda sering memandang sebelah mata jurusan ini.

Padahal, peluang kerjanya lumayan bagus, lho. Kamu bisa menjadi pengusaha di bidang pertanian. Siapa tahu, dengan mendalami ilmu agribisnis, kamu mungkin bisa membuat produk terobosan yang dibutuhkan masyarakat umum saat ini. Hal ini sangat mungkin terjadi karena jurusan agribisnis mempelajari bisnis berbasis pertanian.

Saat menempuh pendidikan di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal seputar bisnis dan pertanian. Pertanian di sini tidak hanya terbatas pada kegiatan menanam padi ya. Kamu juga belajar ilmu pendukung lainnya, seperti perkebunan, perhutanan, hingga peternakan.

Meskipun merupakan perpaduan antara bisnis dan pertanian, bukan berarti kamu akan belajar setengah-setengah tentang keduanya. Mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti bisa saling melengkapi untuk mendidikmu sebagai sarjana agribisnis yang hebat. Dengan begitu, saat sudah lulus nanti, kamu tidak kebingungan ingin berkarier seperti apa.

Kemudian, untuk kamu yang bingung apakah jurusan ini masuk rumpun saintek atau soshum, di sebagian besar perguruan tinggi, jurusan agribisnis termasuk ke rumpun saintek. Jurusan ini umumnya menjadi bagian dari Fakultas Pertanian.

Namun, ada juga perguruan tinggi yang memasukkan jurusan agribisnis di rumpun soshum, lho. Perguruan tinggi yang dimaksud adalah IPB. Di IPB University, Agribisnis masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Sampai di sini, kamu sudah cukup kenal kan dengan jurusan agribisnis. Sekarang, kita beralih ke prospek kerjanya, ya.

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Salah satu pertimbangan memilih jurusan adalah prospek kerja. Demi masa depan yang lebih cerah, kita umumnya tidak hanya memilih jurusan berdasarkan bidang yang kita suka, tetapi juga prospek kerjanya.

Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan agribisnis, jangan ragu terkait prospek kerjanya, ya. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cerah, kok. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pegawai Pemerintah

Kamu bercita-cita menjadi pegawai pemerintah? Jangan salah. Jurusan agribisnis juga memungkinkanmu untuk menjadi PNS atau ASN, lho. Kamu bisa bekerja di Dinas Pertanian sebagai PNS.

Lembaga negara lainnya yang bisa kamu jadikan tujuan untuk bekerja adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Di lembaga tersebut, kamu bisa berkontribusi di sektor pertaniannya.

2. Perusahaan Swasta

Untuk kamu yang lebih tertarik bekerja di perusahaan swasta, kesempatanmu untuk bisa bersaing dengan sarjana lainnya pun sama besarnya. Kamu bisa memilih perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis. Perusahaan seperti ini ada banyak sekali, lho.

3. Pionir LSM

Kemudian, untuk kamu yang lebih tertarik untuk melayani masyarakat, kamu juga bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat. Kamu bisa berperan sebagai penyuluh di bidang agribisnis atau peternakan. Tugasmu adalah membantu masyarakat, khususnya para petani, untuk membantu memberikan pertimbangan atas isu-isu di bidang agribisnis.

Pekerjaan yang mulia ini juga memiliki gaji yang lumayan, lho

4. Konsultan Pertanian

Mirip seperti pekerjaan yang dilakukan oleh pionir LSM, kamu juga bisa menjadi konsultan pertanian. Kamu bisa membimbing atau mengarahkan masyarakat dengan ilmu agribisnis yang kamu miliki. Kamu pun bisa membantu banyak orang untuk menjadi petani yang hebat.

5. Pengusaha

Ingin menjadi pengusaha setelah lulus kuliah agribisnis? Kamu pasti bisa. Selama kuliah, sarjana agribisnis sudah dibekali banyak materi seputar ekonomi dan bisnis. Terlebih lagi, kamu pun memiliki kemampuan di bidang pertanian. Jadi, setelah lulus, kamu pun bisa membuka usaha sendiri.

6. Peneliti

Indonesia pernah menjadi salah satu negara yang kuat di bidang pertaniannya. Tak heran negara kita sering disebut sebagai negara agraris. Nah, agar negara kita tetap kuat di bidang agraris, dibutuhkan peneliti-peneliti yang hebat.

Sebagai lulusan agribisnis, kamu bisa bekerja sebagai peneliti di sektor ini. Penelitianmu pun akan digunakan untuk mengembangkan sektor pertanian Indonesia.

7. Dosen

Terakhir, untuk orang-orang yang memiliki jiwa sebagai pengajar, lulusan agribisnis juga bisa menjadi pengajar, lho. Kamu bisa melanjutkan studimu ke jenjang S-2 agar bisa menjadi dosen.

Dari tujuh pilihan karier di atas, manakah yang menarik perhatianmu? Jika dilihat dari prospek kerjanya, sebenarnya jurusan agribisnis sangat menjanjikan, bukan?

Khusus untuk kamu yang suka pelajaran IPA sekaligus berbisnis, jurusan ini memang recommended sekali. Tak hanya bisa menjadi pengusaha, ternyata banyak pilihan karier yang mungkin kamu tekuni setelah lulus nanti.  

Penutup

Meski terlihat seperti kurang peminat, persaingan untuk masuk ke jurusan agribisnis lumayan susah, ya. Untuk kampus besar seperti UGM dan Unpad, passing grade jurusan ini masih tinggi, lho. Kamu perlu nilai 600-an untuk bisa lolos. 

Jadi, mumpung masih ada waktu, maksimalkan lagi yuk perjuanganmu untuk taklukkan UTBK. Mipi siap bantu kamu, lho. Ada TO rutin yang bisa kamu ikuti untuk mengukur kemampuanmu. Selain itu, ada juga fitur PEGASUS yang siap bantu kamu menghadapi UTBK dari 0.

Yang penting, meski seolah ada tembok besar menghalangi jalanmu, jangan pernah menyerah ya, Pahamifren. Setiap mimpi layak untuk diperjuangkan. Mipi yakin kok kamu pun bisa dan layak untuk masuk jurusan agribisnis. Selamat berjuang, taklukkan UTBK!
Penulis: Ranti Alfiani

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll