Belajar Ilmu Bumi dan Seisinya Di Jurusan Teknik Geologi

Tahukah kamu, pengetahuan untuk menjelaskan keadaan alam dan proses tersebut ada ilmunya, tidak bisa sembarangan. Apalagi berhubungan dengan planet tempat kita bernaung, tentu berkaitan erat juga dengan kelangsungan makhluk hidup. Nah, kamu yang merasa kepo atau ada minat lebih dalam tentang kebumian, jurusan Teknik Geologi bisa deh jadi pilihan pas UTBK nanti.

Bumi itu luas, dalam arti tidak hanya satu objek saja. Akan banyak variabel lain yang bisa ditelusuri. Yuk ikuti Mipi terus untuk jelajah lebih dalam!

Deskripsi Jurusan Teknik Geologi Dan Kehidupan Akademik

Ngomong ngomong tentang Teknik Geologi, sebenarnya sama ngga sih dengan Teknik Geografi? Hmm secara sekilas memang banyak yang berasumsi kalau kedua jurusan tersebut satu paket. Eittss tapi jangan terkecoh yaa, aslinya beda banget lho.

Jika jurusan Geografi lebih mendalami kondisi permukaan bumi, misalnya laut, dataran, lembah, gunung, dan semua yang terjadi di dalamnya. Juga tentang faktor kepadatan penduduk, industri, tata guna lahan, dll. Intinya berkaitan dengan segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi.

Sedangkan Geologi, mempelajari apa yang terjadi di dalam bumi itu sendiri dan pengaruhnya terhadap permukaan sekitar. Dari mulai sifat, bahan, struktur permukaan bumi, sejarah & perkembangan kondisi fisik bumi hingga saat ini, proses yang terjadi di atas permukaan & dalam bumi, serta fenomena-fenomena alam.

Tapi tentu tidak hanya mempelajari itu saja, kamu juga diharapkkan dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, serta dituntut untuk melakukan penelitian dan memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan dan bencana kebumian.

Pasti kamu berfikir masalah bumi itu apa sih? Kan diciptakan oleh sang pencipta, memangnya manusia bisa menanggulanginya? Hmmm menarik, sepenuhnya memang benar bumi diciptakan sedemikian rupa dengan segala korelasinya. Tapi tetap, ada beberapa bidang persoalan yang harus manusia atasi menggunakan ilmu. Misalnya dari pertambangan, mitigasi bencana, kontruksi bangunan, perminyakan, geothermal, dll.

Seperti yang Mipi jelaskan di atas, bumi itu memiliki ruang lingkup yang luas. Maka dari itu, Teknik Geologi menjadi sangat penting untuk dipelajari, salah satunya untuk pemanfaatakan sumber daya alam guna kelangsungan hidup.

SDA yang dimaksud seperti minyak, batu bara, gas bumi, air, tanah, emas, tembaga, perak, batuan, dan bahan industrial lainnya. Dimana dari hal tersebut akan dianalisis jenis, bentuk, struktur, dan letaknya apakah aman untuk ditambang atau tidak. Coba kamu bayangkan hidup di zaman sekarang tanpa gas atau air, sungguh sangat sengsara bukan? So, perlu ilmu khusus agar semua hal yang telah tuhan ciptakan bisa dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Kalau gitu Teknik Geologi hanya belajar tenang alam dong?? Tetottt salah besar! Sama seperti jurusan lainnya, Teknik Geologi adalah ilmu yang bersangkutpaut dengan ilmu lain. Misalnya fisika, ekonomi, matematika, kimia, serta biologi. Pokoknya kamu bakalan terus ketemu sama ilmu eksak deh.

Contoh matkulnya ada fisika, tektonika, geologi dasar, paleontologi, mineral optic & petrografi, geokomputasi, statistika, geologi batu bara, analisis batuan, mitigasi bencana geologi, manajeman air & tanah, petrologi, kartografi & ilmu ukur tanah, sedimentologi, dll.

Prospek Kerja

Para lulusan Teknik Geologi akan mudah menerapkan ilmunya di beberapa sektor, seperti sumber daya energi dan juga mineral. Misalnya minyak, batu bara, gas bumi, panas bumi, emas, tembaga, perak, dll. Berkarir di sektor tersebut gajinya ngga kaleng kaleng lho, Pahamifre, benar-benar menjanjikan. Selain itu, kamu juga bisa masuk ke pemerintahan pusat maupun daerah. Berikut Mipi uraikan beberapa karir yang dapat kamu pilih:

Teknisi Tambang, Minyal, dan Mineral

Seperti yang Mipi jabarkan di atas, lulusan sarjana Teknik Geologi memiliki peluang besar berkarir di bidang ini. Kamu akan bertanggung jawab dalam pengeboran atau pencarian sumber daya, setelah ketemu akan dilakukan pengembangan teknologi dalam pengolahannya, hal tersebut diupayakan untuk keperluan produksi. Selain menguasai ilmu teknik, kamu harus mengatur juga biaya produksi yang dikeluarkan. Maka dari itu, wawasan tentang ilmu ekonomi juga dibutukan yaa.

Surveyor Tanah

Dilihat dari namanya, karir ini cukup asing dikalangan masyarakat. Serveyor Tanah ngapain? Ngurusin tanah? Hmm banyak yang udah underestimate nih sama profesi ini, padahal kalau kamu geluti, beuh gajinya menjanjikan banget. Tugasnya memang bersangkutpaut dengan tanah, lebih tepatnya dengan proyek bangunan juga. Simplenya, ketika akan ada proses pembangunan, maka tugas Surveyor Tanah adalah mengecek keadaan tanah dengan melakukan pengukuran, seperti analisis bentuk, luas tanah serta posisinya. Pokoknya kamu harus memastikan tanah di proses pembangunan tersebut dalam keadaan aman dan stabil untuk jangka panjang.

Kontraktor

Intinya profesi ini menjalankan usaha jasa kontruksi. Namanya usaha jasa, pasti ada yang ditawarkan. Dan sebagai kontraktor, kamu akan membuka konsultasi untuk konstruksi bangunan. Misalnya dari segi perencanaan, rancangan, proses, pengkajian, pengawasan hingga manajemannya. Nah, karena kamu paham ilmu di bidang tersebut, maka karir kontraktor selain yang Mipi jelaskan di atas, bisa juga untuk membantu pekerjaan konstruksi di lapangan langsung.

Instansi Pemerintahan

Sektor pemerintahan yang ada keterkaitannya dengan Teknik Geologi adalah Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Kantor Wilayah, BAPPENAS, BAPPEDA, dll. Tugas kamu berhubungan langsung dengan sumber daya alam yang sudah di dapat dari teknisi sebelumnya, kemudian akan di eksplorasi lagi agar aman ketika di pasarkan ke masayarakat luas.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang jurusan Teknik Geologi. So, asah kehlian kamu mulai dari sekarang yaa. Misal kemampuan observasi, analisis, kemampuan meneliti, berpikir rasional, dll. Karena semua soft skill tersebut tentu sangat dibutuhkan.

Karir yang Mipi sebutkan di atas tentu bukan seluruhnya, akan ada banyak hal yang bisa kamu eksplor lagi. Yang terpenting pinter cari peluangnya!

Sebelum kearah yang lebih jauh lagi, yuk UTBK-nya dimaksimalin Pahamifren. Agar mimpi kamu bisa terwujud untuk jadi bagian Teknik Geologi. Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Published by
Afridho Aldana