pfy-burger-btn Menu

Ilmu Ekonomi: Jurusannya Calon Menteri

Jurusan Ilmu Ekonomi tidak usah diragukan lagi eksistensi-nya. Ratusan bahkan ribuan anak berlomba-lomba ingin masuk jurusan tersebut.

Hmmm belajar-nya apa aja, sih? Yang harus kamu tau, jurusan ini deket banget sama hitung-hitungan dan matematika. Jadi kamu yang kurang suka sama hal tersebut, persiapkan diri dengan baik ya.

Pada dasarnya, secara akademik Imu Ekonomi memiliki fokus mempelajari cara mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Sumber daya tersebut tidak hanya tentang uang dan biaya, tapi tenaga, waktu, dan sumber daya alamnya. Kamu akan belajar untuk mengambil sebuah keputusan secara efektif dan efisien.

Oh iya, Ibu Sri Mulyani dulu kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi, lho! Begitu juga dengan Maudy Ayunda dan Gita Gutawa.

Lulusan Ilmu Ekonomi Jadi Menteri?

Banyak yang melakukan perbandingan jurusan antara Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajeman. Walaupun secara dasar sama, tapi 3 jurusan tersebut memiliki goals yang berbeda-beda. Di artikel ini kita akan fokus ke jurusan Ilmu Ekonomi.

Nah karena UTBK semakin dekat, kamu harus memantapkan jurusan yang dipilih nih. Jika Ilmu Ekonomi masuk dalam pertimbangan, langsung simak prospek karir lulusan Ilmu Ekonomi di bawah ini, ya!

Financial Advisor

Dari namanya kelihatan keren banget kan?

Yap, anak jurusan Ilmu Ekonomi dan memilih karir di bidang tersebut harus diacungi jempol, karena untuk tugasnya sendiri beragam.

Simplenya jika di jurusan Psikologi ada karir Psikolog, nah ini tidak jauh beda. Tanggung jawab dari profesi ini adalah memberikan pelayanan secara individu ataupun perusahaan.

Biasanya jasa yang diberikan adalah tentang perencanaan pajak, manajeman investasi, dan tentunya masalah keuangan.

Tapi tidak hanya seputar itu. Kamu juga harus memastikan keuangan klien kamu tercapai sesuai dengan permintaannya.

Hmm agak berat, ya?

Tapi tenang semua karir pasti ada plus dan minus. Plusnya kamu akan memiliki relasi yang banyak karena selalu bertemu orang baru. Dan yang paling penting gajinya ga main-main lho.

Investor Relation Associate

Karir dalam bidang ini mungkin asing di telinga kamu, tapi faktanya cukup menjanjikan lho. Profesi ini sering ditemukan pada perusahaan publik dengan salah satu jenis perseroan terbatas, misalnya perbankan.

Kalau Public Relation adalah hubungan perusahaan dengan orang luar, nah ini sebaliknya kamu akan berhubungan langsung dengan departemen keuangan perusahaan kamu sendiri.

Nantinya hasil yang kamu dapatkan akan memberikan info akurat tentang perusahaan dari kacamata ekonomi.

Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Karena tugas yang lain adalah melakukan pendekatan kepada calon penanam saham, dan memastikan bahwa para investor tersebut yakin dengan perusahaan kamu saat ini.

Hmm jika sudah berpengalaman, gaji kamu bakal naik terus lho setiap tahunnya!

Pegawai Pajak

Siapa disini yang berfikir staf pajak itu harus dari jurusan Perpajakan juga? Eitsss jangan salah. Anak jurusan Ilmu Ekonomi sangat bisa lho berkarir dalam bidang ini.

Biasanya di masa-masa semester terakhir akan diberi pilihan tentang konsentrasi yang harus diambil. Nah, jika kamu tertarik kamu bisa pilih konsentrasi Perpajakan agar sesuai dengan karir yang akan kamu capai nantinya.

Pada dasarnya, tugas seorang pegawai pajak berkaitan dengan ekonomi bisnis suatu perusahaan. di sini mereka akan melakukan strategi pajak dengan mencatat, analisa, dan kalkulasi yang tepat.

Selain itu juga kamu harus paham tentang membuat laporan perpajakan baik secara individu ataupun perusahaan.

Bagaimana menarik bukan?

Dan yang harus kamu tau untuk gaji staf pajak tidak sedikit lho! So, jika pilihan jurusan UTBK kamu memillih Ilmu Ekonomi, karir ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Risk Analyst

Risk Analyst atau analis resiko adalah sebuah profesi yang cukup diminati oleh lulusan sarjana ekonomi. Mungkin bagi kamu karir ini kedengarannya aneh, tapi siapa sangka ternyata semua perusahaan baik swasta ataupun pemerintah pasti membutuhkan Risk Analyst untuk membantu keuangannya.

Jobdescnya adalah berhubungan langsung dengan tim legal untuk melakukan pendataan keuangan, dimana data tersebut akan dipakai perusahaan untuk mengajukan kerja sama ataupun pinjaman ke bank.

Banyak hal menarik yang dapat kamu eksplor. Salah satunya kamu akan membantu menganilis apakah sebuah investasi yang masuk layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Terdapat 3 kategori lagi untuk profesi ini. Yaitu Credit Risk Specialist, Market Risk Specialist, dan Regulatory Specialist.

Jadi dari ketiga tersebut mana nih yang kamu minati?

Dosen Ilmu Ekonomi

Ketika masa kanak-kanak, kamu pasti pernah bermimpi ingin menjadi Dosen ketika dewasa nanti. Nah, jangan sampai cuma sekedar mimpi, kamu bisa lho wujudin itu semua.

Memilih jurusan Ilmu Ekonomi dan memiliki karir menjadi Dosen di era industri saat ini masih menjadi hal yang cukup menjanjikan. Tapi tentu saja untuk meraihnya diperlukan usaha dan tekad yang kuat, karena pemerintah masih memberlakukan minimal S2 untuk profesi tersebut.

Mungkin kamu akan berfikiran terlalu lama. Tapi tentu saja itu semua sebanding dengan hal yang akan kamu dapatkan nantinya.

Misal waktu kamu akan memiliki waktu luang lebih. Ini akan membantu kamu memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga dan fokus pada penelitian yang akan kamu kerjakan. Dan satu hal lagi, untuk gajinya juga tiggi lho!

Itulah beberapa pilihan karir jika kamu memilih jurusan Ilmu Ekonomi saat UTBK nanti. Semua karir yang dijabarkan  di atas tentu tidak akan mudah untuk dicapai.

Maka dari itu, persiapan diri kamu sedini mungkin di fitur Pegasus biar kamu siap bersaing dengan banyaknya orang di luar sana.

Penulis: Nifa Nurfaidah

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll