Ilmu Gizi Tempatnya Gaya Hidup Sehat

Mipi ingin tahu kira-kira apa sih yang ada dalam benak kamu ketika mendengar jurusan Ilmu Gizi? Pasti salah satunya menyebutkan kalau jurusan ini adalah jurusan yang diisi sebagian besar oleh perempuan, atau mungkin jurusan ini karir-nya ngga jauh dari masak?

Keduanya benar, tapi tentu tidak se-sederhana itu, ada banyak hal yang harus kamu pelajari. Biar lebih paham, yuk intip lebih detail-nya di bawah ini!

Ilmu Gizi?

Kalau uda baca sampai deskripsi jurusan, berarti kamu ada ketertarikan dalam Ilmu Gizi kan? Selamat! kamu ada di artikel yang tepat. Jurusan Ilmu Gizi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang nutrisi yang ada pada tubuh kita, terutama keseimbangan antara kesehatan dengan asupan makanan dan minuman yang masuk.

Tidak hanya tentang nutrisi saja, kamu akan belajar bagaimana pola makan yang sehat, zat gizi, gaya hidup, serta takaran kalori yang dibutuhkan. Intinya kamu dituntut untuk memberikan pola makanan yang sehat dan seimbang untuk kebutuhan per individu.

Di Indonesia banyak permasalahan yang timbul akibat kurangnya pengetahuan tentang gizi, misalnya kekurangan atau kelebihan gizi. Kedua hal tersebut mengakibatkan penyakit yang mematikan yaitu gizi buruk dan juga obesitas. Maka dari itu dengan adanya tenaga ahli, mereka bisa menanggulangi atau mencegah situasi yang tidak diinginkan. Pada akhirnya kita akan paham, bahwansanya sesuatu yang tidak seimbang ternyata menimbulkan masalah yang besar.

So, kamu yang memilih jurusan ini tentu harus memiliki soft & hard skill yang tepat juga. Seperti kemampuan komunikasi, kemampuan meneliti, kemampuan problem solving yang baik, kemampuan berpikir rasional dsb. Tapi jangan khawatir, semua itu biasanya akan timbul seiring berjalannya waktu. Dengan catatan saat perkulian harus kamu asah juga ya, Pahamifren.

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Gizi

Nah, setelah mengetahui gambaran umum jurusannya, kamu akan Mipi tuntun untuk lebih tahu lagi kehidupan akademik jurusan Ilmu Gizi.

For your information, jurusan Ilmu Gizi masuk ke dalam fakultas yang berbeda-beda, tergantung dari universitasnya. Hah kok gitu?? Jadi ilmu gizi itu cakupannya luas. So, ketika memilih jurusan ini, kamu harus tahu juga universitas dan fakultasnya. Biar nanti ekspektasi kamu ngga melesat banget.

Misanya nih di UGM atau UNDIP, jurusan Ilmu Gizi masuknya ke Fakultas Kedokteran. Dimana kehidupan akademik-nya mempelajari ilmu gizi klinis. Kamu bakal diajari secara detail tentang diet yang sehat untuk menurunkan atau manaikkan berat badan, dan juga makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh orang terkena penyakit jantung, strok, atau diabetes.

Sedangkan di UI, Ilmu Gizi masuk ke Fakultas Kesehatan Masyarakat. Disini kamu akan belajar tentang apa aja sih nutrisi dan gizi baik yang layak dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Dan yang terakhir contoh di IPB, jurusan ini masuk ke Fakultas Ekologi Manusia. Sudut pandang yang akan diambil lebih kepada manajeman pelayanan makanan-nya.

Nah, jangan sampai salah pilih ya, Pahamifren.

Masuk ke mata kuliahnya, di semester awal kamu akan disuguhkan mata kuliah umum gizi dasar. Misalnya kuliner dasar ataupun antropologi gizi. Di semester lanjut akan menemukan matkul analisis bahan makanan, anatomi & fisiologi, manajeman pelayanan makanan, konseling gizi, epidemiologi gizi, metabolisme zat gizi, gizi & kebugaran, dll.

Propek Karir Jurusan Ilmu Gizi

Setelah menjadi lulusan Ilmu Gizi, hal yang akan kamu pikirkan selanjutnya adalah karir. So, di bawah ini ada beberapa karir yang dapat kamu pilih:

Bekerja di Instansi Pemerintah

Bagi kamu yang cita-citanya ingin kerja di BPOM (Badan Pengawasan Obat & Makanan), ini adalah kesempatan emas. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengecek makanan dan bahan-bahan apa saja yang layak dikonsumi dan di sebarluaskan ke masyarakat.

Selain BPOM, kamu juga bisa berkarir di BKP (Badan Ketahanan Pangan). BKP pasti membutuhkan lulusan ilmu gizi profesional yang paham urusan bahan makanan. Dan teruntuk gaji, instansi Pemerintahan pasti ga kaleng-kaleng deh.

Bekerja di Rumah Sakit

Menjadi staff RS adalah salah satu karir yang diincar oleh lulusan Ilmu Gizi. Karir ini gaakan redup karena pasti semua Rumah Sakit membutuhkan ahli gizi untuk mengatur menu makanan bagi pasien. Eitsss tidak hanya itu saja, memastikan nutrisi seimbang serta aman untuk kondisi pasien adalah tanggung jawabnya.

Konsultan Gizi

Menjadi konsultan gizi adalah karir yang tepat bagi kamu yang tidak mau terikat oleh perusahaan. Yap, disini kamu akan berperan sebagai tenaga ahi profesional. Dimana tugasnya membantu para klien terkait keluhan yang dialami. Misal ingin menurunkan berat badan, membentuk massa otot, menurunkan kolestrol, dll.

Wirausaha Bidang Kuliner

Berkarir sebagai wirausaha tentu tidak mudah, kamu akan membuat lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Tapi ini adalah kesempatan yang bagus, disaat kamu mengetahui ilmunya tentu makanan yang kamu buat tidak sembarangan. Kamu bisa jadi pengusahan restoran, katering, dll.

Itulah sekilas tentang jurusan Ilmu Gizi dan prospek karir-nya. Bagaimana, cukup menarik bukan? Menerapkan gaya hidup sehat harus dimulai sedini mungkin, jika sudah mengetahui ilmunya pasti akan sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Untuk terjun ke dunia tersebut, langkah awal yang harus kamu taklukan adalah UTBK. So, ketika kamu sudah yakin tentang jurusan yang dipilih, maka harus giat belajar mulai dari sekarang ya, Pahamifren. Doa Mipi menyertai kalian semua. Semoga artikel ini membantu!

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Published by
Afridho Aldana