Close

February 17, 2022

Seluk Beluk Jurusan Geografi, Memang Belajar Tentang Fisik Bumi?

UTBK SBMPTN sebentar lagi nih Pahamifren, gimana kesiapan kamu? Masih bingung atau udah mantap dengan jurusan yang kamu ambil? Di sini Mipi akan bantu kamu agar bisa lebih yakin pilih jurusan impian di UTBK SBMPTN!

So, buat kamu yang membaca tulisan ini berarti lagi memantapkan diri untuk memilih jurusan Geografi atau sekdar kepo sama jurusan ini, betul? Yap, kamu ga salah lapak, di sini Mipi akan memberikan gambaran dan seluk beluk jurusan tersebut.

Mungkin banyak yang masih bingung kenapa jurusan Geografi di SMA masuknya IPS sedangkan di perkuliahan termasuk ke dalam rumpun Saintek?

Sebenarnya, Geografi cakupannya sangat luas, luas banget bahkan se-alam semesta. Wah ko bisa? Yap, memang betul lho, karena Geografi tidak hanya membahas tentang bentuk fisik bumi dalam bidang sains, tapi berkaitan juga dengan aspek sosial bahkan teknik.

Sekilas Tentang Jurusan Geografi

Semua orang yang memilih jurusan Geografi saat UTBK SBMPTN nanti, pasti berfikir bahwa kehidupan akademiknya tidak jauh dari menghapal batu-batuan, nama sungai, bikin peta, nama gunung, bahkan menghitung luas kota atau negara.

Yap, itu tidak sepenuhnya salah. Di jurusan Geografi, kita dituntut untuk mempelajari gejala alam yang ada kaitannya dengan beberapa aspek. Tujuannya agar lebih mudah memprediksi fenomena-fenomena alam yang akan terjadi di sekitar.

Ketika kamu sudah fix ingin memilih jurusan ini, maka siap-siap bertemu dengan tiga konsentrasi umum. Yaitu Geografi Manusia, Geografi Fisik, dan juga Sistem Informasi Geografis.

Nah, disini Mipi coba berikan urainnya sekilas

Geografi Manusia

Seperti yang Mipi jelaskan di atas, Geografi kenapa bisa masuk ke dalam rumpun IPS itu ada sangkutpautnya dengan Geografi Manusia ini.

Perlu ditekankan bahwa Geografi akan saling terhubung satu sama lain, bahkan pada manusia sekalipun. Jadi tidak hanya meninjau pada aspek alamnya namun ada aspek sosial lain yaitu “manusia”.

Singkatnya begini, ketika kita mempelajari Geografi, maka tentu belajar tentang bumi dan segala proses pembentukannya. Nah, manusia berperan cukup penting baik secara sosial, ekonomi, ataupun budaya terhadap proses pembentukan tersebut.

Seperti bagaimana respon manusia terhadap kondisi lingkungan. Maka diskusi yang terjadi otomatis tentang peranan manusia pada pembentukan bumi kita tercinta ini.

So, cukup menarik  bukan?

Geografi Fisik

Nah, buat kamu yang tadi sudah menerka-nerka jika jurusan Geografi belajar tentang batuan dll, maka disinilah tempatnya.

Geografi Fisik ini mempelajari muka bumi dan segala prosesnya dalam bidang sains. Jadi akan berkaitan dengan pembentukan bagian-bagian lempeng bumi. Bagian dari Geografi Fisik ini meliputi semua gejala alam yang terjadi di biosfer, atmosfer, litosfer, antroposfer, pedosfer, dan juga hidrosfer.

Pada dasarnya untuk kelangsungan hidup di bumi perlu adanya perencanaan. Nah perencanaan tersebut tidak hanya tentang makanan ataupun air, tapi daya dukung lingkungan juga merupakan proses penting.

Maka dari itu Geografi Fisik di sini berperan mengevaluasi semua pengaruh dari luar pada lingkungan alam sekitar. Namun tetap, untuk memperkuat analisis tersebut perlu aspek sosial seperti Geografi manusia agar lebih akurat.

Sistem Informasi Geografis

Geografi itu keren banget lho, selain aspek IPA ataupun IPS yang sudah dijabarkan di atas, ternyata ada aspek teknik yang harus kamu ketahui.

Yap betul, teknik di sini tidak jauh pada kinerja komputer. Aspek ini dinilai sebagai alat untuk analisis kajian atau data. 

Misal ada sebuah data spasial yaitu data tentang orientasi geografis yang memiliki koordinat untuk referensinya. Nah, koordinaat tersebut menunjukan tentang subuah lokasi pada peta. Maka disini kamu akan belajar tentang analisis keruangan, memahami konsep penyusunan data tersebut, ataupun evaluasi dengan tekonologi SIG.

Prospek Karir Jurusan Geografi

Buat kamu yang masuk jurusan Geografi, tentu yang difikirkan adalah karir ke depannya akan seperti apa. Eitsss jangan khawatir, lulusan Geografi banyak pekerjaan yang menunggu lho di luar sana.

Apa saja itu, yuk cek di bawah ini!

Staff BMKG

BMKG singkatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Profesi ini menjadi karir yang diimpikan oleh seluruh lulusan Geografi di luar sana lho.

Banyak aspek yang membuat profesi ini diminati, salah satunya karena profesi ini berkontribusi langsung pada masyarakat. BMKG merupakan lembaga pemerintahan, otomatis untuk menjadi bagia dari BMKG membutuhkan usaha yang maksimal.

Tapi tenang, itu semua akan sepadan dengan tunjangan yang kamu dapat nantinya. So, jika tertarik pada karir ini persiapan maksimal adalah perlu ya.

Kartografer

Siapa di sini yang baru mendengar tentang karir tersebut?

Jangan salah, Kartografer ternyata cukup eksis lho di lingkup anak jurusan Geografi. Intinya Kartografer adalah seorang ahli pemetaan atau pembuat peta.

Jadi bagi kamu yang tertarik dengan profesi tersebut, maka harus paham juga bagaimana membuat suatu wilayah dengan pemahaman unsur geografis.

Ilmu yang harus kamu kuasai tentu seperti menggambar peta, pemahaman perhitungan wilayah, keahlian matematika, dll. Intinya kamu juga akan mengevaluasi agar peta selalu up to date.

So, keren banget bukan?

Perencanaan Tata Kota

Salah satu karir yang bisa kamu tekuni setelah lulus jurusan Geografi adalah tim perencanaan tata kota. Di sini kamu akan bertanggung jawab mengembangkan sebuah kota besar atau kota kecil sesuai dengan analisisnya.

Selain itu, pengelolaan yang baik diwajibkan dalam karir ini, seperti dalam membangun sarana dan prasarananya. Sehingga jalan, tempat tinggal, dan tempat usaha, semua terorganisir sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang jurusan Geografi dan prospek karir-nya. So, jika kamu memilih jurusan tersebut saat UTBK SBMPTN nanti, ada sedikit gambaran bukan?

Apalagi UTBK sebentar lagi, sudah sampai mana nih persiapannya Pahamifren? Semoga apapun yang sedang dipersiapkan akan mendapat hasil yang maksimal ya.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!

Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! 

Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan UTBK SBMPTN dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify buat persiapan UTBK SBMPTN:

🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK
Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.

💻 LIVE CLASS
Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa taklukkan UTBK SBMPTN. 

🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI
Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap Taklukkan UTBK SBMPTN. 

👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT
Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK SBMPTN sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi taklukkan UTBK SBMPTN.

🏫 INFO KULIAH 
Asupan informasi wajib sebelum UTBK SBMPTN. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, sampai biaya kuliah. Partner kamu taklukkan UTBK SBMPTN.

🎥 VIDEO BELAJAR dengan Animasi
Pahami materi penting UTBK SBMPTN di video belajar Pahamify. Belajar UTBK lebih mudah lewat video animasi terlengkap buat taklukkan UTBK SBMPTN.

📖 Rangkuman Materi
Rangkuman materi kelas X, XI, dan XII disajikan dengan simpel, menarik, lebih mudah diingat, serta cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK SBMPTN.

Halaman penting lain untuk persiapan masuk PTN impian:
Info SNMPTN
Info UTBK
Info SBMPTN


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *