Close

January 16, 2022

Sosiologi: Hidden Gem Jurusan Ilmu Sosial

Tertarik untuk mendalami ilmu sosiologi? Kamu bisa memilih jurusan ini di perguruan tinggi. Salah satu jurusan di rumpun soshum ini punya prospek kerja yang oke, lho. Penasaran apa saja prospek kerja lulusan sosiologi?

Belajar sosiologi memang menarik bagi sebagian besar orang. Alasannya adalah karena ilmu ini mempelajari interaksi manusia yang sangat kompleks. Dengan mempelajari ilmu ini, kamu diharapkan bisa mengetaui apa yang dibutuhkan masyarakat, di antaranya dari sisi ekonomi, media, lingkungan, dan teknologi.

Beberapa orang mungkin meremehkan jurusan ini. Namun, bagi mereka yang tau seluk-beluk ilmu ini, prospek kerja sosiologi dan gajinya ternyata cerah lho. Sebagai bahan pertimbangan untuk lebih meyakinkan dirimu tentang jurusan ini, mari simak informasi lengkapnya berikut.

Sekilas tentang Jurusan Sosiologi

Kalau kamu anak soshum alias anak IPS, sedikit banyak pasti udah paham dengan jurusan ini, dong. Untuk anak yang linjur, yuk mari kita sama-sama perhatikan apa saja yang bakal kamu pelajari ketika memilih jurusan ini.

Sesuai dengan prediksi kamu, di jurusan ini kamu akan lebih banyak mempelajari berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat, di antaranya interaksi sosial, proses suatu masyarakat terbentuk, hingga yang berkaitan dengan topik lain, seperti hal-hal terkait kebudayaan.

Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari beberapa lingkup ilmu lainnya, seperti sejarah, psikologi, antropologi, serta ilmu perilaku. Kemudian, untuk menjembatani perkembangan sosial yang semakin kompleks, ada juga materi-materi seperti kriminologi, gender, dan analisis sosiologis yang akan kamu pelajari.

Ketika mengambil jurusan ini, kamu tidak hanya belajar sosiologi dalam lingkup mikro, tetapi juga makro. Kamu akan mempelajari ilmu sosiologi yang dihubungkan dengan lingkup ilmu lainnya, seperti sosiologi politik, sosiologi industri, sosiologi korupsi, sosiologi ekonomi, dan masih banyak mata kuliah jurusan sosiologi lainnya.

Setelah mengetaui sekilas tentang apa yang akan kamu pelajari di jurusan ini, apakah kamu semakin yakin untuk mengambil jurusan ini?

Jika kamu memang senang mempelajari bagaimana sifat manusia, memiliki keingintauan yang tinggi untuk mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi dalam masyarakat, dan bagaimana menanggulangi konflik sosial, jurusan ini adalah pilihan yang tepat.

Apalagi, setelah lulus nanti, prospek kerja lulusan ini cukup banyak. Kamu akan lebih mudah menemukan lowongan kerja lulusan sosiologi. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu geluti setelah lulus.

Prospek Kerja Lulusan Sosiologi

Apakah jurusan sosiologi susah cari kerja? Jawabannya tentu saja tidak. Setelah lulus nanti, akan ada banyak peluang karier yang bisa kamu pilih. Berikut adalah 7 pekerjaan yang paling umum ditempati oleh lulusan sosiologi.

1. Peneliti Sosial

Ingin menjadi seorang peneliti? Jurusan ini layak kamu pilih untuk mewujudkan mimpi tersebut. Peneliti sosial mempunyai tugas untuk merancang, merencanakan, dan mengelola berbagai proyek penelitian sosial. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang mengambil jurusan sosiologi murni.

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah lowongan kerja jurusan sosiologi murni sebagai peneliti sosial umumnya adalah untuk S2. Agar karier kamu sebagai peneliti lebih cerah lagi, sekalian saja merencanakan pendidikan di jurusan ini hingga S2.

2. Pekerja Sosial

Bidang pekerjaan yang kedua ini sangatlah luas. Ketika lulus dari jurusan sosiologi, kamu bisa berkarier di bidang ini. Pekerja sosial umumnya bertugas untuk memfasilitasi kelompok sosial tertentu yang rentan atau sedang dalam masa-masa sulit agar keluar dari masa-masa sulitnya.

Di mana pekerja sosial ini bekerja? Jawabannya, di antaranya, adalah di Lembaga Internasional seperti PBB, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Lembaga ini memberikan dukungan kepada klien agar bisa bertindak dengan tepat. Mereka juga memelihara hubungan yang profesional dengan klien sebagai seorang pendukung atau pemandu.

Bekerja di LSM atau lembaga sosial lainnya juga sangat menyenangkan, lho. Kamu akan menemukan berbagai kasus yang mungkin di luar bayanganmu. Kamu juga bisa membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

3. Pengajar

Selanjutnya, lulusan sosiologi juga sangat mungkin dan sangat bisa untuk menjadi pengajar. Untuk kamu yang lulus dari jurusan pendidikan, menjadi pengajar memang prospek kerja ideal. Selain itu, lulusan sosiologi murni juga sangat mungkin untuk menjadi guru.

Bedanya, lulusan sosiologi mungkin harus menjalani beberapa tahap lagi agar bisa menjadi guru di sekolah karena umumnya guru di sekolah harus bergelar S.Pd. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menjadi guru di bimbel, seperti di Pahamify.

Pada era yang lebih modern ini, menjadi guru tak melulu di sekolah, bukan? Kalau kamu memang ingin menjadi guru setelah lulus nanti, kamu bisa bergabung di lembaga pendidikan nonformal.

4. Human Resource

Selanjutnya, prospek kerja yang bisa kamu ambil nanti sebagai lulusan sosiologi adalah sebagai Human Resource (HR). Jangan kaget, ya. Bukan cuma lulusan psikologi saja yang bisa jadi HR di perusahaan, lho. Lulusan sosiologi pun bisa.

Seperti yang udah disebutkan di atas, jurusan sosiologi mempelajari hal-hal terkait interaksi masyarakat. Ketika bekerja sebagai HR, lulusan sosiologi bisa ikut mengembangkan dan melaksanakan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM).

Bagaimanapun, dalam sebuah perusahaan, selalu ada interaksi yang tercipta. Bagaimana agar interaksi tersebut berjalan dengan baik dan bisa berefek pada majunya perusahaan? Tim HR tak hanya membutuhkan lulusan psikologi, mereka juga membutuhkan lulusan sosiologi untuk mengambil kebijakan yang sesuai.

5. Jurnalis

Peluang karier selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah bekerja di dunia kreatif. Kamu bisa menjadi jurnalis, wartawan, atau reporter. Pekerjaan ini juga masih sesuai dengan lingkup ilmu yang kamu pelajari.

Menjadi seorang jurnalis, wartawan, atau reporter tak hanya memerlukan keahlian dalam merangkai kata. Mereka juga perlu pandai dalam melaporkan dan juga menganalisis data. Jurusan sosiologi cukup terkenal akan kemampuannya dalam mencari dan mengolah data. Oleh karena itu, kamu juga bisa terjun ke bidang ini jika memang tertarik.

6. Pegawai Pemerintah (PNS/ASN)

Ingin sebuah pekerjaan yang stabil dan terjamin? Menjadi pegawai pemerintah adalah solusinya. Lulusan sosiologi juga punya peluang yang baik untuk menjadi PNS atau ASN, lho.

Seperti yang kita ketaui bersama, ada banyak lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang sosial, misalnya Departemen Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Departemen Dalam Negeri, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka sangat membutuhkan orang-orang lulusan sosiologi.

Agar bisa lolos sebagai PNS, jangan lupa untuk mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS, ya. Ini perlu kamu siapkan segera setelah lulus.

7. Marketing

Terakhir, kamu juga bisa menjadi marketing setelah lulus dari jurusan sosiologi. Bidang pekerjaan yang satu ini memang bisa diambil oleh siapa pun dari jurusan apa pun. Namun, sebagai lulusan sosiologi, kamu juga memiliki nilai plus.

Saat kuliah dulu, kamu mempelajari hal-hal terkait karakter kelompok masyarakat. Ada juga mata kuliah di jurusan ini yang bernama Sosiologi Ekonomi. Kamu bisa menjadi tenaga marketing yang lebih andal untuk memajukan perusahaan.

Penutup

Sampai di sini, ternyata memang banyak sekali peluang kerja untuk jurusan sosiologi, bukan? Tentu saja 7 bidang yang disebutkan di atas hanya contoh. Masih ada peluang pekerjaan lainnya yang bisa kamu ambil. Yang paling penting adalah kamu harus belajar dengan baik selama kuliah nanti.

Lalu, sebelum itu, kamu juga perlu persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, ya. Tes UTBK udah ada di depan mata. Sampai hari ini, udah berapa persen kesiapanmu?

Mari persiapkan tes UTBK dengana lebih maksimal bersama Mipi, ya. Ada fitur PEGASUS yang khusus dirilis untuk persiapan UTBK. Ga bingung lagi belajar dari mana. Instal aplikasi Pahamify dan dapatkan segala kemudahan belajar untuk meraih kampus dan jurusan impianmu.

Semangat terus Pahamifren, prospek kerja lulusan sosiologi sangat cerah, lho.

Penulis: Ranti Alfiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *