Untuk Kamu Yang Pilih Jurusan Farmasi

Pahamifren, kalo ngomongin tentang dunia kesehatan, pasti ngga terlepas dari yang namanya obat-obatan. Sakit perut, butuh obat. Pilek, butuh obat. Intinya, dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat membutuhkan obat untuk penyembuhannya. Nah, buat Pahamifren yang punya rasa penasaran tinggi dan menyukai tentang hal-hal yang berhubungan obat-obatan, jurusan farmasi adalah jawabannya.

Mau tau lebih lengkapnya? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Sekilas Tentang Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi merupakan jurusan yang sangat erat dengan obat-obatan. Kamu akan belajar tentang mengidentifikasi, meracik, dan menganalisis berbagai jenis obat. Kamu harus tau nih, di jurusan ini bakal banyak belajar tentang kimia, mulai dari yang dasar sampai yang kompleks.

Ngga cukup sampai disitu aja, jurusan farmasi merupakan jurusan yang sangat luas jangkauan keilmuannya. Selain obat-obatan, jurusan farmasi juga mempelajari tentang manajemen dan industri. Contohnya industri kosmetik, olahan makanan, sampe industri yang memproduksi barang-barang kebutuhan sehari, seperti pasta gigi, sabun, shampo, dan masih banyak lagi.

Jurusan Farmasi Di Indonesia

Perkembangan yang pesat pada bidang farmasi di Indonesia, tentunya akan meningkatkan kebutuhan apoteker. Oleh karena itu, banyak sekali perguruan tinggi yang membuka jurusan farmasi.

Nah, untuk mencetak lulusan farmasi yang berkualitas, pastinya membutuhkan lembaga pendidikan yang berkualitas juga. Di bawah ini adalah beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan farmasi terakreditasi A dari BAN-PT,

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Andalas

yang disebutin di atas baru beberapa. Masih banyak lagi yang lain. Pokoknya, jurusan farmasi yang ada di perguruan tinggi di Indonesia nggak kalah keren kok dari jurusan farmasi yang ada di luar negeri.

Menjadi Mahasiswa Jurusan Farmasi

Untuk menjadi mahasiswa farmasi, tersedia beberapa jalur yang bisa kamu ikuti,

  • SNMPTN, yaitu seleksi melalui jalur raport yang dilakukan secara nasional.
  • UTBK-SBMPTN, yaitu seleksi jalur tertulis yang dilakukan secara nasional.
  • Ujian Mandiri, yaitu seleksi jalur raport/ tertulis yang dilakukan berdasarkan kebijakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan.

Nah, untuk menjadi mahasiswa jurusan farmasi, tentunya kamu harus mengikuti dan lolos di salah satu seleksinya. Fyi nih, di tahun 2022, di Universitas Padjadjaran hanya membuka kuota SBMPTN sebanyak 93 kursi, sedangkan peminat di tahun 2021 mencapai 1.981 orang. Selanjutnya Universitas Gadjah Mada membuka kuota SBMPTN sebanyak 72 kursi, sedangkan peminatnya sebanyak 2.140 orang.

Waw! Persaingannya ketat banget. Pantesan farmasi menjadi salah satu jurusan paling diminati dari tahun ke tahun.

Mata Kuliah Yang Dipelajari

Seperti disebutkan di awal, kalau jurusan farmasi adalah jurusan yang lingkup keilmuannya sangat luas. Jadi, selama kurang lebih 4 tahun, kamu akan belajar banyak teori dan praktik.

Di tahun pertama, kamu akan belajar tentang materi-materi dasar, seperti:

Anatomi fisiologi manusia, farmasetika, farmasi fisik, kimia organik, biologi sel-mikrobiologi, kimia analisis, biokimia farmasi, perilaku farmasi, dan mata kuliah umum, seperti pancasila, kewarganegaraan, dan agama.

Selanjutnya di tahun kedua, kamu akan belajar tentang hal-hal yang lebih mendalam, seperti farmakologi, biologi Molekuler, formulasi dan teknologi sediaan padat, kimia medisinal, dan manajemen farmasi.

Kemudian di tahun ketiga, kamu akan belajar tentang biofarmasetika, edukasi dan informasi obat, farmakoepidemiologi, pelayanan farmasi, analisis obat, kosmetika,dan makanan, farmakoterapi.

Dan di tahun keempat, pada semester 7, kamu akan memilih mata kuliah yang paling kamu minati. Kamu akan diberi beberapa pilihan mata kuliah peminatan paket kefarmasian dan tentunya di semester 8, ada skripsi yang sudah menantimu.

Selanjutnya, kalo ngomongin farmasi, tentunya nggak mungkin kalo cuma sekedar teori. Yap! ada banyak praktikum yang harus lakukan di setiap semesternya. Misalnya praktikum anatomi fisiologi manusia, kimia dasar farmasi, kimia analisis, kimia organik, steril, biokimia farmasi dan masih banyak lagi. Ada yang seru nih, di praktikum farmakologi dan teknologi eksperimental, kamu bakal praktik dengan menggunakan hewan untuk percobaannya. Seringnya, hewan yang digunakan adalah tikus. Berani nggak nih, Pahamifren? Berani dong!

Jenjang Studi

Kuliah di jurusan farmasi kurang lebih membutuhkan waktu 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana farmasi. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan jenjang profesi atau Program Studi Profesi Apoteker yang disingkat menjadi PSPA selama 1 tahun.

Pada program profesi ini, kamu akan praktik kerja di beberapa tempat seperti puskesmas, apotek, industri, dan rumah sakit. Kalau kamu sudah lulus program profesi, maka kamu akan mendapatkan gelar apoteker (apt.). Ngga sampe disitu aja, kamu juga bisa banget buat melanjutkan studi S2 lho!

Karir Jurusan Farmasi

Karir lulusan ini gimana? Ceraaah!!!

Lulusan jurusan farmasi punya banyak banget peluang, karena lingkupnya yang sangat luas. Lulusan farmasi bisa bekerja di rumah sakit baik swasta maupun daerah dan puskesmas. Bisa juga membuka apotek pribadi.

Buat kamu yang suka riset dan penelitian, bisa juga terjun ke dunia penelitian buat mengembangkan obat dan menemukan formula obat yang baru.

Mau terjun ke dunia industri? Bisa dong! Kamu bisa menjadi bagian RnD untuk produksi produk kosmetik, skincare, personal care, dan masih banyak lagi

Mau jadi Aparatur Sipil Negara? Bisa juga! Salah satunya kamu bisa bekerja di BPOM.

Apoteker tapi juga suka dunia pendidikan? Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar dan dosen. Tapi, untuk jadi dosen, kamu harus sudah lulus pascasarjana ya!

Gimana? Jadi, siapa yang mau kuliah di jurusan farmasi? Cung!

Penulis: Asriyanti Dwi Yuningsih


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Published by
Afridho Aldana