Close

July 4, 2022

Kenal Lebih Dalam Istilah PTS, PAS, dan PAT

Halo, Pahamifren! Kamu pasti udah ngga asing dengan istilah UH (Ulangan Harian), UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas), USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), dan Ujian Sekolah (US).

Eits, tapi sekarang istilah-istilah di atas udah ngga dipakai lagi, lho. Sejak adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan, beberapa istilah tersebut mengalami perubahan nama. UH berubah menjadi PH (Penilaian Harian). UTS berubah menjadi PTS (Penilaian Tengah Semester), UAS berubah menjadi PAS (Penilaian Akhir Semester), dan UKK berubah menjadi PAT (Penilaian Akhir Tahun). 

Nah, biar kamu gak bingung dan paham perbedaan masing-masing istilah baru tersebut, kamu baca artikel ini sampai selesai, ya!

Penilaian Harian (PH)

Penilaian Harian (PH) adalah istilah baru yang menggantikan istilah Ulangan Harian (UH). Berbeda dengan Ulangan Harian (UH) yang hanya mencakup nilai ulangan yang dilaksanakan setiap hari, Penilaian Harian (PH) memiliki cakupan yang lebih luas karena penilaiannya mencakup tiga hal, yaitu aspek kognitif (pemahaman), aspek psikomotorik (keterampilan), dan aspek afektif (sikap/perilaku). Aspek penilaian yang termasuk dalam Penilaian Harian (PH) meliputi ulangan harian, tugas sekolah, dan sikap serta perilaku kamu selama proses pembelajaran berlangsung.

PH dilaksanakan oleh sekolah dan guru kamu untuk mengetahui capaian pembelajaran kamu dan temen-teman sekelasmu setelah mempelajari materi pelajaran yang diajarkan oleh gurumu. Dari hasil PH tersebut, gurumu akan menentukan apakah kamu dan teman-teman kamu harus mengikuti program perbaikan atau pengayaan.

Jadi, kalau di kelasmu masih banyak siswa yang nilainya kurang, gurumu akan mengadakan program perbaikan atau remedial. Sebaliknya, kalau nilai para siswa di kelasmu sudah baik, gurumu akan mengadakan pengayaan untuk meningkatkan kompetensi kamu dan teman-teman sekelasmu.

Selain berfungsi untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa, PH juga berfungsi untuk menentukan apakah proses pembelajaran yang sudah dilakukan oleh gurumu sudah tepat bagi siswa atau belum. Kalau ternyata nilai PH siswa di kelasmu masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), guru akan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran di kelasmu.

Hal ini dilakukan oleh gurumu agar proses pembelajaran selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi dan dapat membantu para siswa di kelasmu dalam mempelajari serta memahami kompetensi dasar dengan lebih baik lagi. 

Nilai PH kamu akan diakumulasikan dan menjadi salah satu faktor penentu kenaikan kelas bersama dengan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS), Pahamifren. Bobot nilai PH biasanya sekitar 40% (20% ulangan harian dan 20% tugas sekolah). Oleh karena itu, kamu harus mengusahakan agar Nilai PH kamu bagus, ya!

Penilaian Tengah Semester (PTS)

Sesuai dengan namanya, Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah ujian yang diselenggarakan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaranmu selama setengah semester (kurang lebih selama tiga bulan proses pembelajaran). Oleh karena itulah, PTS biasanya diadakan pada minggu ke-8 atau minggu ke-9.

Nah, kalau PH diadakan untuk mengetahui capaian pembelajaran setiap satu hari dan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas (formatif), PTS bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran kamu selama setengah semester (sumatif). Biasanya PTS memiliki bobot nilai 20% terhadap nilai akhir yang akan kamu terima nanti.

Penilaian Akhir Semester (PAS)

Nah, kalau yang ini kamu juga pasti udah paham dong, ya, Pahamifren.

Yup! Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah ujian yang diselenggarakan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaran kamu selama satu semester. Makanya PAS selalu dilaksanakan pada akhir semester gasal.

Serupa dengan PTS, PAS juga bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran kamu selama satu semester (sumatif). Biasanya PAS memiliki bobot nilai yang sama dengan PH, yaitu 40%. Makanya sebelum PAS diadakan, kamu harus sudah mempersiapkan diri supaya nilai PAS kamu bagus, ya, Pahamifren. 

Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah ujian yang dilaksanakan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaran kamu di akhir semester genap. PAT mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan kompetensi dasarmu dalam jangka waktu satu tahun (dua semester).

Ujian Sekolah (US)

Ujian Sekolah (US) adalah ujian yang dilaksanakan oleh sekolah untuk menilai capaian pembelajaranmu khusus dalam mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Pada US terdapat beberapa mata pelajaran dalam yang hanya diujikan dalam bentuk ujian tulis saja atau ujian praktik saja, serta beberapa mata pelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik sekaligus.

Setelah kamu mengikuti US, hasilnya akan menjadi salah satu aspek pertimbangan kelulusan kamu dari sekolahmu. Makanya, hasil dari US ini juga akan dilaporkan oleh sekolah dan gurumu kepada orang tuamu. Selain itu, hasil analisa US juga berfungsi sebagai bahan evaluasi sekolah untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan pada tahun ajaran berikutnya.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah ujian beberapa mata pelajaran tertentu yang diselenggarakan oleh sekolah untuk mengukur pencapaian kompetensi pembelajaran kamu berdasarkan standar kompetensi lulusan. Nah, kalau kamu lulus USBN dengan nilai yang baik, kamu akan memperoleh pengakuan atas prestasi belajar kamu.

Berbeda dengan US yang diselenggarakan pribadi oleh sekolah kamu, penyusunan dan penetapan kisi-kisi USBN disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) berdasarkan kriteria pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku dengan standar nasional. 

Nah itu dia ulasan Mipi mengenai istilah-istilah baru ujian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat buatmu, ya! 

Supaya persiapan untuk hadapi tahun ajaran baru 2023 kamu semakin maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bimbel online Pahamify, lho.

Kamu bisa belajar pakai video materi SMA berkonsep gamifikasi, bank soal, dan berbagai fitur seru lainnya di paket Prime, atau ikutan kelas online bareng Rockstar Teacher andalan di LiveClass. Pasti udah kepo, kan? Makanya buruan download aplikasi Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Editor: Adenia Nadira Tuzenitha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *