Pahamifren, kamu pasti tahu kan kalau Indonesia termasuk negara yang padat penduduk? Bagaimana sih cara mengelompokkannya? Nah, kali ini, Mipi mau mengajak kamu membahas Materi Geografi Kelas 11 tentang Pengertian Komposisi Penduduk dan Piramida Penduduk. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Komposisi Penduduk

Apa sih pengertian komposisi penduduk? Bagaimana cara membuat piramida penduduk?

Apa sih yang dimaksud komposisi penduduk? Dalam ilmu Geografi, komposisi penduduk dianggap sebagai sebuah susunan atau pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria tertentu.

Nah, untuk mempermudah penentuan jumlah penduduk, komposisi penduduk disusun berdasarkan kriteria-kriteria tersebut. Misalnya berdasarkan demografinya, seperti usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan lain seabgainya.

Pengelompokan komposisi penduduk ini, juga bisa digunakan sebagai acuan dasar dalam pembentukan kebijakan pembangunan suatu negara, lho!

Macam-Macam Komposisi Penduduk

Secara umum, komposisi penduduk diklasifikasikan menjadi beberapa macam sesuai kriteria. Macam-macam komposisi penduduk tersebut, antara lain:

Komposisi Biologis

Komposisi biologis mengelompokkan penduduk berdasarkan ras, etnis, warna kulit, umur, dan jenis kelamin.

Komposisi Budaya 

Komposisi budaya mengelompokkan penduduk berdasarkan pendidikan, status perkawinan, agama, dan bahasa.

Komposisi ekonomi 

Komposisi ekonomi mengelompokkan penduduk berdasarkan status pekerjaan penduduk.

Fungsi Komposisi Penduduk

Mengenal pengertian komposisi penduduk dan piramida penduduk. Bagaimana komposisi penduduk di Indonesia?

Dari pengertian komposisi penduduk, kita jadi tahu, kalau komposisi penduduk sangat membantu penentuan jumlah penduduk suatu negara. Nggak cuma itu saja, ternyata komposisi penduduk juga memiliki banyak fungsi lain, di antaranya:

  • Untuk mengetahui gambaran penduduk di suatu daerah dalam berbagai kriteria.
  • Memudahkan pemerintah merancang strategi dan kebijakan untuk pembangunan suatu negeri.
  • Memudahkan pemerintah mengklasifikasikan penduduk sebagai arah pencapaian pembangunan nasional.
  • Untuk mengetahui potensi sumber daya manusia suatu daerah, berdasarkan umur, jenis kelamin, status pendidikan, maupun pekerjaan.

Piramida penduduk

Kalau komposisi penduduk sudah dibuat, kamu tentu membutuhkan grafik untuk mengetahui perbandingan golongan penduduk pada setiap kriteria. Nah, dalam ilmu Geografi, grafik komposisi penduduk tersebut digambarkan dalam bentuk piramida, yang disebut piramida penduduk.

Jadi, piramida penduduk adalah grafik untuk menunjukkan dan membandingkan komposisi penduduk. Adapun cara dalam membuat piramida penduduk adalah sebagai berikut.

  1. Penduduk dikelompokan berdasarkan jenis kelamin, biasanya laki-laki berada di sebelah kiri piramida, dan perempuan di sebelah kanan.
  2. Baik kelompok laki-laki maupun perempuan dibagi lagi menurut kelompok umur, biasanya menggunakan interval 5 tahun, misalnya 0-5, 5-9, 10-14, dan seterusnya.

Macam-Macam Piramida Penduduk

Usia dan jenis kelamin menjadi faktor penting untuk menyusun piramida penduduk. Berdasarkan pengelompokan penduduk sesuai usia dan jenis kelamin, ada tiga macam bentuk susunan piramida penduduk, antara lain:

Piramida Penduduk Ekspansif

Piramida penduduk ekspansif digambarkan dalam bentuk segitiga limas. Piramida ini terbentuk kalau mayoritas penduduknya berusia muda, yaitu di bawah 15 tahun. Piramida ini terjadi karena angka kelahiran lebih tinggi daripada angka kematian. Contoh piramida penduduk ekspansif banyak ditemui di negara berkembang, seperti Malaysia, Filipina, India, dan Indonesia.

Piramida Penduduk Stasioner 

Jenis piramida ini bentuknya merata sehingga ada yang menyebutnya seperti granat. Piramida penduduk stasioner menunjukkan tingkat kelahiran dan kematian yang seimbang di suatu negara. Piramida ini biasanya terdapat di negara maju, seperti Singapura, Jepang, Inggris, dan Brunei.

Piramida Penduduk Konstruktif 

Bentuk piramida penduduk konstruktif terlihat seperti batu nisan. Piramida ini menyajikan tingkat kelahiran yang rendah dan tingkat kematian yang sangat tinggi. Kalau suatu negara memiliki piramida penduduk seperti ini terus menerus, pertumbuhan penduduk di negara tersebut akan berjalan lambat. Contohnya, negara Jerman, Swiss, dan Belgia.

Angka Beban Ketergantungan (Dependency Ratio)

Sampai di sini sudah paham kan tentang pengertian komposisi penduduk dan piramida penduduk? Nah, komposisi dan piramida penduduk tersebut juga bisa digunakan untuk menghitung angka beban ketergantungan atau dependency ratio, lho! Lalu, apa sih angka beban ketergantungan itu?

Angka beban ketergantungan merupakan angka yang menyatakan perbandingan antara jumlah penduduk yang produktif (usia di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun) dengan banyaknya penduduk usia produktif (15-64 tahun). Lewat komposisi penduduk dan piramida penduduk, kamu bisa lebih mudah menghitung angka beban ketergantungan.

Angka beban ketergantungan ini berguna untuk mengidentifikasi apakah suatu daerah memiliki ketergantungan ekonomi yang tinggi atau tidak. Kalau daerah tersebut memiliki ketergantungan yang tinggi, maka potensi pertumbuhan ekonominya tidak terlalu tinggi.

Pertumbuhan Penduduk 

Nggak cuma angka beban ketergantungan, laju pertumbuhan penduduk pun bisa kamu ketahui lewat komposisi penduduk dan piramida penduduk. Jadi, kamu bisa tahu cepat atau lambatnya pertumbuhan suatu penduduk dari data yang disajikan.

Kamu juga dapat menganalisis faktor pertumbuhan penduduk dari data tersebut, lho! Biasanya, faktor-faktor tersebut, seperti kelahiran, kematian, dan adanya migrasi penduduk. Wah, komposisi dan piramida penduduk ternyata memiliki banyak manfaat ya, Pahamifren!

Itu dia ulasan materi Geografi kelas 11 tentang pengertian komposisi penduduk dan piramida penduduk. Buat kamu yang ingin belajar materi pelajaran lainnya, unduh aplikasi belajar online Pahamify.

Video pembelajaran dan metode belajar gamifikasi yang menarik dari Pahamify bisa membuat proses belajarmu lebih seru dan menyenangkan.

Nah, khusus buat para pejuang UTBK 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Ada ratusan soal try out ter-update, yang dirancang khusus sesuai prinsip HOTS yang membantu persiapan UTBK semakin matang.

Kamu juga bisa bergabung dalam Pahamify Accelerator Program untuk melatih kemampuan menjawab soal UTBK SBMPTN 2021. Tunggu apalagi, download Pahamify sekarang, dan raih PTN impianmu. Pahamify #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version