Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang masih sering kerja sama atau mencontek pembahasan saat mengerjakan soal try out UTBK? Kalau hal itu kerap kamu lakukan, berarti kamu sedang tidak jujur terhadap diri sendiri, lho. Padahal, kejujuran menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam proses belajar.

Pada artikel ini, Mipi mau membahas pentingnya jujur dalam pengerjaan soal try out UTBK, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri tanggal 17 Mei 2020. Dari cuitannya, Kak Fikri menekankan kejujuran dalam esensi try out dan dampak berbohong pada otak kita. Langsung saja, yuk baca pembahasannya!

Kenapa Harus Jujur saat Mengerjakan Try Out UTBK?

Esensi mengerjakan soal try out UTBK yaitu sebagai bentuk latihan aktif dan evaluasi untuk persiapan UTBK 2021 mendatang. Selain itu, try out juga berfungsi sebagai simulasi UTBK untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kamu dalam menguasai materi UTBK. Simulasi yang dilakukan melalui try out UTBK ini baru bisa berjalan efektif kalau kamu jujur dalam mengerjakannya.

Kalau kata Kak Fikri, kamu memang perlu membandingkan hasil try out dengan yang lain, namun hanya untuk sebatas memotivasi diri sendiri. Jangan malah menjadikan try out sebagai ajang aktualisasi diri atau pencarian validasi untuk sombong.

Apabila kamu menjadikan try out sebagai ajang pamer-pameran nilai, kamu akan menggunakan segala cara, termasuk berbohong hanya untuk mendapatkan nilai try out yang bagus. Jika sudah seperti ini, manfaat dari try out tidak akan bisa kamu rasakan secara maksimal.

Tidak jujur dalam proses pengerjaan soal try out UTBK tidak memiliki dampak positif untukmu, selain cuma menipu diri sendiri. Sebab, nilai try out fungsinya hanya mengukur kemampuan, tidak cocok untuk ajang validasi.

Nah, buat kamu yang sudah jujur dalam pengerjaan try out, tidak perlu merasa frustasi atau kecewa jika nilai try out UTBK 2021 kamu belum maksimal. Kamu hanya perlu evaluasi cara belajar kamu dan berusaha lebih keras lagi agar hasil try out UTBK meningkat.

Sebagai manusia, membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu wajar. Namun, jangan lupa tetap apresiasi dan hargai kerja keras kamu yang bersikap jujur. Itulah proses belajar persiapan UTBK yang sejati.

Bahaya Berbohong untuk Otak

Selain tidak mendapatkan manfaat dari esensi try out UTBK, membohongi kemampuan diri sendiri dalam mengerjakan soal try out UTBK ternyata juga mempunyai dampak negatif bagi otak, lho. Menurut penelitian, saat pertama kali berbohong, jumlah sinyal otak yang mereaksi kebohongan tersebut sangat banyak, terutama pada bagian otak bernama amygdala yang bereaksi dan memproses emosi. Itulah sebabnya saat kamu tidak jujur dalam pengerjaan try out untuk pertama kali, kamu akan merasa khawatir, deg-degan, atau merasa bersalah.

Pentingnya jujur saat mengerjakan try out sebagai evaluasi dan proses belajar sejati. Simak penjelasannya di artikel ini.

Namun, saat sudah terbiasa melakukan kebohongan dalam belajar, semakin kecil reaksi yang muncul di otak. Artinya, kamu sudah enggak merasakan deg-degan atau panik lagi saat berbohong. Otak kamu telah beradaptasi terhadap kebohongan yang kamu lakukan. Semakin sering tidak jujur pada pengerjaan soal try out UTBK, semakin biasa-biasa saja rasanya berbohong.

Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak pada masa depan kamu. Bukan tidak mungkin kamu akan sering melakukan kebohongan, bukan hanya pada pengerjaan soal tapi juga pada aspek-aspek lainnya dalam kehidupan. Enggak mau hal itu terjadi kan?

Maka dari itu, yuk mulai tanamkan sikap jujur dalam belajar. Baik berperilaku jujur pada diri sendiri maupun pada lingkungan sekitar. Hal itu bisa membawa kamu pada kebaikan dan hal-hal bermanfaat.

Manfaat Jujur saat Pengerjaan Soal Try Out UTBK

Ternyata, jujur saat pengerjaan soal try out UTBK bisa membuat otak kamu aktif saat belajar, alias active learning kamu meningkat. Berperilaku jujur saat mengerjakan soal pasti menuntut kamu untuk berpikir dan mencari jawaban yang benar.

Jadi, bukan hanya sekadar copy-paste dari pembahasan atau menyontek dari teman. Kamu pun akan dipaksa untuk paham terkait soal yang kamu kerjakan. Dengan begitu, proses belajarmu pasti menjadi jauh lebih baik.

Pada akhir cuitan Twitternya, Kak Fikri mengingatkan buat kamu yang sudah jujur dalam pengerjaan try out UTBK, enggak perlu kesal sama yang mengerjakan try outnya enggak jujur. Lebih baik fokus pada diri sendiri dan memikirkan cara supaya hasil UTBK 2021 mendatang menjadi lebih baik. Kejar ketertinggalan materi dan perbanyak latihan soal UTBK biar persiapan UTBK 2021 yang tinggal beberapa minggu lagi ini semakin matang.

Nah, itulah ulasan terkait pentingnya jujur selama pengerjaan soal try out UTBK. Mudah-mudahan, informasi ini bermanfaat untuk melancarkan persiapanmu menghadapi UTBK SBMPTN 2021, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal UTBK, kamu bisa mencobanya di fitur Try Out Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK 2021 ter-update yang bisa kamu coba. Contoh soal try out Pahamify dilengkapi dengan video pembahasan yang menarik sehingga pas untuk menjadi referensi belajar kamu, lho.

Kalau mau mengejar ketertinggalan materi UTBK 2021, kamu bisa berlangganan Paket SKS dari Pahamify. Lewat Paket SKS, kamu bisa mendapatkan akses berbagai fitur menarik yang bisa memaksimalkan persiapan belajar UTBK secara intensif. Cek info Paket SKS Pahamify di link ini.

Tunggu apalagi, yuk lebih siap #TaklukkanUTBK bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang di sini dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll