Hayo, siapa di antara Pahamifren yang masih malas membaca buku? Rasa malas membaca buku ini biasanya terjadi karena kamu menganggap semua buku membosankan dan tidak memiliki ketertarikan untuk memulainya. Padahal, membiasakan diri membaca buku itu sangatlah penting dan kaya manfaat, lho. Mungkin sedari kecil kamu sering mendengar kalau pentingnya membaca buku yaitu agar kamu bisa mengerjakan PR dengan baik dan benar.

Tapi, apakah hanya itu saja manfaatnya? Tentu enggak, Pahamifren. Biar lebih jelas, Mipi bakal membahas pentingnya membaca buku, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, CEO Pahamify. Enggak terlewat, Mipi bakal membagikan apa saja manfaat membaca buku bagi pelajar SMA. Langsung cek pembahasannya di artikel ini.

Pentingnya Membaca Buku

Sebagian dari kamu mungkin bertanya, kenapa membaca buku itu penting? Padahal, di era perkembangan teknologi saat ini, artikel dari blog maupun media sosial sudah cukup untuk memperoleh informasi. Lalu, kenapa pelajar masih perlu membaca buku?

Dari cuitannya, Kak Fikri menekankan pentingnya membaca buku yaitu untuk mengembangkan literasi seseorang. Secara tidak langsung, kalau kamu punya literasi yang baik dari buku, kamu ikut berkontribusi meningkatkan rerata bangsa Indonesia ke depannya. Sebenarnya, literasi ini bisa kamu asah dari film dokumenter, diskusi, membaca artikel, dan lain-lain. Namun, hal itu belum lengkap tanpa membaca buku.

Pengetahuan yang kamu peroleh dari media-media selain buku sama halnya kopi instan. Sudah diatur sedemikian rupa agar bisa dinikmati semua orang. Namun, hal itu bukan pengetahuan mendalam dan lengkap. Informasi yang kamu peroleh tidak terorganisasi secara rapi dan lengkap seperti kegunaan buku.

Menurut Kak Fikri, tanpa membaca buku, kita hanya belajar dari ‘puncak gunung es’, kamu cuma menerima materi dari luarnya saja. Akibatnya, kamu sekadar mengerti garis besar informasinya saja tanpa benar-benar paham maksudnya seperti apa. Kak Fikri menyebut situasi tersebut sebagai ‘chauffeur knowledge’. Nah, pentingnya membaca buku ini salah satunya untuk membuat pengetahuan kamu semakin mendalam terkait suatu hal.

Pahami dan  Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah, Lebih Baik Sesuai Prospek Kerja atau Minat?

Membaca buku bisa membuat kamu memahami lagi gagasan yang disampaikan penulis, sudut pandangnya, atau bahkan latar belakang penulis itu sendiri. Kamu juga bisa tahu referensi dan penelitian yang dilakukan penulis terkait suatu topik itu seperti apa. Saat menyelami informasi melalui buku seperti ini, kamu akan memiliki tataran yang lebih dalam dan kritis untuk menyikapi suatu hal. Jadi, ketika mengerjakan tugas atau berdiskusi, kamu sudah memiliki literasi dan sudut pandang yang luas.

Manfaat Membaca Buku bagi Pelajar

Enggak cuma untuk memperkaya literasi, saat membaca buku kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat, di antaranya:

Memperkaya Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Seseorang yang gemar membaca akan memiliki pengetahuan yang kaya. Hal ini karena informasi dan wawasan yang kamu peroleh semakin banyak. Cara pandang terhadap suatu hal pun lebih terbuka karena kamu bisa memahami sesuatu dari berbagai perspektif. Kamu juga menjadi orang yang ‘nyambung’ ketika diajak berdiskusi tentang topik tertentu.

Agar bisa mengasah pengetahuan dan pemahaman umum kamu, sebaiknya mulai biasakan membaca berbagai topik bacaan yang bervariasi. Pengetahuan dan pemahaman umum yang kaya ini bisa membantu persiapan kuliah kamu, lho. Khususnya dalam mengerjakan soal TPS UTBK di seleksi SBMPTN.

Menambah Perbendaharaan Kata

Kamu tentu tahu, soal TPS di UTBK SBMPTN dan Ujian Mandiri kerap menanyakan antonim, sinonim, dan makna dari suatu kata dalam teks bacaan. Apabila kamu tidak memiliki perbendaharaan kata yang baik, kamu bisa kesulitan mengerjakan soal-soal tersebut. Cara memperbanyak perbendaharaan kata ini bisa kamu lakukan dengan mulai membaca. Saat membaca, kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang dapat kamu jadikan referensi untuk menyampaikan suatu hal dengan jelas.

Melatih Fokus dan Konsentrasi Belajar

Selama membaca buku, kamu akan fokus pada bacaan. Konsentrasi belajar kamu pun akan meningkat untuk bisa menyerap informasi dengan baik. Kebiasaan rajin membaca buku juga bisa membuat otak mengingat berbagai hal dengan mudah. Sebab, dalam proses membaca, kamu sedang membentuk memori baru dan memperkuat memori yang sudah ada.

Pahami dan  Merancang Persiapan Kuliah bagi Siswa Kelas 10 & 11, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Manfaat membaca buku yang satu ini masih berkaitan dengan literasi. Apabila kamu sering membaca, kamu akan terbiasa dengan kata, kalimat, dan paragraf. Kamu juga dapat memahami kaidah penulisan yang benar seiring berjalannya waktu. Hasilnya, hal ini akan memudahkan kamu dalam menuliskan apa yang kamu pikirkan secara rapi dan jelas. Jadi, kalau Pahamifren ingin jago menulis, jangan lupa rajin membaca buku, ya!

Mengasah Kreativitas

Saat membaca buku, kamu bisa menemukan gagasan atau ide-ide baru yang dapat mengembangkan kreativitas berpikir. Kreativitas tersebut dapat melatih kamu untuk mengapresiasi orang lain dengan penuh empati. Itu karena orang kreatif cenderung membuka diri dengan berbagai hal-hal baru. Kreativitas yang diperoleh dari membaca buku juga berguna untuk melatih kamu dalam bercerita, berdiskusi, atau menulis tulisan yang mudah dipahami semua orang.

Nah, itu dia ulasan mengenai pentingnya membaca buku bagi pelajar SMA. Setelah mengetahui betapa berfaedahnya kegunaan buku, kamu mulai tertarik untuk rajin membaca, kan? Biar kegiatan membaca berlangsung optimal, jangan lupa gunakan aplikasi Pahamify untuk memperkaya referensi dari sumber lain.

Kamu bisa memperkaya teks bacaan dengan mencoba latihan soal di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK dan Ujian Mandiri berkonsep HOTS, yang pastinya bisa meningkatkan kemampuan membaca kamu. Jangan lupa upgrade ke TryOut Pahamify Premium agar mendapatkan akses ke berbagai fitur belajar seru untuk persiapan kuliah. Cek juga penawaran menarik dari Pahamify di https://pahamify.com/promo/

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fiturnya untuk lebih siap raih kampus impian.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version