Pahamifren, pernah enggak kamu merasa sedang berada di titik terendah dan merasa sulit bangkit kembali? Merasa lelah akan semua hal yang dihadapi. Contohnya, tugas menumpuk banyak, persiapan ujian terlalu singkat, kondisi keluarga, masalah pertemanan, dan masih banyak lagi. Sampai-sampai semua hal tersebut mengganggu proses belajar dan kamu bingung harus berbuat apa.

Nah, kalau kamu merasakan persoalan tersebut, mungkin kamu butuh support system. Memangnya support system itu apa sih, Mipi? Lalu, sepenting apa memilikinya dalam proses belajar? Mari cari tahu bersama di ulasan ini.

Apa Itu Support System?

Support system adalah istilah untuk orang-orang yang senantiasa membantumu serta berada di sampingmu saat suka maupun duka. Orang-orang yang kamu percayai sebagai tempat berkeluh kesah, bersandar, serta senantiasa memberikan dukungan kepadamu. Support system ini bisa saja orang tua, saudara, sahabat, pasangan, dan temanmu.

Kalau kamu mendapatkan dukungan dari orang-orang tersebut, kamu tidak akan merasa kesepian lagi, Pahamifren. Mereka dapat membantumu melewati masa-masa sulit dan mencari jalan keluarnya bersama. Jadi, kamu bisa lebih siap menghadapi semua hal yang terjadi.

Bagaimana cara membangun support system positif untuk menunjang prestasi belajar siswa?

Pentingnya Memiliki Support System dalam Proses Belajar

Mendapatkan dukungan dari orang-orang yang kamu percayai itu sangat penting, lho. Kehadiran dan dukungan dari mereka sangat berpengaruh pada pengembangan diri serta kehidupanmu. Kalau bagi siswa, hal ini juga berpengaruh terhadap keefektifan belajar. Biar lebih jelas, inilah beberapa alasan pentingnya memiliki support system dalam proses belajar efektif.

Membuat Merasa Nyaman

Saat mengalami masalah, apakah kamu sering gelisah dan susah mendapatkan ketenangan? Kalau iya, keberadaan orang-orang terdekatmu bisa menjadi solusinya. Cukup berbagi cerita dengan mereka dapat membuatmu merasa lebih nyaman. Kalau sudah merasa nyaman, pikiran pun bisa menjadi lebih tenang dan jernih untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Meminimalkan Stres

Adakalanya kamu mengalami stres karena belajar. Apalagi, saat kamu harus menghadapi beban belajar yang cukup rumit, misalnya tugas menumpuk atau soal terlalu sulit. Apabila tidak diatasi dengan baik, kemungkinannya yang terjadi adalah burn out, kekebalan tubuh menurun, sampai depresi.

Manfaat support system di sini yaitu supaya kamu mampu menghadapi tekanan yang sedang dirasakan. Bahkan, dukungan dari orang terdekat ketika kamu menghadapi masalah dinilai mampu mengurangi stres maupun risiko gangguan mental.

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dengan support system tepat, kamu akan lebih termotivasi mencapai target atau impianmu. Misalnya, impianmu adalah masuk PTN favorit. Mereka akan mendukung dan selalu mengingatkan kamu belajar giat agar target tersebut tercapai. Jadi, kamu enggak bakal malas belajar atau kehilangan motivasi belajar lagi deh.

Membantu Membuat Keputusan

Persoalan dalam proses belajar yang kamu hadapi dapat memengaruhi hal yang akan dilakukan nantinya. Agar tidak melakukan sesuatu secara gegabah dan membuat menyesal, cobalah bercerita serta meminta saran pada orang terdekat. Manfaat support system secara tidak langsung yaitu memengaruhi kamu dalam mengambil keputusan yang bijak. Adanya dukungan positif dari mereka sejalan dengan keputusan baik yang akan kamu buat.

Menjadi Pribadi Tangguh

Dukungan dari orang terdekat dapat membuatmu bangkit dari titik terendah yang mungkin sedang kamu alami. Kamu pun lebih bisa menghadapi masalah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang menjadikan kamu lebih dewasa, kuat, serta tangguh dalam menyikapi segala situasi kelak.

Cara Membangun Support System Positif

Setelah tahu pentingnya mendapatkan dukungan dari orang yang kamu percayai, kini Mipi akan membagikan beberapa cara membangun support system positif. Apa saja itu?

Hindari Menaruh Ekspektasi

Menaruh terlalu banyak harapan kepada orang lain cenderung membuat kamu selalu mengandalkan orang tersebut. Hal ini bisa membuat kamu kecewa apabila ekspektasi itu ternyata tidak terpenuhi. Selain itu, menaruh ekspektasi berlebih juga bisa menjadi hambatan dalam hubungan, lho. Support system positif harus didasari oleh rasa ikhlas tanpa mengharapkan pemberian atau balasan apa pun.

Jangan Egois

Untuk membangun support system positif, dibutuhkan hubungan secara dua arah. Hal itu tidak akan berhasil jika masih ada keegoisan dalam dirimu. Intinya, jangan hanya mengharapkan orang terdekat saja yang membantu dan mendukungmu. Kamu pun harus bisa membahagiakan dan menjadi penyemangat bagi mereka saat suka maupun duka.

Kamu dan orang terdekatmu harus saling menghargai. Menerima kelebihan dan kekurangan, serta menghargai pendapat, budaya, bahkan hobi akan membuat kamu maupun orang terdekatmu merasa bernilai sehingga tercipta hubungan yang positif.

Belajar bareng teman seperjuangan di fitur live class Pahamify, menjadi salah satu solusi membangun support system yang efektif dan menyenangkan.

Mencintai Diri Sendiri

Sebelum mendapatkan semangat dan dukungan dari orang lain, kamu harus terlebih dahulu percaya dengan kemampuanmu. Begitu pula jika kamu ingin dicintai oleh orang lain, kamu juga harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Meski support system akan selalu menjaga dan menyemangatimu, percayalah bahwa kamu sendiri juga termasuk ke dalam sistem tersebut.

Ketika kamu sudah mencintai diri sendiri, kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi yang rumit. Contohnya, saat kamu menghadapi kejenuhan belajar, kamu percaya pada kemampuanmu untuk mencari solusi, seperti mengubah cara belajar atau mencari sarana belajar tepat. Jadi, selain dari orang lain, kamu juga bisa mengandalkan diri sendiri dalam menyelesaikan masalah.

Nah, itulah informasi mengenai pentingnya support system yang positif dan cara membangunnya. Mudah-mudahan, ulasan ini bermanfaat untuk pengembangan diri dan membuat proses belajar kamu makin efektif, ya.

Bagi kamu yang ingin belajar online efektif di rumah, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di sini. Dilengkapi video belajar animasi, rangkuman dan bank soal SMA, try out online, kelas online, serta segudang fitur keren lainnya, Pahamify cocok menjadi sarana serta teman belajar persiapan raih kampus impian.

Yuk, belajar seru bareng Pahamify! Manfaatkan berbagai fitur kerennya agar lebih siap menuju back to school yang menyenangkan.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version