Pahamifren, siapa yang sedang galau menentukan jurusan kuliah? Bagi kamu yang tertarik masuk rumpun sosial-politik, jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan bisa menjadi pilihan tepat. Namun perlu kamu tahu, kedua jurusan ini punya disiplin ilmu yang berbeda. Jurusan Ilmu Politik lebih berkaitan dengan politik, sedangkan Ilmu Pemerintahan fokus pada sektor pemerintahan. Supaya kamu enggak salah pilih jurusan, berikut ini akan dibahas secara lengkap perbedaan jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan. Yuk, disimak!

Mengenal Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Politik

Secara garis besar, jurusan Ilmu Politik adalah program kuliah yang mempelajari tentang teori dan praktik politik. Kamu akan belajar konsep dasar, teori, serta aktor-aktor yang berperan dalam perkembangan sosial-politik. Selain itu, kamu juga akan menganalisis lebih jauh permasalahan politik yang sedang terjadi dan memberikan solusi atas hal tersebut.

Kajian seputar sistem politik, birokrasi, has asasi manusia, dan etika sosial-politik dibahas secara lengkap di jurusan ini. Bahkan, kamu dapat mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah yang memengaruhi pembentukan struktur politik suatu negara. Jika kamu tertarik pada aspek sosial masyarakat atau kepentingan rakyat, maka jurusan Ilmu Politik adalah pilihan yang cocok.

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, seperti lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Lembaga di sektor pemerintahan lainnya yang berfungsi menjalankan fungsi negara sesuai aturan undang-undang akan dikaji lebih lanjut di jurusan ini. Selain itu, kamu juga akan dibekali teori-teori untuk menganalisis fenomena dalam pemerintahan.

Bagi kamu yang tertarik terjun ke dunia pemerintahan, khususnya pada pelayanan publik, maka jurusan Ilmu Pemerintahan bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Apalagi, pemerintahan di Indonesia yang sangat dinamis dan menjunjung tinggi demokrasi masih membutuhkan banyak sumber daya manusia ahli di bidang ilmu pemerintahan. Jadi, peluang kerjanya pun pasti terbuka lebar, Pahamifren.

Pahami dan  Lakukan 5 Hal Ini setelah Dinyatakan Lolos UTBK SBMPTN 2021

Perbedaan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan

Salah satu perbedaan Ilmu Politik dan Pemerintahan yaitu pada ruang lingkupnya. Ruang lingkup Ilmu Politik meliputi teori politik, lembaga politik, partai politik, dan hubungan internasional. Keempat hal tersebut erat kaitannya dengan aspek sosial masyarakat dan kepentingan rakyat.

Sementara Ilmu Pemerintahan, objek maupun ruang lingkupnya berupa asas-asas pemerintahan, sistem pemerintahan, fungsi pemerintahan, pembagian kekuasaan, bentuk pemerintahan, dan lain-lain. Jurusan Ilmu Pemerintahan erat kaitannya dengan lembaga negara dan pelayanan publik.

Tidak hanya itu, perbedaan kedua jurusan ini juga terletak pada mata kuliah, keahlian, dan prospek kerja setelah lulus nanti. Berikut rinciannya:

Mata Kuliah yang Dipelajari

Dalam jurusan Ilmu Politik, kamu akan mempelajari sistem politik yang ada di Indonesia. Mata kuliah Ilmu Politik mencakup Pengantar Ilmu Politik, Pemikiran Politik Indonesia, Etika Politik, Teori Perwakilan Politik, Media dan Pemasaran Politik, Birokrasi Indonesia, dan masih banyak lagi. Disiplin ilmu lainnya seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, serta psikologi yang berkaitan dengan politik juga bisa kamu temui di jurusan ini.

Sedangkan, pada jurusan Ilmu Pemerintahan, kamu akan belajar seluk beluk pemerintahan. Mulai dari Sistem Pemerintahan Indonesia, Sistem Administrasi Publik, Ekologi Pemerintahan, Manajemen dan Komunikasi Pemerintah, Kajian Pelayanan Publik, Teori Kebijakan Publik, hingga Proses Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif.

Keahlian yang Dibutuhkan

Beberapa keahlian yang dibutuhkan dalam jurusan Ilmu Politik adalah kemampuan riset, berpikir kritis, daya analisis kuat, serta berwawasan luas. Keahlian tersebut menunjang proses perkuliahan yang lebih banyak mengajarkan teori dan melakukan riset. Mahasiswa Ilmu Politik juga harus bisa bersikap cerdas, tertata, dan dapat menggunakan ilmunya untuk kepentingan rakyat.

Sementara pada jurusan Ilmu Pemerintahan, kamu perlu mengasah keahlian komunikasi seperti public speaking dan negosiasi. Karena sektor pemerintahan berhubungan dengan kepentingan umum, kamu juga harus berpikir kritis, logis, dan berwawasan luas agar tidak salah mengambil suatu keputusan nantinya.

Pahami dan  Mau Kuliah di UGM? Simak 5 Alasan Terbaik Memilih UGM sebagai Tempat Kuliah

Prospek Kerja

Berbicara tentang peluang kerja jurusan Ilmu Politik, kamu pasti langsung terbayang anggota DPR atau partai politik kan? Eits! Lulusan Ilmu Politik tidak melulu bekerja sebagai dua profesi itu saja, lho. Setelah lulus, kamu bisa menjadi peneliti, pengamat politik, dosen, konsultan politik, birokrat pemerintahan, jurnalis politik, atau bahkan menjadi anggota PBB. Keren kan?

Kalau prospek kerja Ilmu Pemerintahan biasanya terkait dengan birokrasi dan administrasi pemerintahan. Kamu dapat berkarir sebagai aparat pemerintahan atau anggota legislatif. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), menjadi konsultan pemerintah, dosen, atau bahkan jurnalis pemerintahan.

Rekomendasi Universitas

Sampai sini, kamu sudah mulai tahu perbedaan jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan kan? Supaya persiapan kuliah kamu lebih terarah, Mipi telah merangkum universitas dengan jurusan Ilmu Politik maupun Ilmu Pemerintahan terbaik di Indonesia. Berikut daftar rekomendasi universitas yang bisa kamu pilih:

Universitas yang Menyediakan Jurusan Ilmu Politik

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • Universitas Nasional Jakarta

Universitas yang Menyediakan Jurusan Ilmu Pemerintahan

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Islam Riau
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Nah, itulah ulasan mengenai jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan yang wajib kamu tahu. Sudah menentukan mau mengambil jurusan apa saat kuliah nanti, Pahamifren? Yuk, segera persiapkan dirimu sekarang menggunakan aplikasi belajar online Pahamify, yang bisa kamu unduh di sini.

Dilengkapi video belajar berkonsep gamifikasi, rangkuman, bank soal SMA, kelas online, serta try out online PTS/PAS, UTBK, dan Ujian Mandiri, Pahamify pastinya siap membantumu meraih jurusan impian. Ayo kejar impiamu bareng Pahamify! Download aplikasinya sekarang.

Pahami dan  Penting untuk Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Memiliki Hobi yang Wajib Kamu Tahu

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Jurusan Kuliah Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Apa Bedanya?

ghina nur fauziyah
June 12, 2021 at 4:49 am

siang ka..

terimakasih sudah memberikan informasi mengenai perbedaan ilmu politik dan ilmu pemerintah
dan perbedaannya diruang lingkup.

termakasih ka sekali lagi

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version