Pahamifren, sudah tahu belum berapa kira-kira standar nilai UTBK untuk masuk SBMPTN tahun 2021? Wah, sepertinya hal tersebut cukup sulit diprediksi, ya. Pasalnya, setiap nilai terbaik UTBK tentu ditentukan oleh setiap peserta UTBK 2021 nanti. Selain itu, skor UTBK tertinggi pada SBMPTN 2020 juga belum tentu sama dengan tahun 2021.

Meski demikian, kamu bisa menggunakan skor UTBK tertinggi pada tahun 2020 sebagai acuan target skor aman yang harus kamu peroleh pada UTBK tahun ini, lho! Jadi, persiapan UTBK yang kamu lakukan dapat lebih terukur dengan adanya target skor tersebut.

Kali ini Mipi mau membahas daftar PTN dengan rata-rata skor UTBK tertinggi 2020 pada rumpun Saintek dan Soshum. Simak artikel ini sampai selesai ya, biar kamu bisa menentukan target skor UTBK 2021 berdasarkan universitas impianmu.

Universitas dengan Nilai UTBK Tertinggi 2020 (Saintek)

Berikut merupakan daftar 10 PTN dengan rata-rata nilai UTBK tertinggi pada rumpun Saintek:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB): 624,07
  2. Universitas Indonesia (UI): 620,01
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM): 611,45
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): 606,77
  5. Universitas Diponegoro (Undip): 592,55
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad): 589,08
  7. Universitas Airlangga (Unair): 588,48
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS): 587,39
  9. Institut Pertanian Bogor (IPB): 586,18
  10. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta: 585,77
Mengetahui universitas dengan skor UTBK tertinggi tahun lalu, bisa menjadi referensi untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2021 lho.

Dari daftar di atas, kamu pasti sudah tahu kalau yang menempati daftar-daftar tersebut adalah kampus-kampus negeri populer. Bahkan, empat universitas di urutan pertama juga menempati posisi yang sama di tahun 2019 lalu.

Itu artinya, posisi keempat universitas teratas, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember tak tergoyahkan, Pahamifren! Kalau kampus impianmu termasuk dalam daftar di atas, berarti kamu harus belajar lebih giat lagi supaya bisa mendapatkan skor yang sama, atau bahkan lebih tinggi dari daftar skor tersebut.

Universitas dengan Skor UTBK Tertinggi 2020 (Soshum)

Setelah rumpun Saintek, kini saatnya membahas 10 PTN yang menghasilkan rata-rata skor UTBK tertinggi pada rumpun Soshum. Berikut daftarnya:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB): 628,59
  2. Universitas Indonesia (UI): 608,63
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM): 608,04
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): 586,63
  5. Universitas Diponegoro (Undip): 583,80
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad): 582,63
  7. Universitas Airlangga (Unair): 581,39
  8. Universitas Brawijaya (UB): 572,96
  9. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta: 569,75
  10. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta: 569,12

Daftar peringkat di atas sedikit berbeda dengan tahun 2019 lalu. Sebelumnya, peringkat pertama PTN yang menghasilkan rata-rata nilai UTBK terbaik adalah Universitas Indonesia. Pada tahun 2020, posisi tersebut diduduki oleh Institut Teknologi Bandung.

Sedikit mengejutkan ya, Pahamifren. Institut Teknologi Bandung yang biasanya unggul dalam bidang Saintek ternyata juga menghasilkan rata-rata skor UTBK terbaik pada rumpun Soshum. Rata-rata skor UTBK tersebut banyak diperoleh dari Fakultas Seni Rupa dan Desain. Karena hal ini, Institut Teknologi Bandung berhasil menjadi ultimate winner pada semua rumpun UTBK 2020.

Tips Mendapatkan Skor Tinggi pada UTBK 2021

Setelah melihat data PTN yang menghasilkan skor UTBK tertinggi pada tahun 2020, kamu pasti menjadi lebih termotivasi berusaha lebih keras agar bisa masuk ke PTN impian. Nah, Mipi mau berbagi beberapa tips mendapatkan skor tinggi pada UTBK 2021. Apa saja tips-tipsnya? Mari kita bahas satu per satu.

Mempersiapkan Diri Menghadapi UTBK

Materi yang diujikan dalam UTBK 2021 itu banyak banget, Pahamifren. Kamu enggak bisa menguasainya hanya dengan sistem kebut semalam. Bukannya menguasai materi, yang ada kamu malah burn out dan lupa semua materinya.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar memiliki waktu yang cukup untuk menguasai semua materi tersebut. Kalau materi UTBK sudah kamu kuasai, peluang mendapatkan skor UTBK tinggi pun akan semakin besar.

Sebenarnya, akan lebih efektif kalau kamu memulai belajar materi UTBK sejak awal menduduki kelas 12. Namun, bukan berarti persiapan UTBK yang dilakukan sekarang sudah terlambat, ya! Kamu tetap bisa mempersiapkan diri dengan cara memperbanyak latihan soal UTBK atau mengikuti try out UTBK 2021.

Membuat Perencanaan Belajar

Menyusun perencanaan belajar persiapan UTBK bisa membuat sistem belajar kamu lebih terstruktur. Kamu bisa memulai membuat perencanaan belajar per minggunya. Misalnya, minggu pertama bulan Januari kamu belajar materi Fisika, minggu kedua belajar Biologi, dan seterusnya. Pada akhir minggu, coba latihan soal sesuai materi yang sudah dipelajari untuk mengukur sejauh mana pemahaman kamu tentang materi tersebut.

Belajar Soal TPS

Selain belajar TKA, kamu juga tidak boleh melupakan belajar TPS. Masih banyak peserta UTBK yang sering menganggap sepele materi ujian TPS. Ketika nilai UTBK yang diperoleh kecil, barulah mereka menyesal karena tidak belajar materi tersebut.

Materi TPS memang jauh lebih sederhana daripada TKA, tetapi jangan diremehkan. Beberapa soal TPS memiliki bobot nilai yang besar sehingga bisa meningkatkan peluang memperoleh skor UTBK tinggi. Mulai saat ini, belajarlah materi TPS sesering mungkin, minimal 3-5 kali dalam sebulan. Belajar materi TKA dan TPS secara seimbang dapat membuat persiapan UTBK lebih matang.

Jangan lupa cek universitas dengan skor UTBK tertinggi ya. Apakah PTN pilihanmu masuk dalam kategori tersebut?

Mengikuti Try Out UTBK

Try out berguna sebagai simulasi ujian dan evaluasi proses belajar kamu sejauh ini. Lewat try out, kamu akan terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK sehingga peluang menjawab soal benar pun semakin besar. Kamu juga akan terlatih mengatur waktu dalam menjawab soal sehingga waktu ujian lebih efektif.

Mengikuti latihan soal UTBK di penyedia try out online bisa menjadi solusi terbaik untuk mengasah kemampuanmu menghadapi UTBK. Jadi, sebaiknya kamu mengikuti try out sesering mungkin dan mengerjakan try out tersebut dengan sungguh-sungguh dari sekarang supaya hasil nilai UTBK yang kamu dapatkan bisa maksimal nantinya.

Itulah beberapa informasi mengenai daftar universitas dengan skor tertinggi UTBK pada SBMPTN 2020, sekaligus tips-tips mendapatkan skor tinggi pada UTBK 2021. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Biar lebih siap menghadapi UTBK 2021, kamu bisa menggunakan fitur Try Out Online dari Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK dan fitur-fitur try out menarik lainnya yang bisa kamu coba.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi dan daftar try out Pahamify sekarang. Jadikan Pahamify #TemanPersiapanUTBK terbaik! Cek juga promo menarik lainnya dari Pahamify di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version