Pahamifren, adakah di antara kamu yang termasuk siswa eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021? Selamat ya, berarti kamu berpeluang besar buat masuk PTN impianmu. Berhubung pendaftaran SNMPTN sudah mau berakhir sebentar lagi, ada baiknya kamu memaksimalkan peluang lolos pada jurusan yang kamu pilih lewat rasionalisasi SNMPTN. 

Coba bayangkan deh, kamu udah capek-capek belajar untuk mendapatkan rata-rata nilai rapor yang bagus, masuk daftar siswa eligible pula, eh ternyata kamu tetap enggak lolos SNMPTN karena salah strategi. Sedih banget kan? Lewat rasionalisasi SNMPTN inilah kamu bisa memaksimalkan strategi lolos SNMPTN 2021.

Daripada penasaran, yuk kita cari tahu lebih lanjut mengenai rasionalisasi SNMPTN ini. Simak pembahasannya di artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Rasionalisasi SNMPTN

Rasionalisasi pada dasarnya berasal dari kata “rasional”, yang menurut KBBI berarti “menurut pikiran dan pertimbangan logis; menurut pikiran sehat; cocok dengan akal” Sementara kata rasionalisasi sendiri berarti “proses, perbuatan menjadikan bersifat rasional, proses, perbuatan merasionalkan (sesuatu yang mungkin semula tidak rasional)”

Dari pengertian di atas, bisa diambil kesimpulan, rasionalisasi SNMPTN merupakan upaya atau proses merasionalkan apakah rata-rata nilai rapor SNMPTN yang kamu miliki cukup logis untuk masuk ke pilihan jurusan dan PTN impian.

Jadwal SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK untuk rasionalisasi SNMPTN

Sebagai tambahan informasi, SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru menggunakan seleksi nilai rapor. Itulah kenapa yang digunakan sebagai pertimbangan adalah nilai rapor ya, Pahamifren.

Rasionalisasi ini bersifat ilmiah. Persentase hasilnya dihitung dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti rata-rata nilai rapor SNMPTN, daya tampung, serta peminat di jurusan yang kamu pilih. Jadi, rasionalisasi ini tidak bisa dilakukan asal-asalan dan hasilnya pun tidak asal tebak.

Manfaat Rasionalisasi Nilai

Rasionalisasi nilai SNMPTN sepenting apa sih? Kalau kamu mau memaksimalkan peluang lolos SNMPTN, rasionalisasi nilai menjadi pertimbangan yang sangat penting, Pahamifren.

Hasil rasionalisasi memang hanya prediksi dan tidak menentukan hasil SNMPTN kamu sebenarnya. Namun, kamu bisa mendapatkan gambaran persaingan melalui proses rasionalisasi.

Selain itu, kamu juga dapat membuat strategi dalam memilih PTN dan jurusan pada pendaftaran SNMPTN 2021 nanti. Misalnya, kamu melakukan rasionalisasi pada jurusan Kedokteran UGM, hasil persentase rasionalisasi menunjukkan 1% peluang diterima di jurusan tersebut. Kemudian, kamu melanjutkan rasionalisasi pada jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM, hasilnya 3% diterima.

Dari hasil tersebut, kamu jadi tahu harus membuat strategi seperti apa agar diterima di SNMPTN 2021. Bisa dengan menempatkan Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM di pilihan kedua agar masih berkesempatan lolos SNMPTN karena peluang di jurusan tersebut lebih besar.

Atau, mengganti jurusan kuliah dan PTN yang memiliki peluang lebih besar di atas 3%. Rasionalisasi ini bermanfaat membuat strategi pendaftaran SNMPTN kamu jauh lebih terarah.

Cara Mudah Rasionalisasi Nilai dengan Fitur Simulasi Peluang SNMPTN Pahamify

Bingung cara rasionalisasi nilai SNMPTN? Tenang saja, aplikasi belajar online kesayanganmu, Pahamify telah meluncurkan fitur terbaru, yaitu Simulasi Peluang SNMPTN, yang dapat kamu pakai untuk rasionalisasi SNMPTN 2021.

Lewat fitur ini, kamu akan mengetahui daya tampung, peminat, persentase peluang lolos, serta peringkat dari peserta lain dengan pilihan jurusan yang sama denganmu.

Lengkap banget deh! Kabar baiknya, fitur ini bisa kamu akses secara GRATIS pada aplikasi Pahamify, lho! Mau tahu cara menggunakannya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Log in ke aplikasi belajar online Pahamify.
  2. Pilih menu TO & Kuliah. Lalu, klik banner bertuliskan “Simulasi Peluang SNMPTN”.
  3. Kamu akan diarahkan pada halaman persetujuan, baca baik-baik isinya, lalu centang apabila setuju. Klik Mulai Simulasi Peluang SNMPTN.
  4. Setelah itu, masukkan data sekolah yang diminta, seperti provinsi sekolah, kota sekolah, nama sekolah, serta kelas dan jurusan kamu. Kolom ini akan terisi secara otomatis apabila kamu sudah mengisi profil pengguna secara lengkap. Klik Lanjutkan apabila data sudah terisi semua.
  5. Masukkan data nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 sesuai kolom yang diminta. Klik Lanjutkan setelah data terisi.
  6. Masukkan data prestasi yang kamu miliki, baik prestasi akademik maupun non akademik. Klik Lanjutkan setelah data terisi.
  7. Masukkan data jurusan dan kampus pilihanmu. Klik Lanjutkan.
  8. Konfirmasi data yang telah kamu isi, lalu klik Simpan.

Selesai! Kamu dapat melihat persentase di jurusan dan PTN yang dipilih. Kamu pun bisa mengecek peringkat dan melihat posisi kamu di Leaderboard.

Rasionalisasi SNMPTN dapat mempermudah menemukan peluang lolos PTN impian.

Kalau mau lihat detail rata-rata nilai rapor yang sudah kamu isi, kamu bisa masuk di Leaderboard, lalu klik nama kamu di Leaderboard tersebut. Fitur Simulasi Peluang PTN dari Pahamify bisa untuk rasionalisasi SNMPTN pada banyak jurusan yang kamu incar. Menarik kan?

Itu dia cara mudah rasionalisasi SNMPTN lewat fitur Simulasi Peluang SNMPTN Pahamify. Cobain sekarang agar persiapan pendaftaran SNMPTN kamu semakin matang!

Jika persiapan kamu sudah matang, tapi kamu belum berpeluang lolos jalur SNMPTN, jangan langsung berkecil hati, Pahamifren. Masih ada UTBK SBMPTN 2021. 

Mengingat pelaksanaan UTBK 2021 tinggal sebentar lagi, persiapkan dirimu dari sekarang untuk #TaklukanUTBK, biar peluang lolos SBMPTN 2021 dan masuk PTN favorit semakin besar.

Nah, buat kamu yang berencana ikut UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out UTBK Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update lengkap beserta pembahasannya. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify Tryout ini ya!

Enggak cuma itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan menjawab soal-soal UTBK lewat tantangan 1 Hari 1 Soal sebagai persiapan ringan UTBK 2021. Ada hadiah menarik yang bisa kamu dapat kalau berhasil melakukan tantangannya, lho.

Klik link download Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version