Pahamifren, nggak terasa ya sudah masuk semester baru. Siapa nih yang sudah merancang resolusi tahun baru? Buat kamu yang lagi ngambis masuk PTN favorit, tentu punya resolusi yang berkaitan dengan hal itu, kan?

Nggak bisa dipungkiri, masuk PTN impian menjadi contoh resolusi seorang pelajar terbesar dan paling menantang. Meski demikian, bukan berarti resolusi masuk PTN impian tidak bisa terwujud, ya.

Resolusi tahun baru tersebut mungkin tidak terwujud jika kamu tidak tepat dalam membuatnya, serta tidak siap untuk mewujudkannya. Faktanya, berdasarkan data survei dari salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, Bupa, hanya 37% orang yang berhasil mewujudkan resolusinya di tahun 2015. Yuk, jadi seperti 37% orang tersebut di tahun 2021.

Apa resolusi tahun baru untuk pelajar yang sudah kamu buat? Rancanglah resolusi terbaikmu dalam sebuah mind mapping yang tertarget.

Cara Mudah Merancang Resolusi Belajar di Tahun 2021

Kamu perlu mengetahui cara merancang resolusi tahun baru agar bisa menjadi bagian dari orang-orang berhasil mewujudkan resolusinya di tahun 2021. Kali ini Mipi mau membagi beberapa cara cerdas untuk membuat resolusi tahun 2021. Simak rangkumannya dengan baik ya, Pahamifren.

Buat Target yang Realistis dari Hal-Hal Kecil

Kamu bisa membuat target realistis, yang kamu yakin bisa mewujudkannya di tahun 2021. Biasanya, target realistis yang diawali dari langkah kecil justru akan menuai sukses yang lebih besar. Sebaliknya, target yang terlalu ambisius bisa membuatmu kewalahan atau bahkan frustasi.

Target yang realistis bisa membuatmu memiliki kemungkinan untuk mewujudkan resolusi lebih besar, lho! Misalnya, kamu ingin lebih giat belajar di tahun 2021.

Maka, buatlah langkah kecil, seperti mengatur jadwal belajar 45-60 menit per hari. Atau, buat kamu yang ingin melatih kemampuan tes UTBK, kamu bisa mengganti waktu bermain kamu dengan hal-hal yang lebih produktif, seperti mengikuti Try Out UTBK Online Gratis di Pahamify. Hehehe. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari hal-hal kecil!

Pahami dan  Pejuang PTN, Ini Aturan Tentang SNMPTN 2021 Yang Harus Kamu Ketahui

Membuat Daftar Resolusi yang Spesifik

Cara tepat membuat resolusi tahun baru  yaitu membuatnya secara jelas dan spesifik. Jangan hanya mengatakan “Aku ingin mendapatkan nilai yang lebih bagus.” atau “Aku ingin masuk PTN favorit.”

Buatlah target, seperti nilai berapa yang ingin kamu dapatkan, ranking berapa yang ingin kamu raih, atau PTN mana yang ingin kamu tuju setelah lulus sekolah nanti. Kalimat resolusi yang lebih spesifik akan menjamin hal tersebut bukan wacana atau keinginanmu saja, melainkan target yang harus kamu wujudkan.

Memberitahu Keluarga atau Teman

Setelah kamu membuat resolusi tahun baru secara jelas dan spesifik, jangan lupa untuk memberitahu keluarga atau teman ya, Pahamifren. Dukungan dari orang-orang terdekat akan membuat kamu lebih berkomitmen untuk mewujudkan resolusi tersebut.

Jangan takut memberitahu mereka hanya karena khawatir akan dipermalukan, ya! Kamu harus percaya diri dengan resolusi yang telah kamu buat. Siapa tahu tanggapan dan dukungan dari mereka bisa mengajarkanmu menjadi lebih baik ke depannya, kan?

Tips Mudah Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

Tahun 2021 ini, menjadi momen yang baik untuk mewujudkan resolusi tahun baru untuk pelajar versimu.

Nah, setelah sukse membuat resolusi di tahun 2021, kamu pasti membutuhkan tips-tips untuk mewujudkannya. Berikut adalah beberapa tips mewujudkan resolusi tahun baru, antara lain:

Membuat Tenggat Waktu (Deadline)

Setelah menetapkan target apa yang kamu buat sebagai resolusi tahun 2021, kini saatnya kamu membuat deadline untuk mencapai target tersebut. Namun, pastikan deadline tersebut masih realistis, ya! Artinya, buatlah tenggat waktu yang ideal untuk setiap target.

Kamu bisa memecah target menjadi target jangka panjang dan target jangka pendek. Misalnya, target belajar lebih giat harus sudah mulai dilaksanakan di awal tahun baru.

Sementara target mendapat ranking di kelas baru bisa terwujud di akhir semester. Adanya deadline pada setiap target membuatmu lebih mudah memikirkan strategi secara detail untuk meraihnya.

Pahami dan  Selengkapnya tentang TryOut Akbar UTBK 2021 Ilmupedia & Pahamify. Daftarkan Dirimu Sekarang!

Sabar dalam Proses

Tidak ada hal yang bisa kamu dapatkan secara instan ya, Pahamifren. Semua proses dan usaha yang kamu jalani memerlukan kesabaran. Begitu juga untuk resolusi belajar di tahun ini, perubahan yang kamu inginkan di tahun 2021 bisa saja membutuhkan waktu yang lama atau cepat tergantung pada seberapa besar kamu berusaha meraihnya. Pastikan kamu tidak mudah menyerah, tidak takut gagal, dan selalu sabar dalam berproses, ya!

Beri Hadiah Pada Diri Sendiri

Siapa bilang hadiah hanya boleh diberikan kepada orang lain. Sesekali, kamu juga boleh kok memberikan hadiah untuk diri sendiri. Hadiah bisa menjadi penyemangat untuk mewujudkan resolusi tahun barumu.

Misalnya, jika kamu berhasil masuk ke PTN impian, kamu akan memberi hadiah pada diri sendiri beru barang yang kamu inginkan, atau sekadar berjalan-jalan ke tempat yang kamu mau. Cara ini akan membuatmu lebih bahagia saat menjalani proses mewujudkan resolusi tahun barumu.

Nah, Pahamifren, itulah beberapa cara membuat resolusi tahun baru, sekaligus tips-tips untuk mewujudkannya. Jadi, apa resolusimu di tahun 2021?

Apakah masuk PTN favorit? Atau, mau naik kelas dengan nilai yang jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya? Jangan khawatir, aplikasi belajar online Pahamify akan membantu kamu mewujudkannya! Ada banyak materi pembelajaran dengan konsep gamifikasi yang bisa membuat belajar lebih seru dan menyenangkan.

Buat yang ngambis masuk PTN impian, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Yuk, unduh aplikasi Pahamify sekarang dan rasakan belajar yang nggak membosankan.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version