Fisika: Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum Gelombang Elektromagnetik terbagi ke dalam 7 jenis

Pernahkah terlintas di pikiran kalian nggak sih bagaimana matahari mampu menyinari seisi bumi? Ternyata, sinar matahari membutuhkan perjalanan waktu 8 menit dari permukaan matahari supaya bisa menyentuh objek yang ada di bumi. Perjalanan sinar matahari sampai ke bumi itu harus melewati ruang hampa dan atmosfer bumi. Alasannya adalah karena cahaya yang berasal dari matahari merupakan gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik di seluruh alam semesta terbagi menjadi 7 jenis. Hal yang membedakan masing-masing gelombang adalah panjang gelombangnya. Semakin kecil gelombangnya, maka semakin besar frekuensinya dan besar pula energi yang dikandungnya. 

Misal, cahaya dari senter yang diarahkan ke tubuh kamu tidak akan bisa menembus kulit. Hasilnya hanya membuat tubuh kamu lebih bercahaya. Berbeda ketika menggunakan sinar X yang mampu membantu kamu untuk melihat tulang yang ada di balik kulit tubuh. Hal itu disebabkan oleh sinar X yang memiliki frekuensi yang lebih tinggi dari cahaya yang dihasilkan senter.

Selain itu, ada pula gelombang yang paling panjang dengan frekuensi paling kecil, yaitu gelombang radio. Gelombang ini biasanya digunakan untuk menyampaikan komunikasi ke tempat yang sangat jauh. Pada prakteknya, gelombang ini dimanfaatkan untuk penyiaran radio dan televisi.

Jika diurut dari yang paling pendek, gelombang elektromagnetik terdiri dari sinar gamma dengan frekuensi paling besar, diikuti dengan sinar X, sinar ultraviolet (UV), cahaya tampak, inframerah, gelombang mikro dan gelombang radio yang memiliki gelombang terpanjang namun memiliki frekuensi yang paling kecil.

Nah, penjelasan yang lebih detail mengenai jenis-jenis spektrum gelombang elektromagnetik dibahas lebih lengkap dan seru melalui video pembelajaran di aplikasi belajar online Pahamify. Lebih tepatnya pada bab Gelombang Elektromagnetik di kelas XII. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download dan langganan Pahamify sekarang juga!


Artikel ini disari dari skrip materi pembelajaran Fisika di aplikasi belajar online Pahamify yang dibuat oleh Gina Ghassari. Untuk materi lengkap dapat dipelajari melalui video terkait dengan mendownload aplikasi Pahamify di Google Play dan Apple App Store.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog