Pahamifren, gimana nih persiapan UTBK SBMPTN 2021 kamu sejauh ini? Mengingat pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 tinggal beberapa hari lagi, kamu harus sudah memiliki persiapan yang matang dong. Paling tidak, kamu sudah harus menguasai materi TPS UTBK. Satu di antaranya yaitu materi soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif.

Siapa nih yang masih sering bingung mengerjakan soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif? Biasanya, kebingungan ini karena kamu tidak menyukai soal angka dan kurang memperkuat materi TPS di subtopik ini, Pahamifren. Untuk mengukur kemampuan kamu, gimana kalau kita latihan soal saja?

Mipi bakal memberikan 5 contoh soal Pengetahuan Kuantitatif. Soal TPS tersebut termasuk soal HOTS UTBK dan sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi, bisa menjadi bahan referensi belajar yang pas buatmu, Pahamifren. Tapi sebelum itu, Mipi mau bahas terlebih dahulu materi TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, supaya kamu punya gambaran saat mengerjakan soalnya. Yuk, langsung cek pembahasannya berikut ini!

Materi Soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif

Materi TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif sebenarnya merupakan materi yang ada di bab-bab Matematika Dasar. Adapun cakupan materinya, seperti Aritmetika, Geometri, Himpunan, Garis dan Sudut, Segitiga dan Segiempat, Phytagoras, Persamaan Garis, Persamaan Kuadrat, Persamaan Linear Dua Variabel, Fungsi Kuadrat, Pertidaksamaan, Statistika, dan Peluang.

Hampir semua materi tersebut sudah kamu pelajari di sekolah. Jadi, kamu pasti lebih mudah untuk menguasai materi ini. Kamu hanya perlu mematangkan pemahaman konsep dari setiap materi dan memperbanyak latihan soal. Meski terlihat sederhana, materi TPS Pengetahuan Kuantitatif memiliki berbagai tipe soal, yang tentunya lebih kompleks jika dibandingkan soal Matematika Dasar yang kamu pelajari di SMA, Pahamifren.

Tipe soalnya ada yang berbentuk pilihan ganda, biasanya disajikan melalui teks bacaan, tabel, maupun grafik. Ada juga tipe soal analisis kecukupan data. Tipe ini biasanya menyajikan sebuah pertanyaan dan 2 informasi, lalu kamu harus menganalisis informasi mana saja yang dibutuhkan untuk bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.

Selain itu, ada tipe soal analisis perbandingan dua nilai. Biasanya akan disajikan dua buah variabel (P dan Q), lalu kamu diminta menentukan hubungan antara variabel P dan Q, sekaligus mencari apakah P dan Q memiliki nilai yang sama atau tidak.

Secara keseluruhan, tipe-tipe soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif ini akan menguji dua hal, yaitu pemahaman kamu terhadap sesuatu yang berbentuk kuantitatif (data, angka, grafik) dan kemampuan kamu dalam mengolah data atau informasi yang disajikan.

Latihan Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif dan Pembahasannya

Sampai sini, kamu sudah ada gambaran mengenai soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, kan? Kini, saatnya kamu mencoba langsung latihan soalnya. Yuk, kerjakan sekarang!

Soal 1 (Pertidaksamaan)

Jika p ≤ 5 dan q ≥ -6, maka….

A. p – 2q ≤ 27

B. 3p + q ≤ 27

C. 2p – 3q ≥ 27

D. 3p + 2q ≥ 27

E. 3p – 2q ≤ 27

Pembahasan:

Diketahui:

p ≤ 2 5 → 3p ≤ 15

q ≥ -6 → -2q ≤ 12

Jumlahkan kedua pertidaksamaan tersebut, menjadi 3p – 2q ≤ 27

Jawaban yang benar adalah E.

Soal 2 (Pythagoras)

Seekor kucing terjebak di sebuah pohon dengan ketinggian 4 meter. Kucing tersebut tidak bisa turun. Untungnya, ada seorang anak yang hendak menolong kucing tersebut dengan tangga sepanjang 5 meter. Maka, jarak kaki tangga dengan pohon tersebut adalah….

A. 2 meter

B. 3 meter

C. 4 meter

D. 5 meter

E. 6 meter

Pembahasan:

Gunakan rumus Pythagoras untuk menentukan jarak kaki tangga ke pohon

Jarak kaki tangga ke pohon = √(panjang tangga)2 – √(tinggi pohon)2

= √52 – √42

= √25 – √16

= √9 = 3 meter

Jarak kaki tangga ke pohon adalah 3 meter.

Jawaban yang benar B.

Soal 3 (Perbandingan)

Diketahui informasi berikut:

1) Keliling dari sebuah ladang berbentuk persegi panjang adalah 120 meter.

2) Perbandingan panjang dan lebar ladang adalah 1:2.

Pertanyaan: Berapakah jarak dua titik pojok ladang yang berseberangan?

Apakah pernyataan (1) dan (2) cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut?

A. Pernyataan (1) saja cukup untuk menjawab pertanyaan, sedangkan pernyataan (2) saja tidak cukup

B. Pernyataan (2) saja cukup untuk menjawab pertanyaan, sedangkan pernyataan (1) saja tidak cukup

C. Dua pernyataan bersama-sama cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi satu pernyataan saja tidak cukup

D. Pernyataan (1) saja cukup atau pernyataan (2) saja cukup

E. Pernyataan (1) dan (2) tidak cukup

Pembahasan:

Dari pernyatan 1, dapat diperoleh jumlah dari panjang dan lebar ladang. Kemudian, dari pernyataan 2 dapat diperoleh nilai masing-masing panjang dan lebar ladang. Dari kedua pernyataan dapat dicari jarak dua titik pojok ladang yang saling berhubungan dengan rumus Pythagoras.

Jadi, dua pernyataan bersama-sama cukup untuk menjawab pertanyaan, namun satu pernyataan saja tidak cukup.

Jawaban yang paling tepat adalah C.

Soal 4 (Persamaan Fungsi)

Diketahui dua pernyataan berikut:

P = 42 + 42 + 42 + 42

Q = 212 : 44

Pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah…

A. P lebih besar dari Q

B. P lebih kecil dari Q

C. P sama dengan Q

D. Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari pilihan di atas

E. Jangan pilih aku 🙁

Pembahasan:

P = 42 + 42 + 42 + 42

P =  4(42) = 43

Q = 212 : 44

Q = 46 : 44 = 42

Jadi, P lebih besar dari Q. Jawaban yang benar adalah A.

Soal 5 (Operasi Bilangan)

Sebuah es krim bersuhu -5◦C dikeluarkan dari lemari pendingin dan diletakkan di atas meja. Jika suhu es krim akan mengalami kenaikan sebesar 3◦C setiap 2 menit, suhu es krim setelah 10 menit adalah…

A. 0◦C

B. 5◦C

C. 10◦C

D. 15◦C

E. 20◦C

Pembahasan:

Suhu awal es krim adalah -5◦C. Kemudian, mengalami kenaikan suhu 3◦C setiap 2 menit. Maka, setelah 10 menit, es krim akan mengalami kenaikan suhu sebesar 5 x 3◦C = 15◦C.

Suhu es krim setelah 10 menit adalah 15◦C. Jawaban yang benar adalah C.

Tips Lancar Mengerjakan Soal TPS PPU

Dari latihan soal di atas, materi soal apa saja yang masih menjadi kesulitanmu? Biar kamu mampu mengatasi kesulitan tersebut, Mipi mau membagikan dua tips mengerjakan soal TPS Pengetahuan Kuantitatif. Berikut tipsnya:

Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Mengerjakan soal hitungan atau angka biasanya membutuhkan proses pengerjaan yang lama. Kalau kamu mengerjakan soal dari yang termudah, kamu bisa menghemat waktu ujian. Peluang menjawab semua soal pun semakin besar.

Sebaliknya, apabila kamu asal mengerjakan tanpa memilah soal mudah dan sulit, kamu bisa stuck mengerjakan satu soal yang sulit. Bukannya menyelesaikan ujian dengan lancar, bisa-bisa kamu malah stres dan panik selama ujian berlangsung. Jadi, pastikan bijak dalam mengerjakan soal, ya.

Tidak Ragu Mencoba Setiap Soal

Banyak di antara kamu yang masih takut kalau berhadapan dengan soal yang berhubungan dengan kuantitatif. Biasanya, karena bentuk soalnya angka dan rumit, jadi langsung bilang “nggak bisa” dan melewatinya deh. Keputusan ini tentu sangat salah besar ya, Pahamifren. Bisa jadi, soal yang kamu lewati itu punya bobot nilai yang lumayan besar, lho.

Mulai sekarang, jangan ragu untuk mencoba setiap soal. Kalau belum dicoba, bagaimana kamu bisa tahu dan meningkatkan kemampuanmu dalam mengerjakan soal tersebut? Cobalah pelan-pelan dan fokus saat mengerjakan soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, pasti bisa ketemu jawabannya, kok.

Nah, itulah pembahasan mengenai materi dan latihan soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif. Semoga contoh soal TPS Pengetahuan Kuantitatif dan pembahasannya di atas bermanfaat untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal UTBK lainnya, kamu bisa mencobanya di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Biar latihan soalnya lebih mantap, kamu bisa upgrade ke TryOut Pahamify premium, yang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Analysis untuk bantu tingkatkan nilai UTBK.

Kamu juga bisa berlangganan Paket SKS untuk kebut persiapan belajar UTBK secara intensif dan mendapatkan Study Plan eksklusif dari Pahamify. Cek detail Paket SKS di sini, ya.

Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify sekarang! Gunakan semua fiturnya untuk jadi lebih siap #TaklukkanUTBK.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version