Hayoo, siapa di antara kamu pecinta game Mobile Legends? Buat pecinta game yang satu ini, kamu pasti banyak menghabiskan waktu luangmu untuk bermain dan mengalahkan musuh. Eits! Tapi, jangan sampai waktu belajarmu terkuras karena sibuk bermain game ini, ya. Kabar baiknya, selain sebagai hiburan, ada strategi belajar yang bisa kamu pelajari saat bermain Mobile Legends, lho.

Apa saja hal yang bisa dipelajari dari Mobile Legends terkait strategi belajar? Nah, Mipi bakal membahas hal-hal tersebut secara lengkap, sesuai dengan cuitan Twitter Kak Fikri. Daripada penasaran, yuk langsung simak pembahasannya!

Strategi Belajar dari Game Mobile Legends

Mobile Legends itu termasuk game strategi, Pahamifren. Sembari bermain, sebenarnya kamu bisa mengembangkan kemampuan kamu dalam berpikir strategis. Kemampuan ini bisa kamu terapkan ke bidang lain dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu menyusun strategi belajar. Menurut Kak Fikri, kemampuan berstrategi yang terpenting yaitu menunda kesenangan sesaat untuk target yang lebih baik, atau disebut immediate gratification.

Dalam game Mobile Legends sendiri, ada 7 strategi belajar yang bisa kamu dapatkan. Mari kita bahas satu per satu tiap aspeknya.

Ketahui Tujuan Game Mobile Legends

Sederhananya, tujuan game Mobile Legends yaitu untuk menghancurkan base. Memperbanyak kill, gold, atau level itu hanya sarana untuk meraih kemenangan. Strategi untuk memenangkan permainan ini bermacam-macam. Tapi, yang mesti kamu ingat tujuan utamanya adalah menghancurkan base.

Pada proses belajar, kamu juga harus tahu apa yang menjadi tujuan akhir. Kamu mesti tahu kapan waktu perang sesungguhnya untuk berkompetisi. Hal-hal di luar tujuan belajar kamu adalah sarana untuk mencapai tujuan. Contohnya, tujuan kamu masuk kampus impian.

Kamu harus tahu waktu kompetisinya kapan, misalnya saat seleksi masuk PTN. Hal-hal yang bisa menjadi sarana kamu mencapai tujuan bisa berupa belajar materi, mengumpulkan prestasi akademik dan nonakademik, persiapan UTBK, dan lain sebagainya.

Rela Berkorban agar Tidak Kalah

Kalau di game Mobile Legends, kamu bisa mengorbankan tower yang diserang musuh daripada harus dikeroyok lawan dan mati. Namun, adakalanya kamu harus berkorban melindungi teman satu tim agar tidak terbunuh. Dalam belajar juga seperti itu, kadang kamu harus merasakan berkorban dan perihnya belajar terlebih dahulu. Menahan kejenuhan belajar dan menunda bermain bersama teman untuk bisa mencapai tujuan secara maksimal. Kerja keras akan selalu membuahkan hasil terbaik kok, Pahamifren!

belajar aktif secara mental untuk menguasai materi utbk 2021. bagaimana caranya?

Harus Tahu Kontrol Diri

Saat bermain game ini, kamu harus tahu kontrol diri yang optimal. Tahu waktu tepat harus menyerang musuh, serta waktu untuk kembali recharge energi. Apabila kamu melupakan kontrol diri ini, bisa-bisa kamu sudah tewas pada babak awal permainan karena terlalu nafsu menyerang musuh.

Sama seperti strategi belajar, kamu juga tidak boleh terlalu nafsu dalam belajar sampai lupa istirahat. Jangan terlalu memforsir diri karena itu bisa membuat kamu burn out dan proses belajarmu sia-sia. Atur strategi belajar yang proporsional.

Ketahui batas kemampuanmu dalam belajar, materi apa yang harus kamu kuasai, serta bagaimana cara meningkatkan progres belajarmu. Kalau sudah menemukan strategi belajar yang pas dengan kebutuhanmu, target belajarmu akan tercapai dengan mudah.

Cara Bermain Setiap Hero Berbeda-Beda

Semua hero yang ada di Mobile Legends memiliki peran, kemampuan, dan cara main yang berbeda-beda. Begitu juga dengan cara belajar, setiap orang pasti punya gayanya masing-masing. Penting buat kamu untuk tahu gaya belajar versi kamu sendiri. Jangan hanya berkutat pada gaya belajar orang lain karena hasilnya tidak akan optimal.

Yang ada kamu sibuk membandingkan dirimu dengan orang tersebut. Mulai saat ini, temukan gaya belajar yang cocok denganmu. Minat belajar kamu di bidang apa? Apakah kamu lebih suka belar sendirian atau bersama teman?

Kaidah Kebahasaan Novel

Tingkatkan Level dan Membeli Item

Supaya peluang memenangkan permainan semakin besar, kamu harus bisa meningkatkan level secara signifikan. Kamu juga perlu membeli item yang bisa memperkuat pertahanan saat diserang musuh. Begitu juga dalam belajar, kamu harus berprogres agar tujuanmu semakin mudah dicapai. Evaluasi cara belajar kamu agar hasil belajarnya jauh lebih optimal.

Manfaatkan juga sarana yang bisa mendukung proses belajarmu, seperti aplikasi belajar online Pahamify. Dilengkapi video materi belajar SMA berkonsep gamifikasi dan latihan soal dari Rockstar Teacher berpengalaman, aplikasi Pahamify bisa membuat proses belajar online di rumah lebih seru dan bikin kamu cepat paham materinya. Ada juga fitur-fitur keren yang bisa membuatmu lebih siap bersaing untuk raih kampus impian, lho.

Jangan Nekat Melawan Musuh yang Levelnya Tinggi

Menurut Kak Fikri, kalau mau melawan musuh di Mobile Legends kita harus tahu level musuh terlebih dahulu. Jangan nekat melawan musuh yang levelnya lebih tinggi karena itu hanya menyulitkanmu. Dalam belajar juga seperti itu, kuasai konsep dasar materi terlebih dahulu.

Pelajari materinya secara berurutan biar kamu paham hubungan antarkonsepnya. Contohnya, kamu akan kesulitan memahami Limit kalau belum tahu materi Fungsi. Mau dipelajari seminggu penuh kalau belum menguasai materi dasarnya, proses belajar tidak akan berjalan efektif, Pahamifren.

Fokus Bertahan

Strategi belajar yang bisa kamu ambil dari Mobile Legends yang terakhir yaitu fokus bertahan saat kondisi memburuk. Buat yang merasa ketinggalan menguasai materi ujian, fokus saja buat mengejar ketertinggalan sedikit demi sedikit. Tidak usah memikirkan orang lain yang sudah jauh di depan. Cobalah meningkatkan progres belajar dengan cara menguatkan pemahaman konsep dan memperbanyak latihan soal. Lewat cara ini, produktivitas belajarmu akan meningkat secara signifikan.

Gimana, Pahamifren? Ternyata, game yang satu ini cukup banyak esensinya, ya. Mudah-mudahan, strategi belajar dari Mobile Legends ala Kak Fikri di atas bisa membuat proses belajarmu jauh lebih efektif. Untuk mendukung proses belajarmu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. Dijamin, materi pelajaran yang kamu dapat bisa jadi pembelajaran yang seru dan nggak membosankan, layaknya bermain game Mobile Legends.

Khusus buat kamu yang ambis masuk PTN lewat jalur SBMPTN, kamu juga bisa mencoba latihan soal di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK dan Ujian Mandiri berkonsep HOTS yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Jangan lupa upgrade  ke TryOut Pahamify Premium untuk mendapatkan akses ke berbagai fitur persiapan kuliah secara maksimal.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang juga dan manfaatkan semua fiturnya untuk mendapatkan proses belajar seru dan menyenangkan.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version