Apa yang ada dibenakmu kalau melihat teman yang jago pada semua hal? Misalnya, bisa menguasai semua materi pelajaran di sekolah. Pasti, kamu langsung menilai teman kamu tersebut ahli atau pintar. Tapi, pernahkah kamu juga memikirkan apa yang membuat teman kamu itu menjadi ahli atau pintar? Apa tips belajar efektif yang kira-kira ia terapkan ya, Pahamifren?

Ternyata, sebagian orang menjadi ahli dan jago pada suatu bidang bukan hanya karena dilahirkan sebagai jenius, lho. Ada latihan secara bertahap dengan strategi belajar tepat yang mereka gunakan, hingga akhirnya mereka mampu mengembangkan keahliannya. Strategi tersebut satu di antaranya yaitu deliberate practice.

Deliberate practice inilah yang seharusnya kamu terapkan sebagai tips belajar efektif untuk menguasai materi. Biar kamu paham, Mipi mau membahas lebih jauh mengenai metode deliberate practice, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri. Kalau dalam cuitannya, Kak Fikri menggambarkan deliberate practice ini untuk belajar musik. Namun, kamu juga bisa menerapkan ini pada proses pembelajaran kok.

Penasaran seperti apa teknik belajar deliberate practice dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak pembahasan artikel ini sampai selesai!

Tips Belajar Efektif Menggunakan Deliberate Practice

Apa sih deliberate practice itu? Singkatnya, deliberate practice adalah metode belajar efektif yang menekankan pentingnya latihan secara terus menerus dengan cara yang benar dan tepat. Pada penerapan metode ini, bukan hanya latihan saja, kamu juga perlu sering melakukan evaluasi pada proses belajar yang kamu lalui. Apakah bentuk latihan yang dilakukan selama ini sudah efektif untuk mencapai target kamu?

Ketika kamu bisa menerapkan tips belajar efektif menggunakan deliberate practice dengan benar, kamu bisa lebih total melakukan bidang yang kamu pelajari, karena sudah memiliki fundamental skill yang tepat. Contohnya, kamu menerapkan metode ini saat melakukan persiapan UTBK, kalau caranya benar, kamu akan lebih mudah menguasai semua konsep UTBK dan nggak bakal kesulitan lagi dalam mengerjakan soal-soal UTBK nantinya.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum Geografi 2021 dan Pembahasannya

Hanya saja, untuk menggunakan teknik deliberate practice, kamu butuh mental dan kedisiplinan diri yang kuat. Harus ada komitmen dari diri sendiri untuk memastikan kamu tidak berhenti di tengah-tengah latihan karena hasilnya menjadi tidak maksimal.

Itulah sebabnya penerapan deliberate practice ini banyak membutuhkan mentor. Menurut Kak Fikri, fungsi mentor ini sangat berguna untuk mempercepat pemahaman belajar kamu dan mengarahkanmu pada metode belajar yang paling efektif sesuai kebutuhanmu. Kalau dalam persiapan UTBK, itu berarti kamu butuh guru atau tentor, yang bisa mengarahkan kamu belajar materi UTBK sampai paham.

Tips belajar efektif menggunakna teknik deliberate practice, seperti apa sih? Apakah harus menggunakan mentor untuk menerapkannya? Bisakah membuat persiapan UTBK SBMPTN semakin maksimal?

Menerapkan Strategi Deliberate Practice secara Mandiri

Meskipun sebagian besar strategi deliberate practice dilakukan dengan bantuan mentor, kamu tetap bisa melakukan tips belajar efektif ini secara mandiri, lho. Hanya saja, kamu harus punya kemampuan untuk menentukan jadwal belajar yang tepat, bisa menilai progres diri sendiri, serta punya komitmen dan disiplin yang tinggi untuk menjalankan, sekaligus mengevaluasi cara belajar kamu.

Adapun cara-cara melakukan strategi deliberate practice untuk tips belajar efektif adalah sebagai berikut:

Menentukan Tujuan

Penting untuk menentukan capaian apa yang ingin kamu peroleh dari proses belajarmu. Materi apa yang ingin kamu kuasai? Sejauh apa kamu ingin menguasainya? Serta, apa yang akan kamu lakukan untuk menguasai materi tersebut? Semua hal itu sudah harus kamu pikirkan sebelum berlatih intensif untuk mempelajarinya. Tujuannya, agar kamu bisa merumuskan cara belajar yang efektif dan efisien.

Petakan Materi Menjadi Bab-Bab Kecil

Buat pemetaan materi mana saja yang ingin kamu pelajari secara sistematis. Misalnya, mau belajar materi TPS UTBK, berarti bab-bab yang harus kamu pelajari berkaitan dengan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pemahaman Bacaan dan Menulis, dan seterusnya. Kemudian, pecah bab-bab tersebut menjadi subbab kecil. Penalaran Umum subbab-nya apa saja, seperti apa urutan subbab-nya, dan sebagainya. Lewat pemetaan ini, belajar intensif yang kamu lakukan menggunakan deliberate practice akan jauh lebih terarah.

Pahami dan  Mengenal Teknik Belajar LOTS: Cara Belajar Populer Tapi Tidak Efektif

Fokus

Tips belajar efektif menggunakan deliberate practice yaitu kamu harus fokus terhadap hal yang mau kamu pelajari. Saat mau belajar bab tentang Logika Matematika, fokus saja menuntaskan bab tersebut terlebih dahulu sampai kamu paham. Kalau kamu fokus, kamu bisa lebih mudah menyerap materi sehingga tujuan awal kamu pun akan lebih mudah tercapai.

Lakukan dengan Pelan-Pelan tapi Benar

Saat belajar materi atau sedang mengerjakan soal, banyak di antara kamu yang masih berpikir semakin cepat selesai, maka semakin baik. Hal ini tidak sepenuhnya salah, Pahamifren. Tapi, alangkah baiknya kalau kamu belajarnya secara bertahap agar materinya benar-benar terserap dalam otak kamu. Tidak perlu khawatir materinya tidak kekejar. Apabila kamu punya strategi belajar yang benar, belajar secara bertahap juga akan membuat pemahaman materi kamu tetap berprogres kok.

Latihan Berulang

Perlu kamu ketahui, otak manusia memiliki tendensi untuk mengubah tindakan yang berulang-ulang menjadi sebuah kebiasaan. Itulah sebabnya kamu perlu belajar materi, latihan soal, dan melakukan evaluasi secara terus-menerus dan berulang. Cara ini bisa membuat kamu lebih mudah paham materinya di luar kepala.

Misalnya saja, dalam kasus belajar UTBK 1 bulan penuh. Mungkin ketika awal belajar UTBK, kamu masih mengalami kesulitan untuk memahami konsep soal cerita, mengerjakan soal hitungan, dan sebagainya. Namun, ketika sudah hampir satu bulan belajar intensif, kamu tentunya sudah mulai hafal konsep-konsep soal UTBK hingga di luar kepala. Itu karena kamu sudah terbiasa dengan proses belajar yang kamu lalui. Mulai dari membaca materi mengerjakan try out UTBK, hingga menganalisis jawaban yang benar dan salah.

Evaluasi

Deliberate practice secara mandiri menuntut kamu untuk bisa menilai setiap progres yang kamu lakukan. Apakah berjalan efektif atau tidak? Maka dari itu, kamu butuh proses evaluasi dalam penerapan deliberate practice. Ukur seberapa jauh performa yang sudah kamu lakukan. Apakah bisa mencapai target dengan performa tersebut? Adakah yang harus diperbaiki agar performa belajar semakin meningkat?

Pahami dan  Dijamin Tetap Fokus dan ‘Anti Lemes’, Ini Dia 5 Tips Menghadapi UTBK 2021 Saat Puasa

Apabila dari evaluasi ini ternyata progres belajar kamu tidak menunjukkan hasil yang signifikan, tidak ada salahnya untuk mendapatkan pembinaan dari profesional. Kalau untuk masalah belajar, berarti kamu memang butuh tentor atau guru untuk mendampingi proses belajarmu, Pahamifren.

Nah, itu dia pembahasan seputar tips belajar efektif menggunakan strategi deliberate practice. Buat kamu yang membutuhkan mentor untuk menerapkan deliberate practice ini, kamu bisa mendapatkan pendampingan belajar dari Rockstar Teacher Pahamify di aplikasi belajar online Pahamify. Ada video materi pelajaran berkonsep gamifikasi dari Rockstar Teacher yang siap membantumu mendapatkan belajar efektif dengan cara seru dan nggak membosankan.

Khusus buat kamu yang ingin menerapkan deliberate practice untuk persiapan UTBK, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba dilengkapi video pembahasannya yang menarik.

Kamu juga bisa mengejar ketertinggalan materi dan belajar UTBK 1 bulan secara intensif dengan berlangganan Paket SKS Pahamify. Cek info lengkap mengenai Paket SKS Pahamify di sini, ya.

Yuk, kebut persiapanmu buat #TaklukkanUTBK bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version