Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Salah satu mata pelajaran yang sering dianggap tantangan oleh siswa adalah statistika. Hayo, siapa di antara Pahamifren yang kesulitan saat belajar statistika dasar? Terlebih statistika jadi salah satu materi matematika yang sering keluar saat UTBK. Nah, di artikel ini, Mipi mau bagikan tips belajar statistika yang efektif buat kamu. Yuk, simak ulasannya.

Tips Belajar Statistika Yang Efektif

Banyak tips belajar statistika yang bisa kamu pelajari. Temukan cara belajar statistika di Pahamify.

Tentukan Target Belajarmu

Hal pertama yang mesti kamu lakukan untuk menghadapi soal-soal statistika adalah menentukan target belajar kamu. Artinya, kamu harus memahami materi-materi pelajaran statistika dasar yang kemungkinan bakal keluar pada saat UTBK. Cara termudahnya adalah dengan melihat modul statistika SMA.

Dari sana, kamu bisa membuat daftar soal yang berpotensi keluar dan mengklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitannya. Misalnya, soal tentang ukuran letak data dan ukuran pemusatan data atau materi statistika dasar yang lainnya.

Setelah kamu membuat daftar materi-materi pelajaran statistika yang harus kamu pelajari dan pahami, maka kamu harus membuat target waktu untuk mendalami semua materi statistika tersebut. Tetapkan target dan waktu yang kamu punya untuk mendalami semua materi.

Belajar Secara Konsisten

Tips belajar statistika ini mungkin terdengar klise. Tapi, jika dipraktekkan secara serius, belajar secara konsisten akan membuahkan hasil terbaik. Kamu nggak perlu belajar sampai berjam-jam untuk memahami materi-materi tersebut, fokuskan pada materi statistika dasar yang belum kamu kuasai.

Membosankan? ya memang, makanya kamu harus pintar mengatur waktu belajar. Siasati waktu belajarmu sebaik mungkin ya Pahamifren. Misalnya, kamu belajar setengah atau satu jam saat siang atau sore hari, kemudian kamu melanjutkannya setengah atau satu jam sisanya di malam hari sebelum kamu tidur. Belajar secara konsisten jauh lebih efisien dibandingkan dibandingkan SKS alias sistem kebut semalam.

Pahami dan  Cara Mengetahui Bakat Anak Untuk Menentukan Jurusan Yang Sesuai Minat

Rajin Latihan Soal

Sama seperti materi-materi pelajaran matematika lainnya yang sering muncul di UTBK, kalau ingin benar-benar paham materi-materi pelajaran statistika, kamu mesti rajin latihan soal statistika.

Cobalah berbagai variasi soal statistika yang biasa muncul di UTBK. Dengan begini, pemahaman kamu mengenai bagaimana menganalisis soal statistika dan rumus statistika mana yang tepat untuk memecahkan soal tersebut akan semakin meningkat. Pelajarilah rumus-rumus statistika dan praktekkan pemahaman kamu dengan rajin latihan mengerjakan soal statistika UTBK tahun-tahun sebelumnya. 

Nah, kalau kamu mau mempelajari contoh soal statistika dasar, geometri, peluang, aljabar, dan logika dalam kemampuan kuantitatif untuk UTBK, kamu bisa melihatnya di sini.

Review Pemahaman Kamu

Setelah melakukan ketiga proses belajar di atas, maka kamu harus mereview pemahaman materi-materi statistika yang kamu targetkan harus kamu pahami. Misalnya kamu masih belum memahami beberapa materi tertentu, kamu harus kembali membuat target, mempelajari materi-materi tersebut secara konsisten, dan terus latihan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi-materi tersebut. 

Menjaga Motivasi Belajar 

Ada kalanya kamu merasa frustasi karena gagal memahami beberapa materi statistika yang rumit. Nggak apa-apa, itu wajar kok Pahamifren. Kamu hanya perlu mengambil waktu untuk beristirahat sejenak dan kembali memotivasi diri kamu untuk bisa masuk ke program studi dan perguruan tinggi yang kamu incar.

Jangan pusing, masih banyak tips belajar statistika yang mudah dipelajari. Cek di aplikasi belajar online Pahamify sekarang!

Solusi Persiapan UTBK Terbaik

Nah, itu lah beberapa tips belajar statistika yang bisa kamu coba. Semoga membantu Pahamifren sekalian ya. Kalau kamu merasa tips di atas kurang membantu, tenang, masih ada cara terbaik untuk belajar materi UTBK termasuk statistika. Apa itu?

Sekarang, kamu bisa mengikuti latihan persiapan UTBK secara online di Pahamify. Saat berlangganan aplikasi belajar online Pahamify, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai materi belajar seperti video pembelajaran, rangkuman, kuis dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengikuti Try Out persiapan UTBK Pahamifren.

Pahami dan  Tips Merencanakan Pendidikan Anak

Tunggu apa lagi, download aplikasinya dan dapatkan promo paket Pahamify sekarang!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog