Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, ada yang berbeda pada pelaksanaan tes UTBK tahun ini. Tes UTBK 2021 berlangsung di bulan puasa. Bagi yang menjalankannya, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Selain harus tetap fokus dalam mengerjakan soal ujian, kamu juga harus bisa menahan haus dan lapar. Kali ini, Mipi mau berbagi tips menghadapi UTBK saat lagi puasa, supaya kamu bisa tetap fokus dan lancar dalam mengerjakan setiap soalnya. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, langsung simak penjelasannya!

Tips Menghadapi UTBK saat Puasa

Saat berpuasa, biasanya tubuh kamu akan merasakan keadaan yang berbeda. Tubuh bisa menjadi lebih lemas daripada hari-hari biasanya. Hal ini mungkin dapat berpengaruh pada pengerjaan soal di UTBK 2021 mendatang. Tidak dapat dipungkiri bahwa puasa bisa membuat konsentrasi dalam mengerjakan soal terganggu karena otak yang kekurangan nutrisi.

Lantas, bagaimana caranya supaya tetap bisa fokus dan nggak lemas saat UTBK 2021 nanti? Kamu bisa mengikuti beberapa tips menghadapi UTBK saat puasa berikut ini:

Sahur dengan Makanan yang Penuh Energi

Mencukupi kebutuhan nutrisi harian sangatlah penting agar kamu tetap bisa menjalankan berbagai aktivitas, termasuk tes UTBK dengan lancar meski sedang berpuasa. Kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur sehingga asupan untuk meningkatkan kerja otak tetap terpenuhi.

Pastikan kamu mengonsumsi jenis makanan yang kaya vitamin B, C, E, dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam, atau sayuran hijau lainnya. Makanan yang mengandung gizi-gizi tersebut sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi. Jangan lupa untuk minum banyak air saat malam hari dan sahur.

Selain itu, alangkah baiknya kamu menghindari makanan yang terlalu asin, manis, atau berkafein. Sebab, makanan tersebut bisa membuat cairan tubuh lebih banyak keluar. Jadi, bakal membuat kamu cepat lemas dan merasa kehausan. Tentunya, kamu nggak mau hal itu terjadi saat tes UTBK berlangsung, kan?

Tidur yang Cukup

Tips menghadapi UTBK saat lagi puasa yaitu dengan tidur yang cukup dan hindari begadang pada H-1 sebelum ujian. Kurang tidur sangat berpengaruh pada kemampuan konsentrasi dan fokus belajar. Hal ini bisa mengganggu proses penyimpanan informasi sehingga kamu lebih sulit mengingat atau mempelajari hal baru. Kalau kamu tetap begadang pada malam sebelum ujian, bisa-bisa kamu blank dan sulit mengingat materi UTBK yang diujikan, lho.

Maka dari itu, pastikan kamu mendapat tidur malam yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam. Sebaiknya, kamu tidur lebih awal dibandingkan hari biasanya karena kamu harus bangun pada waktu sahur. Biar lebih mudah, kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun khusus bulan Ramadhan, misalnya tidur jam 9 malam dan bangun jam 3 pagi.

Apabila kamu ingin membaca ulang rangkuman materi UTBK, sebaiknya lakukan setelah sahur atau salat subuh. Pada waktu tersebut, otak kamu akan lebih mudah berkonsentrasi dan mengingat materi yang dipelajari. Jadi, hasil belajarmu jauh lebih optimal deh.

Berangkat Lebih Pagi

Tips ini bertujuan agar kamu terhindar dari kemacetan, berpanas-panasan, atau hal-hal lain yang bisa membuatmu kelelahan di jalan. Berangkat lebih pagi saat tes UTBK juga bisa mengurangi kemungkinan terlambat masuk ruang ujian. Sembari menunggu tes dimulai, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan membaca ulang materi atau menyiapkan mental agar tidak panik saat tes berlangsung.

Karena perlu berangkat lebih pagi, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan segala kebutuhan ujian sejak awal. Pastikan kamu sudah menyiapkan alat tulis, kartu peserta, KTP atau kartu pelajar, dan berkas ujian lainnya. Setidaknya, lakukan hal ini sehari sebelumnya. Jangan di detik-detik terakhir, kamu masih sibuk mencari kelengkapan tes UTBK ya, Pahamifren.

Belajar UTBK dengan Cara yang Seru

Menjelang tes UTBK, kamu butuh belajar yang ekstra agar persiapan menghadapi UTBK semakin matang. Sayangnya, belajar saat lagi berpuasa seringkali membuat kita cepat bosan. Belum lagi, kalau belajarnya menjelang waktu berbuka, rasa haus dan lapar mulai tak terhindarkan. Inginnya rebahan saja hingga memasuki waktu berbuka.

Sebenarnya, banyak cara belajar yang bisa kamu terapkan agar proses belajar lebih menyenangkan saat puasa. Pahamify bisa banget bantu kamu supaya merasakan belajar UTBK yang asik dan seru selama puasa, lho. Dilengkapi video pembelajaran berkonsep gamifikasi, aplikasi belajar online Pahamify membuat proses belajar serasa bermain game.

Penyampaiannya dijamin asik dan bakal kamu ketagihan belajar. Selain itu, ada banyak tips belajar yang bisa kamu coba agar belajar kamu semakin optimal, meski sedang berpuasa. Lengkap banget deh, Pahamifren!

kelas online utbk gratis

Jangan Memandang Puasa sebagai Penghalang

Tips menghadapi UTBK saat lagi puasa yang terakhir yaitu tidak memandang puasa sebagai penghalang. Percaya deh, kamu masih tetap bisa melakukan berbagai aktivitas meski sedang berpuasa, termasuk ujian. Jadi, jangan langsung berpikir pengerjaan soal kamu bakal terhambat, karena tubuh kamu pasti lemas saat puasa.

Selama kamu beristirahat dengan cukup, mendapatkan waktu belajar yang proporsional, serta memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik, kamu bisa tetap lancar dan fokus dalam menghadapi UTBK 2021 kok. Jadikan puasa sebagai ibadah. Dengan begitu, segala aktivitas yang kamu lakukan selama berpuasa akan membuahkan hasil yang baik. Siapa tahu, doa kamu agar lancar saat tes UTBK dan mendapatkan nilai UTBK yang tinggi bisa terwujud secara maksimal, Pahamifren.

Sudah siap menerapkan tips-tips menghadapi UTBK 2021 saat puasa di atas? Semangat berjuang dan tetap lakukan persiapan UTBK yang maksimal, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal sebagai persiapan UTBK, kamu bisa mencobanya di fitur TryOut Pahamify maupun mengikuti Simulasi UTBK dari Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update, baik TPS dan HOTS yang bisa kamu kerjakan, lengkap beserta video pembahasan yang menarik. Kunjungi Pahamify TryOut untuk mendapatkan informasinya secara lengkap.

Kamu juga bisa mengukur progres dan kesiapan belajar hadapi UTBK 2021 melalui fitur Study Plan yang tersedia di Paket SKS dan Paket UTBK Express. Langganan Paket UTBK Express sekarang dan dapatkan penawaran menarik dari Pahamify.

Ayo, jadi lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impian bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll