Siapa di antara kamu yang sering kesulitan mengerjakan soal bahasa Inggris? Biasanya, hal ini terjadi bukan karena pertanyaannya yang sulit, melainkan karena kamu tidak tahu arti kata dan maksud pertanyaannya. Padahal, soal bahasa Inggris sebenarnya hampir sama dengan materi bahasa Indonesia, Pahamifren. Namun, kamu harus tahu vocabulary bahasa Inggris terlebih dahulu supaya paham maksud soalnya.

Lantas, bagaimana cara belajar kosakata bahasa Inggris yang tepat? Kali ini, Mipi mau memberikan tips jitu meningkatkan vocabulary bahasa Inggris, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri. Kamu bisa menjadikan ulasan ini sebagai tips belajar bahasa Inggris UTBK maupun tips mengerjakan soal bahasa Inggris PTS/PAS. Penasaran seperti apa tips-tipsnya? Langsung cek pembahasannya berikut ini!

Tips Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris

Meningkatkan vocabulary bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara. Satu di antara cara yang paling populer yaitu dengan terlibat percakapan bahasa Inggris secara langsung. Cara tersebut akan “memaksa” kamu menambah kosakata agar kamu bisa memberikan obrolan yang efektif.

Namun, selain terlibat percakapan, kamu juga bisa menambah kosakata dalam bahasa Inggris lewat membaca buku dan membuat buku saku khusus vocabulary, seperti yang dilakukan Kak Fikri. Berikut tips sederhana meningkatkan vocabulary bahasa Inggris yang diterapkan oleh Kak Fikri:

Membuat Buku Saku Khusus Vocabulary

Cara ini menjadi ide yang optimal untuk menulis kata baru yang kamu temukan. Ketika menuliskannya, kamu akan lebih cepat mengingat kata tersebut. Selain itu, membuat buku saku khusus vocabulary bahasa Inggris bisa membuat kamu tertantang dan lebih percaya diri belajar lebih banyak kata baru lainnya.

Agar buku saku kamu berfungsi maksimal, setidaknya kamu harus menambah dan mempelajari satu kata setiap hari. Jangan hanya belajar arti kata saja, namun kamu juga perlu belajar pengucapan, atau bahkan dalam kalimat seperti apa vocabulary tersebut sesuai untuk digunakan.

Perbanyak Membaca Buku Bahasa Inggris

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak kata baru yang dapat kamu pelajari. Kamu bisa membaca bahan bacaan seperti novel, majalah, dan surat kabar berbahasa Inggris. Ketika kamu menemukan kata baru dalam bacaan tersebut, jangan lupa menuliskannya di buku saku yang kamu buat.

Kamu bisa langsung mencari artinya di kamus atau mencatat semua kosakata terlebih dahulu. Intinya, perbanyak bahan bacaan bahasa Inggris, maka kosakata kamu pun akan meningkat secara signifikan.

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN, kamu perlu memperbanyak membaca teks bacaan bahasa Inggris pada soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Selain menambah vocabulary, kamu juga bisa belajar grammar yang sering keluar pada soal UTBK, sekaligus mengetahui topik-topik teks bacaan yang sering diujikan.

Pahami Konteks dari Buku yang Kamu Baca

Menurut Kak Fikri, saat membaca buku berbahasa Inggris, terkadang kamu enggak perlu terlalu sering membuka kamus untuk mencari arti vocabulary yang kamu temukan. Terlalu sering membuka kamus justru bisa membuat penalaran kamu terkait kosakata tersebut berkurang. Kamu jadi cuma mengandalkan kamus untuk menyelesaikan suatu bacaan. Akibatnya, kamu hanya tahu artinya pada saat itu saja dan akan lupa setelahnya.

Ketika tidak tahu arti dari kata yang kamu temukan, cobalah memahaminya berdasarkan konteks kalimat atau bacaan. Lewat cara ini, kamu bisa menganalisis maksud kata tersebut seperti apa, serta bagaimana kata itu digunakan dalam kalimat. Apabila kamu ragu dengan pemahaman vocabulary kamu, barulah kamu membuka rumus untuk memastikan pemahaman kamu benar atau tidak.

Gunakan Kamus

Seperti pada poin sebelumnya, menggunakan kamus bahasa Inggris idealnya tidak dilakukan terlalu sering. Namun, kamu tetap membutuhkannya untuk mencari arti kata dari vocabulary bahasa Inggris yang kamu temukan. Carilah kamus versi apapun yang sesuai denganmu, baik digital maupun cetak.

Gunakan kamus tersebut untuk mengetahui pengucapan, arti, dan maknanya. Biar vocabulary bahasa Inggris kamu meningkat, kamu juga bisa menggunakan kamus untuk mencari antonim dan sinonim dari kosakata baru yang kamu temukan.

Sebagai contoh, saat membaca buku berbahasa Inggris, catat daftar kosakata apa saja yang belum kamu tahu artinya. Setelah membaca sampai selesai, barulah kamu cari arti katanya di kamus dan mencatatnya di buku saku. Catatan di buku saku ini tidak perlu dibuat detail. Cukup arti dan makna katanya saja. Tujuannya, biar kamu lebih mudah membaca ulang buku saku tersebut. Kalau Kak Fikri bilang, yang terpenting adalah konsistensi. Mulai dari langkah kecil tapi rutin.

Membaca Ulang Buku Saku yang Kamu Buat

Tips terakhir yaitu membaca ulang buku saku yang kamu buat. Kalau ditulis saja tapi tidak dibaca lagi, ingatan kamu terkait kosakata tersebut akan menurun. Maka dari itu, agar tetap ingat dengan kosakata yang telah kamu tulis, kamu harus sering-sering membaca ulang buku saku tersebut. Lama-kelamaan, pasti kamu bisa hafal vocabulary bahasa Inggris di luar kepala.

Kamu bisa membawa buku saku tersebut ke mana-mana. Jadi, tiap kali ada waktu luang, kamu bisa menyempatkan diri membacanya. Kalau kamu ingin cara yang lebih praktis, kamu dapat menggunakan fitur Flash Card dari Pahamify. Lewat fitur ini, kamu bisa tahu berbagai arti vocabulary bahasa Inggris dan sinonimnya. Dilengkapi konsep gamifikasi, fitur Flash Card bisa membuat belajar bahasa Inggris lebih seru dan enggak membosankan.

Nah, itu dia 5 tips sederhana meningkatkan vocabulary bahasa Inggris ala Kak Fikri. Mudah-mudahan, tips di atas bisa membantu kamu menemukan cara belajar efektif menguasai materi bahasa Inggris, ya.

Buat kamu yang ingin menambah kosakata bahasa Inggris untuk persiapan mengerjakan soal TPS UTBK, kamu bisa mencoba latihan soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum di fitur Try Out Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update, baik TPS maupun TKA, lengkap dengan video pembahasan yang bisa kamu jadikan referensi belajar.

Khusus buat yang ingin mengejar ketertinggalan materi UTBK, kamu dapat berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Informasi lengkap Paket SKS Pahamify bisa kamu lihat di link ini.

Yuk, lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impian bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang di sini, manfaatkan semua fiturnya untuk proses belajar yang seru dan bikin paham.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version