Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Setelah SNMPTN dan SBMPTN banyak perguruan tinggi negeri di Indonesia yang membuka jalur penerimaan secara mandiri. Namun gak semua seleksi mandiri menggunakan jenis ujian tulis, ada juga yang menggunakan nilai dari SBMPTN.

Untuk kamu yang ingin kuliah di PTN, gak  ada salahnya menggunakan jalur Ujian Mandiri. Tentu semua harus dipersiapkan dengan matang dong. Apa aja sih yang harus kamu persiapkan?

Pertama-tama, kamu wajib mencari informasi kampus mana yang kamu incar. Kamu wajib cari tau tentang kampus itu dan juga mengenai ujian mandirinya. Dari informasi yang kamu dapat nanti, kamu bisa menyiapkan semuanya dengan santai agar tidak ada yang terlewatkan. Cek tanggal pendaftaran, tanggal ujian serta pengumumannya. Kamu pun wajib menyeleksi jurusan yang hendak kamu pilih agar saat kamu diterima nanti, kamu gak salah jurusan. Terus apa lagi yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan Ujian Mandiri PTN?

1. Simpan semua data diri kamu dalam penyimpanan yang sama.

Kamu bisa menyimpan data diri kamu di map yang sama, agar kamu gak ribet nyari saat kamu butuh nanti. Siapin map yang cukup besar agar bisa menampung semua data diri kamu. File di laptop atau komputer kamu pun harus kamu taruh di folder yang jelas dan mudah dicari. Jadi saat kamu perlu mengunggah, kamu gak perlu panik karena lupa nyimpen yah kawan.

2. Menggali informasi lebih dalam

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang ujian mandiri yang akan kamu ikuti dari teman atau senior sekolahmu. Kadang kita bisa tau suatu informasi secara lengkap dan baik itu dari teman atau senior sekolah kita yang bisa jadi sudah berkuliah di kampus yang kita inginkan. Gak ada salahnya kan kita tanya mereka. Intinya saling berbagi informasi. Ada baiknya kita juga ajak teman kita untuk mendaftar Bersama. Itu semua juga berguna untuk meminimalisir adanya kesalahan atau kelupaan kita karena akan ada teman yang akan mengingatkan kita disaat kita lupa nanti.

3. Menjaga kesehatan

Di masa pandemi ini, jangan sampai kamu melupakan kesehatan kamu, ya. Tetap dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti  memakai masker saat di luar dan makan makanan yang bergizi serta rajin berolahraga. Kamu bisa perbanyak jalan kaki atau bersepeda dengan aman agar semua yang kamu perjuangkan untuk masuk PTN nya jadi gak sia-sia karena tiba-tiba sakit menjelang ujian dimulai.

4. Memperbanyak berdoa

Ibadah jangan kendor. Usaha tidak akan bisa lancar jika tidak dibarengi dengan doa. Minta juga restu dari orang tuamu karena doa dari orang tua adalah yang paling mujarab. Minimal restu orang tua bisa bikin semangat kita jadi bertambah berkali-kali lipat, terutama saat akan ujian dan saat pengumuman nanti.

5. Perbanyak latihan soal dan belajar

Di saat seperti ini ada baiknya kamu terus berlatih dengan mengerjakan soal-soal atau ikut try out. Nah untuk hal ini, Pahamify sangat cocok untuk jadi teman belajarmu karena ada fitur try out yang akan membantu kamu agar terbiasa dalam mengerjakan soal.

Penting bagi kamu untuk terbiasa dalam mengerjakan soal. Dengan sering-sering latihan soal, kamu akan lebih tenang saat ujian berlangsung karena sudah terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan yang sama.

Nah, kamu masih bisa latihan soal di Fitur Try Out Pahamify yang banyak menyediakan soal jenis HOTS untuk kamu kerjakan. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Penulis : Mochammad Fauzan Sukma Dicjaya


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog