Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang mau mencoba Ujian Mandiri IPB program Sarjana tahun 2021? Sudah tahu syarat dan jadwal pelaksanaannya? Kira-kira, ada berapa metode seleksi, ya? Supaya kamu punya bekal informasi yang cukup, Mipi bakal merangkum informasi Seleksi Mandiri IPB 2021 untuk program Sarjana secara lengkap. Mudah-mudahan, ulasan ini bisa mempermudah proses pendaftaran kamu nantinya. Yuk, langsung simak pembahasannya!

Informasi seputar Ujian Mandiri IPB 2021

Berdasarkan laman Admisi IPB, Seleksi Mandiri IPB 2021 program Sarjana dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu menggunakan skor UTBK dan UTM-BK (Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer). Buat peserta yang menggunakan nilai UTBK untuk masuk IPB lewat jalur Mandiri, kamu tidak perlu melakukan tes lagi.

Sementara itu, untuk yang belum memiliki nilai UTBK, kamu bisa mendaftar UTM-BK IPB Sarjana. UTM-BK IPB Sarjana ini berlaku untuk kelas reguler dan kelas internasional gelombang 2. Tes UTM-BK IPB 2021 dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing. Jadi, buat yang berdomisili di luar Bogor, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke kampus IPB deh.

Jadwal Pelaksanaan Jalur Mandiri IPB

Jadwal pelaksanaan Mandiri IPB masih bersifat tentatif, artinya masih dapat berubah sewaktu-waktu. Adapun kalender pelaksanaan Ujian Mandiri IPB 2021 yang ditetapkan saat ini, baik menggunakan skor UTBK maupun UTM-BK adalah sebagai berikut:

Pendaftaran peserta jalur Mandiri IPB: 13 April – 16 Juni 2021.

Seleksi Menggunakan Skor UTBK

  • Pengumuman penerimaan menggunakan nilai UTBK: 5 Juli 2021.
  • Registrasi online: 5 – 9 Juli 2021.
  • Pembayaran UKT: 15 – 23 Juli 2021.
  • Awal perkuliahan: 16 Agustus 2021.

Seleksi UTM-BK IPB Sarjana

  • Tes UTM-BK secara online: 27 Juni 2021.
  • Pengumuman penerimaan jalur tes UTM-BK: 5 Juli 2021.
  • Registrasi online: 5 – 9 Juli 2021.
  • Pembayaran UKT: 15 – 23 Juli 2021.
  • Awal perkuliahan: 16 Agustus 2021.

Persyaratan Peserta UTM-BK IPB Sarjana Tahun 2021

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi untuk mengikuti UTM-BK IPB, di antaranya:

  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK IPA tahun 2019, 2020, atau 2021.
  • Sehat secara jasmani dan rohani.
  • Melakukan dan mengikuti proses pendaftaran melalui laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
  • Memilih 1 atau 2 program studi yang ditawarkan IPB.
  • Peserta diperbolehkan memilih pilihan program studi ketiga yaitu pilihan IPB. Dalam artian, apabila peserta tidak diterima pilihan 1 dan 2, maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.
  • Pendaftar UTM-BK kelas internasional wajib mengikuti tes dalam bahasa Inggris.
  • Membayar biaya pendaftaran UTM-BK sebesar Rp500.000.
  • Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Dari syarat di atas, kamu bisa mengetahui kalau pendaftar UTM-BK hanya ditujukan untuk lulusan dari jurusan IPA. Jurusan SMK yang diperbolehkan mendaftar yaitu jurusan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, Perkebunan, Kimia, Boga/Gizi, Informatika, Farmasi, Grafika, Pengolahan Hasil, TKJ, Rekayasa Perangkat Lunak, Mesin, dan Elektro. Peserta lulusan SMK di luar jurusan tersebut tidak diperkenankan untuk mendaftar.

Sebagai tambahan informasi, pelamar bidikmisi juga bisa mendaftar UTM-BK IPB Sarjana 2021. Hanya saja, beasiswa bidikmisi ini lebih diprioritaskan untuk mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Materi UTM-BK IPB Sarjana

Materi yang diujikan untuk UTM-BK program Sarjana tahun 2021 yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang berkonsep Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soalnya sebanyak 25 butir. Waktu pengerjaan soal yaitu 60 menit. Sistem penilaiannya untuk soal pilihan ganda bernilai benar 100%, salah 25%, dan kosong 0%. Sementara untuk jenis soal lainnya, penilaian benar 100%, salah atau kosong 0%. Khusus untuk UTM-BK kelas internasional, tes menggunakan bahasa Inggris.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan saat UTM-BK

Agar pelaksanaan tes UTM-BK berlangsung optimal, peserta diwajibkan mempersiapkan beberapa perangkat, antara lain:

  • Komputer (PC) atau laptop sebagai perangkat utama. Perangkat harus terhubung ke internet dengan kualitas koneksi yang stabil.
  • Perangkat menggunakan sistem operasi minimal Windows 7 atau Mac, dan telah terinstall browser Google Chrome atau Firefox.
  • Handphone yang mampu mengambil gambar (foto) dan video, serta sudah terinstall aplikasi LINE untuk keperluan komunikasi dan pengawasan saat ujian.

Biaya Kuliah di IPB untuk Jalur Mandiri

Besaran biaya kuliah di IPB untuk Jalur Mandiri mengikuti ketentuan masing-masing departemen/program studi. Peserta yang dinyatakan lolos jalur Mandiri IPB wajib membayar biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal dan uang pangkal yang sudah ditetapkan. Uang pangkal yang dimaksud disebut sebagai Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). Kamu bisa melihat besaran UKT dan BPIF jurusan yang kamu pilih di sini.

Itulah rangkuman seputar Ujian Mandiri IPB untuk program Sarjana tahun 2021. Sudah siap mendaftar jalur Mandiri IPB dan bersaing dengan peserta lainnya? Mengingat IPB termasuk PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri berarti kamu harus bisa mendapatkan nilai aman UTBK 2021 agar peluang masuk IPB semakin besar.

Kebut persiapan Seleksi Mandiri IPB 2021 dengan mencoba latihan soal di fitur Try Out Pahamify. Kamu bisa mencoba ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS, yang tentunya sesuai dengan konsep soal UTM-BK IPB 2021. Jangan lupa upgrade ke Try Out Pahamify Premium agar bisa mendapatkan akses maksimal ke fitur Smart Analysis yang bantu tingkatkan nilai UTBK dan Ujian Mandiri masuk PTN.

Bersama Pahamify, jadi lebih siap taklukkan UTBK dan Ujian mandiri untuk raih kampus impian! Download aplikasi Pahamify sekarang di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version