Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Tips lolos SBMPTN dengan nilai UTBK kecil, bisa?

Pahamifren, kamu pasti sudah tahu jalur masuk SBMPTN kan? Jalur seleksi masuk PTN ini menjadi satu di antara jalur favorit bagi calon mahasiswa. Nah, kali ini, Mipi mau membagikan tips lolos SBMPTN yang bisa kamu ikuti meski dengan nilai UTBK kecil lho. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Tips Lolos SBMPTN meski Nilai UTBK Kecil

Nilai UTBK pas-pasan, apakah masih berpeluang lolos SBMPTN? Kekhawatiran ini tentu sering muncul di benak pejuang PTN. Nggak perlu panik, kamu masih punya kesempatan lolos walaupun memiliki nilai yang kecil. Nilai minimum UTBK SBMPTN dengan rata-rata 550, 500, atau bahkan 400, tetap punya peluang yang sama untuk diterima di PTN pilihan kok.

Memang sih peluangnya tidak sebesar saat kamu mendapatkan nilai di atas 600. Namun, selagi masih ada peluang, kamu harus bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin, ya. Kamu dapat menerapkan beberapa tips lolos SBMPTN dengan nilai kecil berikut ini. Yuk, langsung cek apa saja tips-tipsnya!

Pilih PTN yang Sesuai

Siapa sih yang enggak mau masuk kampus impian? Apalagi, kampus tersebut menjadi terfavorit di kalangan pelajar, misalnya UI, UGM, ITB, Unpad, dan sebagainya. Tapi, persaingannya pun pasti lebih ketat dibandingkan PTN lainnya. Kalau kamu mau memaksimalkan peluang lolos dengan nilai pas-pasan, ada baiknya kamu menurunkan sasaran ke PTN yang sedang-sedang saja.

Persiapan UTBK 2021 dalam waktu 2 minggu, bisa nggak sih? Terapkan 5 tips lolos SBMPTN ini.

Tips lolos SBMPTN pertama yang layak kamu coba adalah, memilih PTN yang sesuai kapasitas nilai UTBK-mu. Mungkin saja bukan PTN impianmu, setidaknya sukses atau tidaknya kamu di masa depan, tidak bisa ditentukan hanya dari PTN mana kamu lulus, melainkan dari proses yang kamu lalui selama mengikuti jenjang perkuliahan. 

Pertimbangkan Daya Tampung Jurusan Kuliah

Strategi tips lolos SBMPTN kedua yaitu mempertimbangkan daya tampung jurusan kuliah. Alangkah baiknya kamu memilih jurusan yang memiliki daya tampung banyak tapi peminat rendah. Atau, jurusan dengan daya tampung sedikit serta peminat rendah. Jurusan kuliah yang memenuhi dua kategori itu tidak memiliki persaingan yang terlalu ketat sehingga peluang diterima pun makin besar.

Walaupun demikian, kamu tidak boleh memilih jurusan biasa-biasa saja yang penting lolos, ya! Kamu tetap harus mengutamakan minat dan bakat dalam menentukan jurusan kuliah. Sebab, saat kuliah kamu akan mendalami jurusan itu dalam waktu yang tidak sebentar. Jangan sampai berakhir salah jurusan karena hal itu bisa menghambat pengembangan diri kamu ke depannya.

Cari Tahu Jurusan Paling Berpeluang

Dari pertimbangan daya tampung, peminat, serta minat dan bakat, kamu bisa membuat daftar jurusan yang akan dipilih. Setelah membuatnya, bandingkan mana jurusan yang dapat membuatmu paling berpeluang lolos.

Contohnya:

  • Jurusan Teknik Informatika Universitas Brawijaya memiliki daya tampung 96 kursi pada SBMPTN 2021, peminatnya pada SBMPTN 2020 sebanyak 1.968 orang.
    Peluang kamu: 1.968 – 96 = 1.872.
    Artinya, nilai UTBK SBMPTN kamu harus di atas 1.872 peserta agar diterima jurusan Teknik Informatika UB.
  • Jurusan Peternakan Universitas Brawijaya memiliki daya tampung 296 kursi pada SBMPTN 2021, peminatnya pada SBMPTN 2020 sebanyak 871 orang.
    Peluang kamu: 971 – 296 = 675.
    Artinya, kamu harus memperoleh nilai UTBK di atas 675 peserta lainnya agar lolos di jurusan Peternakan UB.
Tips lolos SBMPTN yang bisa kamu lakukan jika nilai UTBK-mu kecil adalah, mencari jurusan yang sesuai dengan rasio keketatan yang tidak terlalu sulit.

Dari contoh di atas, mana yang lebih berpeluang? Tentu jurusan Peternakan karena sainganmu jauh lebih sedikit. Selain itu, daya tampung jurusan Peternakan UB pun tergolong banyak sehingga peluang diterima pun semakin besar.

Bagaimana, sudah paham cara menganalisis jurusan yang paling berpeluang? Kuncinya, apabila nilai UTBK kamu rendah, sebaiknya cari peluang jurusan yang tingkat persaingannya rendah. Nah, itulah beberapa strategi lolos SBMPTN meski nilai UTBK kecil yang bisa kamu ikuti. Semoga tips-tips di atas dapat mengurangi kekhawatiran kamu di pendaftaran UTBK SBMPTN mendatang, ya.

Daripada kamu kepikiran terus mengenai skor UTBK, mending kamu mematangkan persiapan SBMPTN saja. Persiapan matang akan membantumu mendapatkan nilai UTBK tinggi untuk meraih kampus impian. Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify sebagai sarana serta teman belajarmu. 

Sebagai satu di antara bimbel online terfavorit, Pahamify menyediakan berbagai metode belajar online yang bisa kamu gunakan sebagai persiapan menghadapi UTBK SBMPTN. Mulai dari kumpulan soal SBMPTN, try out online, rangkuman materi pelajaran, hingga study plan tertarget dan komunitas belajar yang kondusif.

Soal kualitas, jangan ditanya, semua latihan soal UTBK SBMPTN yang disajikan Pahamify sudah disesuaikan dengan kaidah Higher Order Thinking Skill (HOTS), dengan kumpulan bank soal ter-update yang lengkap dengan pembahasannya. 

Agar persiapanmu makin optimal, kamu juga bisa mengikuti Pahamify Accelerator Program (PAP), yaitu program bimbingan belajar online khusus UTBK SBMPTN intensif yang dipandu langsung oleh tutor berpengalaman. Berdasarkan hasil PAP sebelumnya, 88 persen peserta program belajar online ini berhasil masuk ke PTN favorit mereka lho.

Jadi tunggu apalagi, kejar impian masuk PTN favoritmu, download Pahamify di link ini, dan manfaatkan berbagai fitur kerennya untuk lolos SBMPTN!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll