Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Anti Gagal SNMPTN dengan Jurusan yang Tepat

Mau mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN, tapi masih bingung bagaimana memilih jurusan yang tepat? Jangan khawatir, kamu bisa menerapkan strategi memilih jurusan kuliah dari Mipi. Kalau kamu tidak mau gagal SNMPTN, kamu harus mempertimbangkan memilih jurusan yang tepat, Pahamifren.

Kuncinya, pertimbangkan peluang diterimanya, sesuaikan dengan minat dan bakatmu. Penasaran seperti apa strategi memilih jurusan kuliah dari Mipi? Yuk, langsung simak!

Cara Memilih Jurusan SNMPTN yang Tepat

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu ikuti untuk menentukan jurusan kuliah. Namun, Mipi bakal membahas 5 cara agar tidak gagal SNMPTN akibat salah pilih jurusan. Apa saja itu? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Ketahui Ketentuan Pilihan Jurusan Kuliah SNMPTN

Sudah menargetkan banyak jurusan, ternyata pilihan jurusan di SNMPTN terbatas. Sayang banget kan? Maka dari itu, strategi memilih jurusan kuliah SNMPTN yang pertama yaitu mengenali aturannya terlebih dahulu.

Jika tak ingin gagal SNMPTN, kamu harus mengetahui cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat.

Berdasarkan aturan SNMPTN tahun 2021, kamu bisa memilih maksimal dua jurusan kuliah dari satu atau dua PTN. Kalau memilih dua jurusan, salah satunya harus berada di PTN yang berlokasi sama dengan sekolahmu. Jika kamu hanya memilih satu jurusan, kamu bebas mendaftar PTN mana pun.

Agar tidak gagal SNMPTN, sebaiknya hindari melakukan lintas jurusan. Namun, jika kamu benar-benar ingin lintas jurusan, cek dulu ketentuan PTN yang kamu targetkan, ya, Pahamifren.

Oh iya, karena aturan yang Mipi cantumkan merupakan data tahun 2021, ketentuan tersebut masih dapat berubah. Ada baiknya kamu mengecek pembaruan aturan SNMPTN di portal LTMPT, khususnya pada tahun berjalan saat kamu mendaftar.

Pilih Jurusan yang Memang Disuka

Setelah mengetahui cara memilih jurusan snmptn yang tepat sesuai ketentuannya, kamu tinggal menyesuaikannya dengan jurusan yang kamu sukai. Hindari memilih jurusan karena tergiur popularitasnya saja. Sebab, kepopuleran jurusan hanya bertahan dalam batas waktu tertentu. Sementara proses perkuliahanmu akan berjalan dalam waktu yang tidak sebentar.

Kalau jurusan tersebut sudah tidak populer dan ternyata bidangnya kurang kamu sukai, bukan tidak mungkin kamu akan menyesal kan? Oleh karena itu, pilihlah yang memang sesuai dengan minat, bakat, bahkan kepribadianmu. Dengan begitu, saat lolos di jurusan tersebut nanti, kamu bakal lebih semangat belajar sehingga proses perkuliahanmu pun berjalan lancar.

Mencari Kampus Tujuan

Masih banyak di antara kamu yang fokus pada kampusnya daripada pilihan jurusannya. “Enggak masalah deh dapat jurusan sepi peminat, asalkan kuliahnya di kampus ini.” Hayo, siapa yang masih berpikiran seperti itu? Jika ternyata jurusan tersebut tidak kamu minati, yang ada kamu bisa kesulitan selama menjalani perkuliahan, lho.

Jadi, agar tidak gagal SNMPTN, sebaiknya pilih jurusan yang kamu sukai dan kuasai terlebih dahulu. Percayalah, keberhasilanmu tidak hanya dilihat dari seberapa bagus tempat kuliahmu, namun bagaimana kamu juga bisa berproses di sana. Asalkan kamu punya niat dan rajin belajar, pasti hasilnya tetap maksimal dan berkualitas kok.

Pertimbangkan Daya Tampung dan Keketatan Persaingan

Strategi ini dapat kamu terapkan untuk menentukan urutan jurusan kuliah pertama dan kedua di SNMPTN. Sebaiknya tempatkan jurusan yang punya keketatan persaingan tinggi atau daya tampung sedikit pada urutan pertama. Namun, tetap pastikan jurusan tersebut sangat kamu minati, ya.

Sementara pada pilihan kedua, cari jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya lebih longgar daripada jurusan pertama. Pertimbangan ini bertujuan memaksimalkan peluang diterima pilihan kedua apabila kamu gagal di jurusan pertama.

Khusus pilihan kedua, kamu dapat memilih jurusan yang diminati, tetapi kamu belum punya bakat maksimal di jurusan tersebut. Jadi, kamu memilih jurusan kedua ini agar dapat mengembangkan kemampuanmu.

Gali Informasi Jurusan dan Kampus yang Dituju

Miliki bekal informasi yang cukup terkait jurusan dan kampus impian agar kamu makin yakin memilihnya. Kamu bisa menggali informasi dari artikel, blog, sosial media, portal universitas, tanya jawab alumni, atau bahkan sosialisasi kampus yang biasanya diselenggarakan oleh sekolah.

Lantas informasi apa saja yang perlu dicari? Bisa seputar sebaran mata kuliah, lokasi, reputasi kampus, tenaga pengajar, ikatan alumni, biaya pendidikan, prospek karir, dan lain sebagainya. Selain itu, tidak ada salahnya sesekali mengikuti seminar dari alumni sekolah yang saat ini berkuliah di kampus impianmu.

Itu dia ulasan mengenai strategi memilih jurusan kuliah SNMPTN. Ikuti cara-cara di atas agar peluang lolos SNMPTN makin besar. Mengingat penilaian SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai rapor, sebaiknya curi start belajar dari sekarang agar mendapatkan nilai rapor tinggi dan jadi juara kelas.

Kamu bisa menggunakan bimbingan belajar online Pahamify untuk memaksimalkan persiapan SNMPTN. Ada ribuan video pembelajaran beranimasi, lengkap dengan kuis, rangkuman, latihan soal, kelas online, serta try out online. Proses belajar dijamin lebih seru dan optimal meraih prestasi. Tunggu apalagi, download aplikasinya di link ini sekarang. Ayo kejar SNMPTN bareng Pahamify!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll