Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, sudah baca artikel tentang pendaftaran SIMAK UI 2021 ini kan? Dari artikel tersebut, kamu pasti sudah tahu kalau tes SIMAK UI akan berlangsung beberapa bulan lagi. Buat kamu yang mau memaksimalkan peluang lolos masuk UI, ayo persiapkan dirimu dari sekarang! Ada banyak contoh soal simak UI beserta pembahasannya yang bisa kamu coba.

Nah, kali ini Mipi mau membagikan latihan soal SIMAK UI Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia. Di artikel ini, kamu bisa mendapatkan contoh soal simak UI dan pembahasannya, untuk meningkatkan peluang lolos ujian Simak UI tahun ini. Yuk kerjakan soal berikut!

Materi Soal SIMAK UI Bahasa Indonesia

Sebelum mengerjakan soalnya, kamu perlu tahu kalau materi Bahasa Indonesia dalam SIMAK UI termasuk dalam tes Kemampuan Dasar, selain materi Bahasa Inggris dan Matematika. Tes Kemampuan Dasar ini wajib dikerjakan oleh peserta SIMAK yang mengambil kelompok ujian IPA/Saintek maupun IPS/Soshum. Jumlah soal SIMAK UI Kompetensi Bahasa Indonesia pada tahun 2019 berjumlah 15 soal. Ada kemungkinan jumlah tersebut masih sama pada SIMAK UI 2021.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, pada contoh soal Simak UI, materi Bahasa Indonesia yang diujikan dalam tes Kemampuan Dasar meliputi topik paragraf, gagasan pokok, kalimat efektif atau kalimat baku, sinonim-antonim, makna kata, dan kaidah penulisan yang benar.

Untuk menjawab pertanyaan yang, kamu harus membaca teks bacaan yang disajikan. Suatu teks bacaan terkadang bisa digunakan untuk menjawab beberapa soal. Beberapa tips mengerjakan SIMAK UI Bahasa Indonesia dengan lancar yang bisa kamu terapkan yaitu mengasah ketelitian, rajin membaca teks bacaan, serta memperbanyak perbendaharaan kata sesuai KBBI dan PUEBI.

Kini, kamu lebih siap menghadapi Simak UI lewat berbagai contoh soal Simak UI dan pembahasannya.

Latihan Soal SIMAK UI Bahasa Indonesia dan Pembahasan

Kamu pasti sudah punya gambaran tentang soal SIMAK UI Bahasa Indonesia dong. Daripada penasaran, ayo kerjakan saja 5 contoh soal SIMAK UI Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia di bawah ini! Jangan khawatir, kumpulan soal SIMAK UI ini sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai referensi belajar persiapan SIMAK UI 2021 mendatang.

Soal 1

Para sejarawan umumnya memiliki pandangan yang lebih utuh dalam melihat suatu fenomena atau peristiwa sosial politik. Berbeda dengan para pengamat umumnya, para sejarawan selalu mengaitkan setiap masalah dengan peristiwa jauh ke belakang.

Merle Ricklefs, sejarawan Australia, misalnya, membuktikan hal itu dalam buku terbarunya, Polarising Javanese Society. Buku ini merupakan karya yang sangat baik dalam melihat gejala kebangkitan Islam di Indonesia. Ricklefs membahas masa‐masa pembentukan kesadaran Islam pada paruh pertama abad ke‐19 hingga awal abad ke‐20.

Topik paragraf di atas adalah…

A. Pandangan sejarawan dalam melihat suatu gejala.

B. Perbedaan pengamatan sejarawan dengan pengamat umum.

C. Cara sejarawan menganalisis masalah.

D. Pembahasan buku baru karangan Merle Ricklefs.

E. Pembahasan masa awal pembentukan kesadaran Islam di Indonesia.

Pembahasan:

Topik paragraf bisa diperoleh dari isi paragraf teks bacaan. Dalam hal ini, isi paragrafnya yaitu masalah pandangan para sejarawan. Jadi, topik dalam paragraf di atas adalah pandangan sejarawan dalam melihat suatu gejala.
Jawaban yang benar adalah A.

Soal 2

Sepak bola tanpa batas. Ini memang hanya sebuah slogan belaka. Akan tetapi, slogan itu membersitkan cita‐cita mulia bahwa sepak bola lebih dari sekadar suatu permainan. Sepak bola telah menjadi bagian dari keadaban publik kita.

Melalui sepak bola kita belajar menenun kain habitus baru untuk menyelimuti dunia yang sedang dilanda kedinginan karena kurangnya solidaritas, minusnya religiositas, dan hampanya sportivitas. Mudah‐mudahan harapan Paus Yohanes Paulus II ketika memberkati stadion Roma menjadi harapan kita juga, “Jauhilah kekerasan dari bola, cegahlah komersialisasi lewat bola, dan bola hendaklah menjadi sarana persaudaraan dan perdamaian dunia.” Selamat menikmati Piala Dunia.

Kalimat yang tepat untuk meringkas seluruh isi paragraf di atas adalah…

A. Sepak bola merupakan habitus baru masyarakat dunia sekarang untuk mengurangi solidaritas, sportivitas, religiositas manusia yang semakin lemah.

B. Sepak bola dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas, sportivitas, persaudaraan, dan perdamaian serta tidak sekadar merupakan sarana komersial.

C. Habitus baru sepak bola diperlukan dalam dunia yang serba komersial dan penuh kekerasan sehingga sepak bola harus tanpa batas.

D. Slogan sepak bola tanpa batas mengisyaratkan cita‐cita baru umat manusia untuk menjaga perdamaian dan membangun persaudaraan dan menjauhi kekerasan.

E. Kekerasan yang kerap membayangi persepakbolaan Indonesia menuntut kita memahami slogan sepak bola tanpa batas sehingga terciptanya kedamaian dan persaudaraan.

Pembahasan:

Paragraf bagian dari wacana yang merupakan satu kesatuan kalimat-kalimat penjelas. Paragraf yang baik harus memiliki satu ide pokok atau satu pikiran utama dan beberapa pikiran penjelas yang saling berkoherensi. Dari ide pokok dan pikiran penjelas tersebutlah baru bisa kita tarik ringkasan atau isi keseluruhan.

Ringkasan yang paling tepat untuk soal di atas adalah sepak bola dapat menjadi sarana untuk membangun solidaritas, sportivitas, persaudaraan, dan perdamaian serta tidak sekadar sarana komersial.
Jawaban yang benar adalah B.

Soal 3

…. penerapan kebijakan itu menyebabkan munculnya tidak puas …. para pendukung setiap bupati itu.Kata-kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…

A. Ketidak‐konsistenan; di antara.

B. Ketidak konsistenan; di antara.

C. Ketidakkonsistenan; diantara.

D. Ketidakkonsistenan; di antara.

E. Ketidak‐konsistenan; diantara.

Pembahasan:

Soal di atas menuntut kamu untuk mencari penulisan imbuhan yang tepat pada suatu kalimat. Dalam hal ini, frasa yang mendapat imbuhan, penulisannya disambung. Imbuhan “di” yang menunjukkan tempat penulisannya dipisah. Jadi, kata yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ketidakkonsistenan dan di antara.
Jawaban yang benar adalah D.

Soal 4

Setelah enam belas tahun berkarya di jalur musik, kelompok musik tersebut masih tetap berkibar. Makna berkibar sesuai dengan kutipan di atas adalah…

A. ada.

B. menjadi idola.

C. berjuang keras.

D. mengudara.

E. melakukan pertunjukan.

Pembahasan:

Apabila ingin mencari makna kata dalam sebuah kalimat kamu harus mengetahui konteks dan isi dari kalimat tersebut. Kalimat di atas konteksnya adalah berkarya di dunia musik. Sementara itu, kata berkibar bisa berarti bergerak-gerak karena ditiup angin atau menjadi masyhur. Makna yang paling tepat sesuai konteks kalimat tersebut adalah menjadi masyhur atau menjadi idola.
Jawaban yang benar adalah B.

Sudah siap menghadapi Simak UI tahun ini? Latih kemampuanmu menjawab contoh soal Simak UI dan pembahasannya.

Soal 5

Manakah kalimat yang efektif dari kalimat-kalimat berikut…

A. Madura sangat kaya akan tradisi lisan, di antaranya ada wayang wong, ludruk, macapat, dan syiir.

B. Syiir kadang‐kadang ditampilkan dengan saronen, instrumen tiup lokal.

C. Penampilan saronen dahulu sering muncul saat orang mengantar pengantin yang diiring menaiki kuda.

D. Syiir juga sering muncul dalam seremonial seperti sunatan, selamatan desa, syukuran, dan lain‐lainnya.

E. Maksud dan tujuan dibawakannya syiir adalah untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Pembahasan:

Kalimat efektif ditandai dengan kehematan dan ketepatan penggunaan kata. Pilihan A tidak efektif karena kata “di antaranya” dan “ada” cukup digunakan salah satu saja untuk menunjuk macam tradisi lisan. Sementara itu, pilihan B sudah efektif karena menunjukkan kehematan dan ketepatan kata.

Pilihan C dinilai kurang efektif karena penggunaan kata “dahulu”. Pada pilihan D tidak efektif karena penambahan kata “juga”. Pilihan E tidak efektif karena penggunaan kata “maksud” dan “tujuan” yang memiliki makna sama.
Jawaban yang benar adalah B.

Bagaimana, Pahamifren? Ada berapa banyak soal yang sudah kamu jawab benar? Buat kamu yang ingin mendapatkan latihan contoh soal SIMAK UI dan pembahasannya yang lain, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify di link ini, ya.

Biar persiapan SIMAK UI 2021 semakin maksimal, kamu bisa berlangganan Paket SKS SIMAK UI. Dapatkan akses try out, bank soal, rangkuman materi, kelas online, grup belajar eksklusif, serta fitur Study Plan dan Study Coach dari Pahamify.

Download aplikasi bimbingan belajar online Pahamify dan tingkatkan peluang lolos SIMAK UI 2021 sekarang! Jangan lupa, cek promo menarik untuk persiapan ujian lainnya di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll