Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 akan dibuka sebentar lagi nih. Tentunya kamu sudah memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi UTBK dong. Jangan cuma persiapan menghadapi tes UTBK saja, ya. Kamu juga butuh persiapan dalam pendaftarannya. Hal ini karena pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Ada tahapan-tahapan yang perlu kamu lalui sebelum akhirnya bisa mengikuti tes UTBK dan seleksi SBMPTN 2021. Apabila tahapan pendaftaran terlewat, kemungkinan kamu tidak dapat mengikuti tes UTBK, atau bahkan gagal ikut seleksi SBMPTN. Maka dari itu, kamu perlu membekali diri dengan banyak informasi UTBK supaya proses pendaftaran UTBK SBMPTN pun berjalan lancar.

Jangan lupa. catat informasi pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 agar tidak ketinggalan.

Kali ini Mipi mau memberikan informasi lengkap seputar pendaftaran UTBK SBMPTN, mulai dari jadwal, syarat, tata cara, lokasi UTBK, hingga hal penting yang harus diperhatikan sebelum mendaftar. Pahami penjelasannya secara seksama agar lancar saat mendaftar nanti.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dilakukan secara online di situs resmi yang telah disediakan oleh LTMPT. Pada pelaksanaannya, UTBK dilakukan dengan metode tes berbasis komputer. Pendaftaran UTBK 2021 diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah di PTN lewat jalur SBMPTN.

Namun, sebenarnya nilai UTBK tidak hanya digunakan mendaftar SBMPTN saja, Pahamifren. Nilai tersebut juga bisa digunakan untuk mengikuti Ujian Mandiri dan syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), atau seleksi masuk sekolah kedinasan lainnya yang telah bekerja sama dengan LTMPT. Hasil nilai tes UTBK yang diperoleh peserta nantinya diberikan secara individu.

Membahas lebih jauh tentang UTBK SBMPTN 2021, kuota calon mahasiswa yang diterima di PTN lewat jalur ini minimal sebanyak 40 persen. Kuota tersebut termasuk tertinggi dibandingkan jalur seleksi lain, seperti SNMPTN maupun Ujian Mandiri. Maka dari itu, peluang diterima dari jalur tersebut pun lebih besar, hanya saja pendaftarnya pasti lebih banyak, Pahamifren.

Jadwal Penting UTBK SBMPTN 2021

Sudah siap menghadapi UBTK? Jangan lupa perhatikan jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 ya.

Perlu kamu ketahui, pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan berjalan bersamaan. Jadi, kalau kamu mau menggunakan nilai UTBK untuk mengikuti seleksi SBMPTN 2021, berarti kamu harus daftar UTBK sekaligus SBMPTN. Maka dari itu, catat jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 berikut ini:

  • 7 Februari – 12 Maret 2021: Tahap pendaftaran akun LTMPT
  • 15 Maret – 1 April 2021: Tahap pendaftaran UTBK dan SBMPTN
  • 12 April – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang pertama
  • 26 April – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK gelombang kedua
  • 14 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi SBMPTN pukul 15.00 WIB

Dari jadwal di atas, kamu bisa tahu deh UTBK SBMPTN 2021 kapan akan dilaksanakan. Catat tanggalnya baik-baik, ya! Apabila jadwal tersebut mengalami perubahan, Mipi akan memberitahu kamu di blog dan sosial media Pahamify. Jadi, pantau terus informasi terbaru dari Pahamify! Atau, kamu juga bisa melihat informasinya di situs resmi penyelenggara UTBK SBMPTN.

Syarat Pendaftaran UTBK

Syarat pendaftaran UTBK SBMPTN yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Akun LTMPT.
  • Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021, atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  • Lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  • Memilih satu di antara kelompok ujian yang tersedia, yaitu kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.
  • Membayar biaya UTBK 2021. Biaya pendaftaran kelompok Saintek dan Soshum sebesar Rp200.000. Sementara kelompok Campuran membayar sebesar Rp300.000.

Sebagai informasi tambahan, saat pelaksanaan UTBK, siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2019 dan 2020 biasanya diharuskan membawa ijazah. Sedangkan siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2021 membawa Surat Keterangan Identitas pelajar dari sekolah.

Tata Cara Pendaftaran

Langkah-langkah pendaftaran UTBK SBMPTN yang wajib kamu ketahui secara berurutan adalah sebagai berikut:

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021
  1. Registrasi akun LTMPT. Persiapkan syarat registrasi, seperti NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Bagi siswa lulusan 2019 dan 2020 yang sudah memiliki akun LTMPT sebelumnya tidak perlu membuat akun baru.
  2. Setelah daftar, log in menggunakan username email dan password pada laman website https://portal.ltmpt.ac.id/
  3. Kemudian, pilih menu verifikasi dan validasi data siswa. Nantinya, kamu akan diminta mengisi biodata diri, mengunggah pas foto berwarna terbaru, serta melakukan verifikasi biodata.
  4. Setelah verifikasi dan validasi data selesai, pilih menu pendaftaran UTBK dan pilih lokasi pusat UTBK. Lokasi ini menunjukkan di mana PTN tempat kamu tes.
  5. Pilih jenis ujian sebelum mendapatkan slip pembayaran.
  6. Lakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh LTMPT (Bank BNI, BTN, dan Mandiri). Jangan lupa membawa slip pembayaran yang kamu peroleh saat pendaftaran UTBK. Pembayaran dilakukan maksimal 1×24 jam.
  7. Setelah membayar, lakukan log in akun untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Selesai! Kamu sudah terdaftar sebagai peserta UTBK 2021 dan berhak mengikuti UTBK sesuai tanggal, hari, sesi, dan lokasi pusat UTBK yang ditetapkan.

Perlu diketahui, peserta yang sudah pernah dinyatakan lolos SNMPTN tahun 2019, 2020, dan 2021 akan secara otomatis ditolak mendaftar UTBK 2021. Selain itu, pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 ini juga terbuka bagi peserta tuna netra dengan menyertakan Surat Keterangan resmi dari kepala sekolah.

Lokasi UTBK

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dalam pelaksanaan tes UTBK 2021, pemilihan lokasi tes sepenuhnya ditentukan oleh peserta. Jadi, kamu enggak perlu khawatir mendapatkan lokasi ujian di luar daerah. Dalam memilih lokasi UTBK ini, sebaiknya kamu pilih yang paling dekat dari tempat tinggalmu agar mobilitas dan transportasi menuju lokasi semakin mudah.

LTMPT sendiri telah menyediakan 74 lokasi pusat UTBK PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Rincian mengenai PTN mana saja yang menjadi lokasi pusat UTBK bisa kamu cek di web resmi LTMPT pada menu Pusat UTBK.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Mendaftar UTBK

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum maupun saat mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Jika terjadi kekeliruan, hal-hal ini mungkin bisa berdampak pada status pendaftaran kamu. Jadi, perhatikan hal-hal berikut ini dengan baik ya, Pahamifren.

Mempersiapkan Berkas Pendaftaran

Untuk memudahkan kelancaran saat pendaftaran UTBK SBMPTN, ada baiknya kamu mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran, seperti NISN, NPSN, serta foto terbaru sejak jauh-jauh hari.

Apabila ada dokumen yang salah atau kurang, kamu masih bisa memperbaiki dan melengkapinya. Mempersiapkan berkas sejak awal juga dapat mengurangi kekhawatiran kamu saat mendaftar sehingga kamu lebih tenang dan siap dalam mengambil keputusan.

Hindari Mendaftar Mendekati Deadline

Pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka pada tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. Artinya, ada waktu 2 minggu untuk melakukan pendaftaran. Dari waktu 2 minggu tersebut, ada baiknya kamu mendaftar pada awal-awal waktu pendaftaran dibuka, misalnya pada minggu pertama.

Pada intinya, jangan menunda pendaftaran sampai mendekati deadline. Bisa saja menjelang deadline, server mendadak down dan kamu kesulitan membuka laman pendaftaran. Kalau sudah begitu, kamu tidak ada waktu lain lagi untuk melakukan pendaftaran. Tentu sangat disayangkan, apalagi kalau kamu sudah mempersiapkan semua dokumen, namun ujung-ujungnya tidak bisa mendaftar akibat server down.

Pastikan kamu sudah tahu informasi pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Semangat, masuk PTN impian pasti bisa!

Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet lancar sebelum mendaftar UTBK SBMPTN untuk meminimalkan terjadinya kesalahan teknis, seperti error saat mengunggah dokumen. Koneksi internet lancar tentu akan memudahkan kamu dalam mengakses laman pendaftaran dan mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan.

Kalau kamu biasanya termasuk sobat miskin kuota, menjelang hari H pendaftaran, sebaiknya ganti ke penyedia layanan internet atau WiFI terbaik dengan kecepatan stabil ya, Pahamifren. Enggak masalah merogoh kocek sedikit, yang penting pendaftaran UTBK bisa dilakukan dengan lancar kan?

Ingat Jadwal Tes dan Waktu Ujian

Tips terakhir ini berguna menjelang pelaksanaan tes UTBK. Seperti yang kamu tahu, tes UTBK akan dilakukan dalam 2 gelombang. Jadi, pastikan kamu ingat gelombang mana yang kamu ikuti beserta jadwal ujiannya. Jangan sampai kamu salah jadwal karena bisa berpotensi mengakibatkan status kepesertaan UTBK gugur.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah semakin paham mengenai pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 kan? Agar bekal informasi kamu semakin lengkap, kamu bisa cek informasi terbaru, seperti anjuran LTMPT terkait proses pendaftaran UTBK SBMPTN di link artikel ini.

Pada pelaksanaan UTBK 2021 nanti, tes dilakukan satu kali dan nilai yang kamu peroleh hanya bisa dipakai di tahun 2021. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri supaya dapat mengerjakan tes semaksimal mungkin sehingga memperoleh nilai UTBK yang tinggi.

Biar makin siap menghadapi UTBK 2021, kamu bisa mencoba latihan soal lewat fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba lengkap dengan pembahasannya.

Jangan lupa berlangganan Paket SKS dari Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Informasi lengkap Paket SKS Pahamify bisa kamu cek di sini.

Tunggu apalagi, yuk unduh aplikasi belajar online Pahamify di sini sekarang! Manfaatkan fitur-fitur serunya untuk #TaklukkanUTBK.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Terlengkap! Informasi Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Yang Wajib Kamu Ketahui

Sukardi
March 10, 2021 at 5:27 am

Yaa Allah hamba ingiin kuliaah di tahun ini, insya Allah mau mencoba di tahun ini, mudah mudah bisaa lolos, makasih untuk info nya,

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll