Pahamifren, pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 telah dibuka! Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu memiliki bekal informasi yang cukup seputar pendaftaran SBMPTN, ya. Kamu bisa mengetahui info terkait jadwal pendaftaran, syarat pendaftaran SBMPTN, tata cara, lokasi UTBK, hingga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar SBMPTN di link artikel ini.

Khusus pada pembahasan kali ini, Mipi mau berbagi informasi ter-update seputar pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, berdasarkan laman resmi LTMPT. Apa saja informasi terbarunya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Adapun informasi terbaru mengenai pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 yaitu terkait anjuran LTMPT pada proses pendaftaran, jenis-jenis kelompok ujian, alur pendaftaran, ketentuan pilihan prodi, sekaligus biaya pendaftarannya. Mari kita bahas satu per satu hal-hal tersebut.

Anjuran LTMPT terkait Pendaftaran SBMPTN

Seperti yang kamu ketahui, pendaftaran UTBK SBMPTN tahun ini dibuka sebelum pengumuman hasil SNMPTN. Hal ini membuat banyak di antara kamu yang bingung, apakah lebih baik mendaftar sebelum pengumuman SNMPTN atau setelahnya? Sebagai solusinya, pihak LTMPT akhirnya mengeluarkan surat edaran terkait proses pendaftaran SBMPTN.

Dalam surat edaran tersebut, pihak LTMPT mengimbau kepada siswa lulusan tahun 2021 atau peserta SNMPTN 2021 untuk mendaftar UTBK SBMPTN setelah pengumuman hasil SNMPTN. Sebaliknya, siswa lulusan tahun 2019 dan 2020, dianjurkan untuk mendaftar UTBK SBMPTN pada tanggal 15 – 20 Maret 2021.

Artinya, buat kamu yang gap year dan berencana mendaftar UTBK SBMPTN 2021, kamu bisa segera mendaftar pada minggu pertama pendaftaran dibuka. Buat peserta SNMPTN 2021, sebaiknya kamu tunggu pengumuman hasil SNMPTN terlebih dahulu ya, Pahamifren.

Kenapa sih harus menunggu pengumuman SNMPTN terlebih dahulu? Hal ini dikarenakan peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN tidak bisa mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Apabila peserta yang lolos SNMPTN sudah terlanjur melakukan pendaftaran SBMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang dibayarkan tidak bisa ditarik kembali.

Alur Pendaftaran UTBK SBMPTN

Pendaftaran UTBK SBMPTN dilakukan melalui akun LTMPT siswa masing-masing dan diakses melalui Portal LTMPT. Secara umum, tahapan pendaftaran yang akan kamu lalui adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi Biodata;
  2. Memilih Program Studi;
  3. Mengunggah Portofolio;
  4. Memilih Pusat UTBK;
  5. Melihat Nomor Pendaftaran;
  6. Konfirmasi Kartu Peserta;
  7. Unduh Kartu Peserta.

Kelompok Ujian UTBK

Untuk masuk PTN impian lewat jalur SBMPTN, kamu wajib mengikuti tes UTBK terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kriteria penilaian utama SBMPTN diperoleh dari nilai UTBK tiap peserta. Pada pelaksanaan UTBK mendatang, kamu harus mengikuti tes sesuai kelompok ujian yang kamu pilih pada pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Adapun kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi tiga jenis, di antaranya:

  • Sains dan Teknologi (Saintek), materi ujiannya meliputi TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  • Sosial dan Humaniora (Soshum), materi ujiannya meliputi TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum), materi ujiannya meliputi TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Ketentuan Pilihan Program Studi pada UTBK SBMPTN 2021

Kelompok ujian pada UTBK harus kamu sesuaikan dengan pilihan program studi yang kamu pilih. Tapi ingat, memilih program studi pada SBMPTN tidak boleh dilakukan asal-asalan, ya. Kamu perlu mengikuti ketentuan pilihan program studi yang ditetapkan oleh LTMPT. Berikut ketentuannya:

  1. Program studi yang ada di PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih paling banyak dua program studi dengan ketentuan:
    a. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    b. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    c. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  3. Peserta SBMPTN 2021 dapat memilih program studi di PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri mana pun.
  4. Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi HANYA dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.
  5. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Pendaftaran UTBK

Berbeda dengan SNMPTN yang tidak memungut biaya apa pun, jalur SBMPTN mewajibkan kamu membayar biaya untuk tes UTBK. Besaran biaya pendaftaran UTBK tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum.
  • Rp300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

Biaya UTBK di atas dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI, dengan mengikuti tata cara pembayaran masing-masing bank. Khusus untuk peserta di Provinsi Aceh, pembayaran UTBK SBMPTN 2021 dapat mengikuti ketentuan Surat Edaran LTMPT No. 09/SE.LTMPT/2021.

Sebagai tambahan informasi, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Bagi calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak akan dipungut biaya alias GRATIS.

Sampai sini, kamu pasti sudah semakin paham mengenai pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Mudah-mudahan, ulasan kali ini bisa membuat proses pendaftaran kamu berjalan lancar, ya.

Pada pelaksanaan UTBK 2021 mendatang, tes hanya bisa dilakukan satu kali dan nilai yang kamu peroleh pun cuma bisa dipakai pada seleksi tahun 2021. Maka dari itu, kamu harus punya persiapan yang matang supaya bisa mengerjakan tes UTBK semaksimal mungkin sehingga bisa mendapatkan skor UTBK tertinggi.

Biar makin siap menghadapi UTBK 2021, kamu bisa mencoba latihan soal di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba, lengkap dengan pembahasannya yang menarik.

Kamu juga dapat mengejar ketertinggalan materi UTBK dengan cara berlangganan Paket SKS Pahamify. Lewat Paket SKS Pahamify, kamu bisa kebut belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Cari tahu info lengkap Paket SKS di sini, ya.

Yuk, lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impianmu bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version