Pahamifren tahu nggak? tanpa kamu sadari proses akuntansi sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari lho. Saat kamu membayar SPP di sekolah, biasanya kamu diberikan bukti pembayaran kan? Atau ketika kamu belanja di minimarket dan mendapatkan struk pembayaran. Contoh tersebut menunjukkan betapa akuntansi sebagai sistem informasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita.

Nah, biar kamu makin paham, yuk kita bahas lebih jauh tentang akuntansi sebagai sistem informasi. Kira-kira, kenapa sih akuntansi nggak bisa lepas dari keseharian kita? Memangnya sepenting itu?

Sebenarnya, akuntansi adalah proses mencatat dan mengolah transaksi yang berhubungan dengan laporan keuangan. Dari proses pencatatan itu, dihasilkan suatu data yang bisa digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Simak pembahasan berikut ya:

Manfaat Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Mempermudah pencatatan kas menjadi salah satu manfaat akuntansi sebagai sistem informasi.

Hasil laporan akuntansi umumnya digunakan untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan. Data yang disajikan dalam laporan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara mengendalikan keuangan. 

Nggak sekadar teknik pembukuan keuangan biasa, akuntansi sebagai sistem informasi bertujuan mencegah terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan keuangan. Ada beberapa manfaat utama akuntansi yang harus kamu ketahui, antara lain:

Memberikan Informasi Kondisi Keuangan

Jika dilihat dari sudut pandang perusahaan, laporan keuangan tentu menjadi gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan. Akuntansi sebagai sistem informasi digunakan untuk menunjukan kinerja perusahaan. 

Seorang akuntan biasanya akan melihat cash flow dari perusahaan yang berisi total aset perusahaan, modal yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan, dan hutang yang ada di perusahaan. Jadi jika dari laporan tersebut ditemukan hal yang tidak beres, manajemen perusahaan dapat segera mengambil tindakan.

Menjadi Alat Pengendali Keuangan 

Nggak cuma sebagai laporan rutin, pencatatan keuangan juga bisa dijadikan alat kontrol keuangan perusahaan. Sistem akuntansi yang tertata rapi bisa menjadi dasar kebijakan perusahaan untuk mengalokasikan keuangannya. Jadi, manajemen perusahaan bisa menentukan skala prioritas yang lebih tepat jika menggunakan data dari sistem akuntansi.

Jika suatu saat kamu jadi pengusaha, kamu wajib banget menguasai skill ini. Nantinya kamu akan lebih bijak untuk menentukan pengeluaran mana yang menjadi prioritas, dan mana yang bisa ditunda. 

Bagi perusahaan  informasi dari akuntansi dapat digunakan perusahan untuk mengetahui keuntungan atau kerugian perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menyusun rencana anggaran yang lebih tepat untuk meminimalkan resiko kerugian.

Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan 

Dengan mengetahui informasi  keuangan, pengelola perusahaan dapat mengetahui apa yang terjadi di periode sebelumnya, dan apa saja yang bisa ditingkatkan di masa berikutnya. Akuntansi membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja sebelumnya, apakah sudah tepat atau masih ada yang perlu diperbaiki berdasarkan dari laporan keuangan tersebut.

Laporan keuangan yang sistematis menjadi salah satu keuntungan dari akuntansi sebagai sistem informasi.

Sebagai Laporan Kepada Pihak Eksternal

Akuntansi sebagai sistem informasi bisa digunakan sebagai laporan keuangan kepada pihak eksternal. Misalnya untuk menarik minat investor, yang merupakan pihak eksternal perusahaan. Data yang dihimpun dalam sistem akuntansi dapat menjadi pertimbangan bagi investor saat ingin menyuntikkan dana kepada perusahaan. 

Fungsi ini sama halnya saat kamu ingin melaporkan pajak atau audit keuangan kepada pihak otoritas. Data yang dihimpun dari sistem akuntansi dapat menjadi informasi penting untuk mengukur kinerja perusahaan.

Nah itu lah beberapa contoh mengenai akuntansi sebagai sistem informasi. Sampai di sini sudah paham kan? Yuk temukan pembahasan menarik lainnya di blog Pahamify.

Buat kamu yang ingin mendapatkan akses materi belajar yang efektif, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify. Di sana ada ribuan video pembelajaran SMA jurusan IPA dan IPS, yang lengkap dengan rangkuman materi, kumpulan soal dan pembahasan, hingga tips belajar yang seru dan efektif. 

Penulis : Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog