Apa yang Harus Dilakukan Ketika Salah Jurusan?

Salah jurusan bukan akhir dari segalanya

Mengenali minat bakat diri sendiri itu merupakan hal yang penting. Ketika kita udah paham betul dengan apa yang kita minati dan tau bakat kita ada di bidang apa biasanya untuk menentukan tujuan meraih cita-cita itu akan lebih mudah terarah.

Apabila minat bakat tidak dikenali dengan baik, ini berpotensi bikin kita jadi salah mengambil langkah dan akhirnya tidak nyaman dalam menjalani prosesnya. Dalam konteks pendidikan, biasanya adalah pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan dan hasilnya adalah salah jurusan.

Mulai dari jenjang pendidikan sekolah menengah, kita udah ditemukan dengan yang namanya penjurusan. Di SMA ada pilihan IPA/IPS dan di SMK atau STM kita ketemu penjurusan yang lebih beragam lagi sesuai minat kerjanya. Pada jenjang pendidikan ini pun bukan tidak sering kita menemukan kasus salah jurusan.

Banyak alasan yang bikin kita bisa salah jurusan. Ada yang karena ketidakcocokan dengan pilihan orang tua, mereka pengennya kita masuk IPA tapi hati berkata IPS yang paling pas. Ada juga yang memang karena kurang yakin saat memilih jurusan dan akhirnya baru sadar kalau salah pilihan pas lagi jalanin prosesnya.

Tapi salah jurusan bukan berarti akhir dari segalanya. Mengembangkan minat bakat masih bisa dilakukan ketika masuk jurusan yang menurut kamu salah. Atau justru jurusan yang dipilih dapat membantu proses kamu untuk meraih cita-cita.

Dalam jenjang perkuliahan, kasus seperti ini bisa dimanfaatkan dengan banyak hal. Misalkan kamu bercita-cita untuk menjadi seorang pebisnis dan kamu menginginkan kuliah di jurusan manajemen bisnis. Tapi nasib berkata lain, kamu malah diterima di jurusan ilmu komunikasi

Nah, dalam keadaan seperti ini kamu bisa memanfaatkan ilmu komunikasi untuk memperkuat jalannya cita-cita kamu. Hasilnya, kamu bisa mengerti bagaimana memasarkan produk lewat keilmuan komunikasi. Kamu jadi tahu bagaimana caranya menyampaikan pesan agar calon konsumen ingin membeli produk yang nantinya kamu jual.

Kalaupun kamu merasa jurusan yang kamu jalani benar-benar tidak sesuai, ada lembaga-lembaga yang siap untuk membantu mengembangkan minat dan bakat kamu. Lembaga tersebut ada yang cakupannya universitas ataupun fakultas.

Kamu cinta sekali dengan musik dan kamu ingin membuat sebuah band tapi kamu kuliah di jurusan teknik elektro. Kamu bisa memaksimalkan minat bakat kamu melalui lembaga yang bergerak di bidang musik. Seperti di Universitas Brawijaya yang memiliki lembaga bernama “Homeband”. Minat dan bakat kamu akan tertampung dengan baik, siapa tahu kamu bisa membentuk sebuah band yang besar mulai dari lembaga tersebut.

Permasalahan salah jurusan ini memang berpengaruh dengan jalannya karir kamu selama hidup. Tapi, di balik itu semua, ada siasat-siasat yang bisa kita lakukan agar apa yang kita jalani tetap bermanfaat. Jadi meskipun judulnya sudah “salah jurusan” ternyata masih bermanfaat untuk mendukung jalannya karir hidup kamu. 

Kak Rousyan Fikri juga membahas masalah ini melalui channel youtube Hujan Tanda Tanya pada seri Learning How to Learn di season 2 episode 5. Pada seri tersebut dibahas bagaimana kita bisa memaksimalkan manfaat ketika kita salah jurusan.

Jadi, jangan mudah menyerah ketika kamu sudah terlanjur salah jurusan. Cari manfaat sebanyak-banyaknya yang sekiranya bisa membantu kamu meraih cita-cita kamu sebenarnya. Toh, dari salah jurusan itu kamu juga bisa bertemu dengan berbagai macam orang dan pengalaman baru yang bermanfaat pula di kemudian hari.

Oh iya Pahamify juga punya fitur yang bisa bantu kamu mecahin masalah yang lagi kamu rasain seputar masalah pribadi, minat dan bakat, keluarga, lingkungan, sekolah, kuliah dan pekerjaan bareng psikolog berlisensi lewat aplikasi langsung lewat fitur “Curhat Langsung”. Nah, dari situ kamu bisa cari tahu minat dan bakat kamu jadi gak ada lagi tuh istilah salah jurusan.

Yuk download Pahamify dan persiapkan dirimu untuk masa depan yang lebih baik! Ayo kamu pasti bisa!


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog