Jurusan Ilmu Komunikasi dan Berbagai Peminatannya

Jurusan ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan dengan banyak peminat

Sebagai manusia sosial kamu pasti melakukan kegiatan komunikasi setiap hari. Komunikasi terjadi mulai dari pagi hari kamu dibangunkan oleh orang tua untuk berangkat sekolah sampai ketika kamu membalas chat si dia sebelum tidur di malam hari.

Komunikasi yang kamu lakukan setiap hari bukan berarti gak ada keilmuannya loh. Segala bentuk dan kegiatan komunikasi baik secara individu maupun kelompok dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi.

Tapi jangan salah, jurusan ilmu komunikasi bukan mempelajari bagaimana cara ngomong. Melainkan, jurusan ini mempelajari bagaimana bentuk-bentuk komunikasi atau bagaimana sebuah pesan bisa disampaikan dan diterima. Jurusan komunikasi juga mempelajari komunikasi dalam berbagai cakupan yaitu individu, kelompok, media, periklanan, budaya hingga seni.

Gak perlu khawatir kamu anak IPS, IPA, ataupun Bahasa. Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang netral (walaupun masuk lingkup soshum) kamu bisa banget untuk memilih ilmu komunikasi sebagai tujuan kamu di perkuliahan nanti.

Mungkin kamu bisa mulai pertimbangkan jurusan ilmu komunikasi karena jurusan ini memiliki prospek yang bagus setelah kamu lulus nanti. Untuk memahami prospeknya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu peminatan yang ada di jurusan ilmu komunikasi. 

Sebenarnya untuk peminatan jurusan ilmu komunikasi itu berbeda-beda di setiap universitas. Tapi, secara garis besar pembagian peminatannya terbagi menjadi jurnalistik, advertising/periklanan, dan public relation.

Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Jurnalistik

Peminatan ini akan membuat kamu paham mengenai dunia media massa dan jurnalisme. Kamu akan belajar tentang media cetak, media elektronik seperti TV dan Radio, serta media online atau new media.

Mata kuliah yang bisa kamu pelajari contohnya adalah sinematografi. Di matkul ini, kamu akan mempelajari perfilman secara teknis sehingga kamu dapat mengetahui bagaimana caranya menjadi sutradara, produser, scriptwriter, dan lain lain.

Kamu juga akan belajar dengan melakukan praktek seperti menjadi announcer, membuat acara TV, mewawancara narasumber, dan masih banyak lagi. Seru banget kan? Tapi tentunya semua ini kembali lagi ke kurikulum masing-masing kampus.

Jika kamu memilih peminatan Jurnalistik di peminatan ini nantinya kamu bisa jadi tim kreatif di sebuah TV, jurnalis, announcer, dan pekerjaan yang berkaitan dengan media.

2. Advertising

Buat kamu yang selalu punya ide-ide gila cocok banget masuk peminatan ini. Karena kreativitas kamu sangat tersalurkan lewat peminatan Advertising.

Advertising adalah peminatan yang keilmuannya seputar periklanan. Kamu akan mempelajari bagaimana sebuah pesan bisa sampai ke dengan baik sehingga dapat memperkuat brand di mata konsumen. Pesan tersebut disampaikan melalui iklan yang kamu buat. Nah, semakin kreatif iklan yang kamu buat dan semakin bagus strategi penyampaian komunikasinya, maka semakin kuat juga pesan yang diterima oleh konsumen tentang brand yang kamu iklankan.

Di dalam peminatan ini contoh mata kuliah yang akan kamu pelajari adalah strategi kreatif periklanan. Di mata kuliah ini kamu akan melakukan praktek membuat iklan. Kamu disini bisa menjadi copywriter yang bertugas untuk menyusun naskah sebuah iklan.

Melalui peminatan Advertising, di dunia kerja nanti kamu berkesempatan untuk menjadi copywriter, art director, atau tim kreatif. Tapi untuk kamu yang senang bernegosiasi, menjadi Account Executive merupakan pilihan yang tepat karena AE bertugas untuk menawarkan kerjasama berupa spot iklan ke brand sebagai pengiklan.

3. Public Relation

Mungkin kamu suka jaga image kalau ketemu si dia biar dipandang menarik dan gak bikin ilfeel. Nah sama seperti di peminatan ini, kamu akan mempelajari bagaimana membangun citra. Bukan hanya citra diri, melainkan juga citra perusahaan.

Kalau kamu berhasil membangun dan menjaga citra perusahaan, maka akan membentuk reputasi yang baik pula di masyarakat. Strategi yang dilakukan oleh seorang PR adalah dengan menjadi “jembatan” antara perusahaan dengan publik baik internal (karyawan, komisaris; dst) dan eksternal (masyarakat). Seorang PR juga harus paham mengenai strategi-strategi public relation agar membangun “jembatan” yang kokoh.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari salah satunya adalah manajemen krisis. Matkul ini mempelajari tentang bagaimana kita memperbaiki citra perusahaan dikala reputasi sebuah perusahaan hancur. Misal kamu adalah seorang PR sebuah perusahaan minyak bumi terkenal dan perusahaanmu dianggap melakukan pencemaran lingkungan. Nah, tugas kamu sebagai PR adalah memperbaiki citra perusahaan dengan melakukan manajemen krisis, sehingga reputasi perusahaan membaik.

Prospek kerja dari peminatan ini selain menjadi Public Relation adalah Corporate Communication.


Pengen tahu informasi lengkap tentang universitas dan jurusannya? Pahamify punya fitur Career Center dengan segudang informasi tentang Info Kuliah. Yuk download Pahamify sekarang juga di Google Play dan Apple App Store!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog