Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Setiap orang ketika melakukan sesuatu pasti memiliki caranya masing-masing. Terkadang, untuk beberapa aktivitas tertentu kita punya cara sendiri untuk melakukannya. Ambil contoh paling sederhana deh, kamu kalau makan bubur itu diaduk atau enggak? Kedua cara ini bahkan sering dijadiin topik perdebatan di di berbagai lingkaran pertemanan dan juga media sosial.

Sebenarnya gak ada yang salah dari keduanya, itu hanya satu dari banyaknya pilihan hidup di dunia ini. Terserah kamu mau pilih yang mana, mau diaduk atau enggak, yang penting itu dimakan. Kalau udah abis, mangkoknya jangan lupa balikin lagi ke mamangnya. Kalo gak dimakan, mubazir. Gak baik buang-buang makanan tuh, guys.

Begitupun dengan belajar. Ada banyak pilihan gaya belajar yang sekiranya cocok dan bisa kamu tentukan sendiri. Kaya yang dijelasin di video Hujan Tanda Tanya yang satu ini nih. Di video ini kamu bisa belajar mengenai gaya belajar dan kamu bisa cari tau sendiri kira-kira kaya gimana ya cara belajar yang cocok dengan kamu?

Terlepas dari bagaimana kita menentukan gaya belajar, yang sering terjadi di kalangan siswa maupun mahasiswa atau pelajar secara umum adalah menentukan waktu yang tepat untuk belajar. 

Di antara Pahamifren semua, pasti ada yang lebih suka belajar di pagi hari, dan ada juga yang lebih suka belajar di malam hari, kan?

Di luar sana ada istilah yang morning person dan night person. Dua istilah tersebut buat ngelompokin kamu yang suka beraktifitas di pagi hari (morning person) dan di malam hari (night person). Kira-kira kamu tim yang mana nih?

Tapi keduanya ternyata punya kelebihan masing-masing nih. Ada yang bilang belajar di pagi hari itu lebih bagus, begitupun sebaliknya.

Setelah tidur pulas semalaman, dan bangun untuk menyantap sarapan yang lezat nan bergizi, otak kita lebih siap untuk mempelajari sesuatu yang baru. Kita bangun dalam keadaan fresh, lalu diberi asupan yang penuh gizi, jadi otak kita lebih siap untuk mempelajari ilmu yang didapat sepanjang hari.

Di sore hingga malam hari, otak kita lebih handal dalam memadukan informasi yang kita terima selama menjalani aktivitas sepanjang hari. Pada rentang waktu ini, siswa lebih mampu untuk memaknai semua informasi, atau lebih mudah untuk mengulang kembali apa yang didapat selama satu hari penuh.

Terus, apa sih keuntungan belajar di pagi hari dan malam hari?

Buat kamu yang suka belajar di pagi hari, keuntungan yang bisa kamu dapat adalah pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menerima ilmu baru. Cahaya di pagi hari juga bisa ngasih efek yang bagus biar kamu lebih fokus dalam belajar.

Sedangkan keuntungan belajar di malam hari berupa suasana yang lebih sepi dan damai membuat kamu lebih bisa konsentrasi. Selain itu, gangguan yang kamu dapat selama malam hari juga sedikit. Malam juga adalah waktu yang tepat untuk kamu mengulang memori yang kamu dapat sepanjang hari.

Oh iya, dengan catatan, tidur kamu cukup ya saat malam hari.

Dilansir cnbc.com, para peneliti dari University of Birmingham mengamati 38 orang yang tidur pada pukul 02.30 pagi dan bangun pada pukul 10.00 pagi serta orang yang tidur pada pukul 11.00 malam dan bangun pada pukul 06.00 pagi. Mereka menjalani tes MRI, dan diminta untuk menjalani beberapa tugas dan menjalani sesi pengujian pada waktu yang berbeda, antara pukul 8 pagi dan 8 malam.

Hasilnya adalah para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur terlalu larut malam memiliki resting brain connectivity yang lebih rendah, dilihat dari cara mereka melakukan perhatian yang lebih buruk, reaksi yang lambat dan peningkatan rasa kantuk di sepanjang jam tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa bagi mereka yang tidur terlalu larut, pikirannya terganggu sepanjang hari oleh kantuk yang ia dapat.

Jadi, mau kamu seorang morning person atau night person, yang harus kamu perhatikan adalah waktu tidur kamu ya, guys! Usahain kamu tidur cukup, supaya aktivitas di esok hari bisa lebih maksimal dengan rasa kantuk yang minim.

Belajar di pagi atau malam hari akan negebosenin kalau kamu ngelakuin dengan cara yang gitu-gitu aja. Belum lagi kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran baru ini masih akan dilakukan di rumah hingga akhir tahun 2020.

Nah, biar kamu lebih semangat, Pahamify mau memberikan paket belajar dengan harga spesial. Dengan langganan paket belajar Pahamify ini, kamu bakal dapet akses fitur seperti video pembelajaran, rangkuman, flash card, quiz, kisi-kisi materi ulangan, video tips belajar hingga info kampus.

#TeruskanSemangatBelajarmu di rumah aja bersama Pahamify. Dan download aplikasinya sekarang!

Penulis: Afif Rizki


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog