Pahamifren, pengumuman SNMPTN 2021 resmi diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021. Apa pun hasilnya, kamu harus percaya kalau itu adalah yang terbaik. Lulus atau nggak lulus pasti akan selalu ada rencana indah di balik itu semua. Mipi mengucapkan selamat untuk kamu yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021. Buat kamu yang gagal SNMPTN, jangan langsung putus asa, Pahamifren! Masih banyak pintu untuk meraih kampus impian dan mewujudkan cita-citamu di masa depan.

Hal yang Bisa Dilakukan Jika Gagal SNMPTN

Supaya nggak galau lagi, Mipi telah merangkum hal-hal yang bisa kamu lakukan kalau kamu gagal SNMPTN. Tetap pertahankan rasa optimis kamu untuk mewujudkan cita-cita dengan melakukan 5 hal berikut ini:

Lakukan Persiapan UTBK SBMPTN

Siapa bilang gagal SNMPTN adalah akhir segalanya? Tenang Pahamifren, kamu masih bisa meraih PTN impianmu lewat jalur UTBK SBMPTN. Berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan jalur rapor, seleksi SBMPTN menggunakan nilai UTBK sebagai kriteria penilaian. Jadi, yang menentukan kelulusan kamu adalah hasil tes UTBK yang kamu kerjakan.

Agar bisa mendapatkan nilai UTBK yang tinggi untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN, kamu harus melakukan persiapan sedini mungkin. Galau karena gagal SNMPTN-nya nggak perlu lama-lama, kamu harus bergegas melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Lalu, atur jadwal belajar persiapan UTBK 2021 secara intensif hingga pelaksanaan tes UTBK mendatang.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Jadwal Belajar maupun Panduan Belajar Walkthrough of Taklukkan UTBK dari Pahamify. Lewat fitur-fitur keren tersebut, persiapan UTBK yang kamu lakukan bisa lebih fokus dan terarah. Ingat, usaha yang keras tidak pernah mengkhianati hasil!

Setelah gagal SNMPTN jangan langsung menyerah. Kamu bisa melakukan persiapan UTBK untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN

Melihat Peluang Seleksi Mandiri

Apabila jalur SBMPTN juga belum bisa mengantarmu masuk PTN impian, kamu bisa mencoba Seleksi Mandiri PTN.  Seleksi Mandiri PTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan dan dikelola pihak PTN. Karena dikelola masing-masing PTN, ketentuan ujian dan jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri bisa berbeda-beda pada setiap kampus.

Pahami dan  Atur Target Belajar Lebih Mudah Lewat Fitur Jadwal Belajar Pahamify

Kamu harus sering mengecek website resmi kampus yang kamu tuju untuk mendapatkan informasi ter-update mengenai Seleksi Mandiri ini. Kabar baiknya, blog dan media sosial Pahamify juga memberikan informasi dan tips-tips menarik seputar Seleksi Mandiri. Jadi, ikuti terus blog dan media sosial Pahamify, ya!

Sebagai tambahan informasi, pada pelaksanaan Seleksi Mandiri tahun 2021, beberapa universitas mensyaratkan nilai UTBK saat pendaftaran. Ada pula yang menggunakan nilai UTBK sebagai kriteria penilaian. Contoh nilai UTBK untuk Jalur Mandiri yaitu SIMAK UI, UTUL UGM, Seleksi Mandiri ITB, Seleksi Mandiri ITS, dan masih banyak lagi.

Pertimbangkan Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan bisa menjadi alternatif kamu apabila gagal SNMPTN. Berbeda dengan kuliah di PTN, menempuh pendidikan di sekolah kedinasan pastinya lebih ketat dan lebih keras. Biasanya, kamu diwajibkan menggunakan seragam, dituntut disiplin, dan belajar lebih tekun. Namun, hal itu tidak akan sia-sia. Setelah lulus dari sekolah kedinasan kamu bisa langsung direkrut oleh kementerian atau lembaga yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Beberapa contoh sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih adalah STAN, IPDN, STPI, Poltekkes, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2021, pendaftaran beberapa sekolah kedinasan mewajibkan nilai UTBK sebagai syarat pendaftaran. Misalnya, STAN. Jadi, kamu harus mempersiapkan diri menghadapi UTBK sedini mungkin dan pastikan selalu cari informasi seputar pendaftaran sekolah kedinasan yang kamu tuju.

Jangan putus asa! Meskipun gagal SNMPTN, kamu masih bisa mewujudkan impian dengan mempertimbangkan seleksi mandiri PTN, sekolah kedinasan, maupun perguruan tinggi swasta terbaik.

Cari PTS yang Bagus

Nggak ada salahnya buat kamu untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta. Kualitas pendidikan di PTS juga tak kalah keren dengan PTN kok. Yang terpenting dari kuliah bukan hanya dilihat dari tempat kuliahnya, melainkan juga dari bagaimana kamu bisa berprogres di sana. Beberapa rekomendasi PTS di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan, di antaranya:

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  2. Universitas Telkom
  3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Pelita Harapan
  7. Universitas Surabaya
  8. Universitas Katolik Parahyangan
  9. Universitas Ahmad Dahlan
  10. Universitas Tarumanegara
Pahami dan  Paket UTBK Express: Lebih Maksimal Hadapi UTBK

Gap Year

Jika semua jalur seleksi yang kamu tempuh belum membuahkan hasil menggapai PTN impian, kamu bisa memilih untuk gap year dan mencoba lagi tahun depan. Gap year bukan berarti pemborosan waktu atau kamu hanya menjadi pengangguran, ya. Gap year bisa diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang dapat meningkatkan kualitas diri kamu. Misalnya, belajar untuk persiapan UTBK, ikut kursus untuk mengasah keahlian, menjadi freelancer, atau bahkan memulai bisnis sendiri.

Kegiatan bermanfaat yang kamu lakukan selama gap year bisa mempermudah kamu berkarir di masa depan. Hanya saja, untuk memilih gap year, kamu harus sudah punya target dan rencana yang jelas mau melakukan apa, serta harus konsisten terhadap komitmen tersebut.

Gap year adalah salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan setelah gagal SNMPTN.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika gagal SNMPTN. Mengalami kegagalan bukan berarti kamu tidak akan sukses di masa depan. Asalkan ada keinginan kuat dan tidak mudah menyerah, kamu pasti bisa menggapai impianmu!

Buat kamu yang ingin mencoba masuk PTN lewat jalur SBMPTN, segera persiapkan diri menghadapi UTBK 2021 dari sekarang. Kuasai materi UTBK dengan mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada kumpulan soal-soal SBMPTN ter-update yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik.

Kamu juga bisa berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Kunjungi link ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar Paket SKS Pahamify.

Yuk, lebih siap #Taklukkan UTBK dan raih PTN impian bersama Pahamify! Gunakan semua fiturnya dengan cara download aplikasi Pahamify sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version